Laporkan Penyalahgunaan

Widget HTML Produk

Widget HTML Jasa

Trouble Injektor Yamaha Mio J Tidak Mau Ngabut

Selamat malam broo,..!!!

Jumpa lagi dengan kum3n.com, pada postingan pertama di tahun 2020 ini, aku akan membahas wacana trouble yang di alami oleh seorang hadirin blog ini juga, sebut saja mas huda.

Beberapa waktu kemudian ia menanyakan trouble nya melalui WA, motor yang mengalami perkara yakni Yamaha Mio J.

Penjelasnya seumpama ini.
Makara di yamaha mio J itu di saat kontak di putar On semua kelistrikan hidup normal, fuel pump pun berdengung, pengapian jg ada, tetapi pada injektor tidak mengeluarkan kabut materi bakar.

Karena aku sendiri juga agak awam di montor yamaha Injeksi, jadi aku cuma menjawab untuk cek jalur ke injektor nya.

Namun beberapa hari kemudian mas huda menghubungi aku kembali, ternyata kerusakan terdapat pada sensor MAQS.

MAQS yakni akronim dari Modulated Air Quantity Sensor. Fungsinya mengecek jumlah udara yang masuk ke dalam intake manifold. Didalamnya berisikan TPS (Throttle Position Sensor), IAPS (Intake Air Pressure Sensor) dan IATS (Intake Air Temperature Sensor).

 aku akan membahas wacana trouble yang di alami oleh seorang hadirin blog ini juga Trouble Injektor  Yamaha Mio J tidak mau ngabut

Sensor maqs nya yang aku lingkari.

Tetapi trouble tidak cuma hingga di sini, ternyata setelah sensor di ganti dan di coba jalan kurang lebih 1KM, sensor tersebut mati lagi.
kemudian si mas huda juga sudah berulang kali mengubahnya lagi, tetapi tetap sama, setelah di buat jalan juga mati lagi,

Sampai disini aku cuma memberi beberapa saran, yaitu:
  • cek jalur sensor MAQS nya, sanggup jadi ada kebocora arus.
  • pastikan arus pengisian juga normal, alasannya menurut aku apabila arus tidak wajar akan berakibat suplay ke sensor tidak stabil dan berujung rusak.
Baca juga:
Beberapa hari kemudian mas huda mengabari aku kembali, dan benar saja, kerusakan sensor maqs di akhir kan arus pengisian yang tidak normal, pengisian terkadan 12v, kadang juga turun hingga 10v.

Lalu apa solusinya? kiprok pun di ganti, dan setelah di ganti kiprok kemudian di coba jalan kisaran 5KM, tidak terjadi halangan lagi pada motor, alias trouble sudah tertasi.

Kesimpulan:
Menurut aku dari permulaan si kiprok memang bermasalah, dan di saat pengisian tidak stabil memicu kerusakan pada sensor MAQS.

Ciri sensor MAQS rusak pada motor ini:
Kontak on semua kelistrikan normal, fuel pum juga berdengung.
tetapi si injektor tidak mau mengeluarkan materi bakar.

OK bro, aku rasa hingga di sini saja bahasan postingan kali ini, supaya berharga apabila anda mengalami trouble yang sama, coba cek kerusakan seumpama yang sudah aku tulis di atas.

mohon maaf apabila klarifikasi blepotan, cukup sekian dan terimakasih.

Related Posts

Posting Komentar