Laporkan Penyalahgunaan

Widget HTML Produk

Widget HTML Jasa

Pemeriksaan Kerusakan Mil Kedipan 8 Sensor Tp

TP sensor atau throttle position berfungsi untuk mendeteksi sudut pembukaan throttle valve. Sensor ini di pasang pada sumbu yang serupa dengan throttle valve dan memakai suatu variable resistor yang tahanan nya berganti menurut pembukaan throttle valve. Oleh alasannya merupakan itu sewaktu listrik lewat variable resistor voltase berganti sesuai sudut Throttle valve terbuka dan voltase yang di hasilkan di pakai selaku sinyal elektrik yang di keluarkan dari sensor TP.

Jika mil pada indikator spedometer menyala 8 kedipan, maka yang mesti kita laksanakan merupakan menilik poin-poin yang hendak kita jelaskan kali ini. Sebelum melakukan pemeriksaan, periksalah apalagi dulu kepada kontak yang longgar atau tidak baik pada konektor 3p (hitam) sensor TP dan 33p (hitam) pada ECM, kemudian periksa ulang kedipan MIL.

Dan apabila melakukan perubahan pada throttle body laksanakan reset sensor TP / reset ECM, sanggup jadi kedipan 8 tersebut di karenakan ECm masih menyimpan memori keruskan sebelumanya.


Poin investigasi sensor TP


1. Pemeriksaan tegangan input daya sensor TP

Yang pertama merupakan periksa apakah input daya atau listrik hingga ke sensor TP.
• putar kunci kontak ke posisi OFF
• lepaskan konektor 3p (hitap) sensor TP
• putar kunci kontak ke posisi ON
• ukur tegangan pada kabel berikut

Hubungan : kuning/oranye (+) - hijau/oranye (-)
Standard nya tegangan kabel tersebut 4,75-5.25v

Jika tegangan kabel di atas sesuai dengan setandard maka laksanakan poin pengecekan ke 3, dan apabila tegangan tidak cocok dengan standar, maka yang mesti anda laksanakan merupakan melanjutkan pengecekan ke poin 2.

2. Pemeriksaan rangkaian sensor TP.

Pada poin kedua ini kita akan melakukan pengecekan kontinuitas pada kabel-kabel sensor TP.
• putar kunci kontak ke posisi OFF
• lepaskan konektor 33p (hitam) ECM
• periksa kontinuitas antara konektor 3p sensor TP dan 33p ECM pada kabel-kabel berikut.

Hubungan:
kuning/oranye - kuning/oranye.
Hijau/oranye - hijau/oranye.

Standard nya pada kabel-kabel di atas ada kontinuitas.

Apakah ada kontinuitas?

YA - ganti ECM dengan yang masih dalam kondisi baik dan periksa ulang kedipan MIL.

TIDAK -
✓ rangkaian terbuka pada kabel kuning/oranye.
✓ rangkaian terbuka pada kabel Hijau/orange.

3. Pemeriksaan sensor TP itu sendiri.

Pada poin ke 3 kita laksanakan pengecekan kontinuitas antara terminal-terminal 3p sensor TP itu sendiri.

Konektor sensor TP

Hubungan : A-C
Standar. : Kontinuitas (sekitar 5k ohm)
Hubungan : B-C

Periksa apakah tahanan antara terminal B-C berubah-ubah sesuai dengan pembukaan gas.

Jika investigasi di atas sesuai atau wajar maka lanjut investigasi ke poin 4. Dan apabila tidak, ganti throttle body dengan yang gres dan periksa ulang kedipan MIL.

4. Pemeriksaan rangkaian jalan masuk sinyal sensor TP.

• putar kunci kontak ke posisi OFF
• lepaskan konektor 33p (hitam) ECM
• periksa kontinuitas antara konektor 3p hitam sensor TP dan konektor 33p hitam ECM pada segi kabel.
• periksa kontinuitas antara konektor 3p sensor TP dengan massa.

Hubungan : kuning/biru - kuning/biru
Standar : Ada kontinuitas

Hubungan : kuning/biru - massa
Standard : Tidak ada kontinuitas

Jika investigasi diatas semua normal, maka gantilah ECM dengan yang masih dalam kondisi baik dan periksa ulang kedipan MIL.

Dan apabila tidak wajar munkin ini yang terjadi.

✓ rangkaian terbuka pada kabel kuning/biru.
✓ korelasi singkat pada kabel kuning/biru

Tips lain:
Memeriksa sensor iacv dengan voltase Aki

Itulah sedikit catatan cara menilik isyarat kerusakan MIL 8 pada sensor TP, biar sanggup bermanfaat. Salam oli bekas Terimakasih

Related Posts

Posting Komentar