Pada update kali ini kum3n.com akan membahas metode stater di suzuki pendekar FU.
Yang akan aku jelaskan yakni warna kabel pada motor original nya.
Munkin bagi para suhu sudah pada hafal dong jalurnya, tetapi bagi aku masih awam untuk motor suzuki ini.
Dan aku agak merasa aneh, kenapa aneh.? Saya anggap meskipun satu jalur namun warna kabel nya berubah-ubah. Kaprikornus untuk dapat memicu nya suatu postingan aku mesti mengurutkan satu persatu dengan memakai multitester.
Saya juga sudah meningkatkan model diagram nya biar anda lebih gampang mengetahui jalur kabel nya.
Ok lansung saja.
Berikut ini yakni diagram metode stater Satria FU.
Keterangan warna kabel.
R = merah.
O = orange.
Y/G = kuning/hijau.
B/O = hitam/orange.
B = hitam.
B/W = hitam/putih.
Penjelasan jalur kabel.
R "merah" kabel merah yang pertama yakni kabel dari (+) aki menuju ke relay stater, kabel ini agak besar.
Lalu kabel besar tersebut di relay lewat suatu sekring dan menuju ke kabel merah yang kecil. Bisa di pahamikah?
Selanjutnya kabel merah itu akan menuju ke kunci kontak.
O "orange" kabel ini akan menghantarkan arus aki sehabis kontak posisi ON, dan akan menuju ke metode beban, Salah satunya menuju ke switch stater (Lihat diagram).
Y/G "kuning/hijau" kabel yang keluar dari switch stater menuju ke switch kopling, jadi di saat switch stater di tekan, kabel kuning/hijau ini akan menghantarkan arus aki ke switch kopling. Dan sehabis dari switch kopling kabel tersebut akan menuju ke relay stater.
B/O "hitam/orange" Kabel ini satu jalur dengan kabel kuning/hijau, tetapi di saat lewat suatu soket ia berganti warna menjadi hitam/orange (perhatikan gambar diagram biar dapat anda pahami)
B "hitam" kabel besar satunya yang berada di relay stater, kabel hitam ini akan menuju ke dinamo stater.
B/W "hitam/putih" yakni kabel massa body.
Baca juga:
Pemeriksaan kalau stater tidak berfungsi.
1. Anda mesti pastikan kondisi aki masih dalam kondisi bagus.
2. Pastikan sekring tidak putus.
3. Kabel merah sudah ada arus hingga ke kontak.
4. Setelah kontak ON kabel orange mesti ada arus aki.
5. Kabel kuning/hijau pada relay stater mesti ada arus aki saa switch stater di tekan dan handel kopling di tarik.
6. Kabel hitam yang menuju dinamo mesti ada arus di saat kita hidupkan stater.
Apabila semua jalur sudah bener, namun stater tetap tidak berfungsi, pastikan colbuster tidak habis. Kaprikornus mesti bongkar dinamo untuk pengecekan nya.
Sebenarnya buat anda seorang mekanik akan pribadi paham di saat menyaksikan diagram di atas.
Lihat model video di sini.
Nah aku rasa cukup hingga di sini, kalau ada kesalahan penulisan atau masih belum paham, silahkan lewati komentar di bawah. Pasti akan aku jawab.
Ok mudah-mudahan bermanfaat, Terimakasih.
Posting Komentar
Posting Komentar