Analisa pengecekan.
Begini setelah saya cek ternyata pengapian hilang, "waduh isuk-isuk ws mikir iki" batin saya 😂. cek Kondisi aki baru, dan terpasang tanpa sekring "waah waah sangar sekali". Dengan bermodalkan bolep tester sebab multisltesternya masih di toko lur 😅. Saya cek kabel berikut:
• Merah input ke kontak ada
• Merah/hitam output hilang
Saya pikir sebab soket kontak yang juga kebakar, namun setelah saya jumper pribadi kabel merah dan merah/hitam kontak ternyata masih ngecret listrik dan terjadi konsleting, kemudian saya jalankan lagi pengecekan pada kabel merah/hitam dari kontak tersebut kebakar hingga soket input ke cdi. "Laah kapok we kecekel" , setelah itu saya coba rapikan lagi kabel-kabel yang putus tadi dan jreng jreng sepeda motor menyala 😉. penyebab utama terjadi kebakaran pada kabel body merupakan terjepitnya kabel merah/hitam (input ke cdi) di bawah tangki, dan sebab sekring tidak di pasang jadi tidak ada yang memutus arus ketika konsleting.
Tips untuk anda agar aman senantiasa gunakan sekring pada sepeda motor untuk keselamatan listrik, apabila tidak menggunakan sekring ketika terjadi konsleting maka dapat terjadi kebakaran pada kabel body motor anda. part yang rusak akhir motor tanpa sekring :
• Kontak tidak berfungsi kemungkinan kebakar di dalam nya
• Kabel body kebakar.
yang terjadi pd motor ini masih ringan. Ada juga yg hingga kabel body nya lengket smua tidak bisa di pake lagi.
Kesimpulan nya pada kasus ini:
jangan sekali-kali seenaknya metode kelistrikan anda tidak terpasang sekring. lebih baik pribadi bakar aja sekalian wkwkwk peace
baca juga:
sistem beban pada sepeda motor
perbaikan yang di lakukan:
• rumah sekring dan sekring nya.
• kabel body yang terbakar kemasan dengan tape (solasi) agar tidak konslet kembali
• kontak mesti ganti sebab terbakar cuilan dalam
itu lah sedikit catatan pagi ini, mudah-mudahan bermanfaat.
Salam oli bekas
Posting Komentar
Posting Komentar