Pemeriksaan tinggi permukaan oli
• Letakkan sepeda motor pada kriteria tengahnya di atas permukaan yang datar.
• hidupkan mesin sepeda motor anda dan biarkan berputar stasioner selama 3-5 menit.
• matikan mesin sepeda motor dan tunggu selama 2-3 menit.
• lepaskan tutup pengisian oli/tangkai pengukur [1] dan seka oli dari tangkai pengukur dengan kain yang bersih.
• masukkan tutup pengisian oli/tangkai pengukur tanpa menyekrupkannya ke dalam, lepaskan kembali dan periksa tinggi permukaan oli.
• tinggi permukaan oli mesti berada di antara batas permukaan teratas [2] dan terbawah [3] tutup pengisian oli atau tangkai pengukur.
Jika tinggi permukaan oli berada di bawah atau bersahabat garis tinggi permukaan terbawah dari tangkai pengukur oli, tambahkan oli yang di rekomendasikan hingga ke tinggi permukaan teratas. Pastikan oring [4] dalam kondisi baik dan ganti bila perlu. Lapisi oring dengan oli mesin dan pasang tutup pengisian oli atau tangkai pengukur.
Cara perubahan oli yang benar.
Ganti oli mesin sewaktu mesin dalam kondisi panas di atas bidang yang mendatar untuk memutuskan pengeluaran secara menyeluruh.
• posisikan sepeda motor pada kriteria tengah nya
• hidupkan sepeda motor panaskan dan matikan.
Kenapa mesti di panaskan? Karena oli akan lebih encer dan gampang keluar jikalau dalam kondisi panas.
• lepaskan tutup pengisian oli atau tangkai pengukur.
• letakkan wadah pembuangan oli di bawah mesin untuk memuat oli.
• lepaskan baut pembuangan oli dan juga washer sealing atau ring baut oli.
Jika ring baut oli tidak di pasang kembali akan menyebabkan kerusakan ulir drat.
• buang oli mesin.
Setelah mengeluarkan oli secara menyeluruh pasang washer sealing atau ring baut oli dan baut pembuangan oli kembali. Kencangkan baut pembuangan oli sesuai. Hati hati jangan terlalu memiliki pengaruh dapat menyebabkan kerusakan pada ulir. Lalu isi dengan oli yang di rekomendasikan sesuai kapasitas oli mesin.
Sekian mudah-mudahan cara menilik dan mengubah oli di atas dapat bermanfaat. Terimakasih.
Posting Komentar
Posting Komentar