Kemaren saya menemui kendala motor honda beat FI eSp terbakar, terbakar di sini bukan trus terbakar ada apinya gitu ya lur, namun ECM panas dan mengeluarkan asap di saat motor di nyalakan.
baca juga:
ciri ciri ECM yang rusak
Kronologis Motor tiba ke bengkel
permulaan nya motor beat eSp ini di bawa ke bengkel dalam kondisi Mogok, singkat percakapan saya dengan pemilik Motor.
- saya: gimana pak ada yang bisa saya bantu.
- pemilik: motor saya mogok mas, tolong di benerin.
- saya: permulaan nya gimana ya pak, kok dapat mogok menyerupai ini?
- pemilik: mulanya saya buat jalan wajar mas, tetapi waktu itu hujan naah tiba-tiba motor saya mogok dan lampu indikator di spedo kedip-kedip gitu.
- saya: oooh begitu, coba saya cek dahulu ya pak, saya persilahkan pemilik nya untuk menunggu. "sambil di dalam otak saya berpikir" (biasanya kabel ckp nih mengelupas dan terkena body, jadi konslet dan mogok)
Saking percaya nya alasannya yaitu kendala ini terbiasa terjadi, namun di saat tombol stater di tekan si magnet cuma memutar sedikit (sama menyerupai di saat aki lemah), lalu saya memcoba hidupkan dengan kick stater dan motor pun menyala.
Ini lah permulaan musibah lur, motor menyala selang beberapa menit ada amis abnormal yang saya kira itu dari amis magnet kemungkinan karatan "karena di sini erat dengan rob jadi banyak magnet dan spul yang kemakan karat", di saat di bongkar magnet kok aman, lalu saya hidupkan lagi dengan kick stater sambil mencari asal baunya ternyata dari ecm. "wadduh ECM kebakar" pikir saya.
Apa nih penyebabnya? Saya cek kembali di saat kontak ON masih ada kedipan 52 yang mengambarkan CKP eror, padahal kabel tadi yang berurusan sudah di amankan, dan juga sudah di reset ECM.
Kemudian saya cek kembali tahanan kabel-kabel yang ada di soket CKP sudah hingga di Soket ECM semua. tanpa adanya konsleting, namun kedipan masih tetap ada lur, "sambil berpikir keras" ada motor beat eSp sama persis, mau bagaimana lagi klo sudah tidak ada kabel yang putus atau konslet kemungkinan ya dari ckp nya, nah saya coba tuh ckp motor yang gres tiba di pasang ke motor yang bermasalah, dan ternyata hasil tetap sama. arahan MIl berkedip 52. waah agak berat nih kendala kayaknya.
Selanjutnya saya bilang ke pemilik untuk di tinggal dahulu alasannya yaitu agak susah nih nyari penyakitnya. yang niscaya ecm sudah rusak.
Karena masih ingin tau apa penyebab ini ecm terbakar dan lampu mil masih berkedip padahal kabel sudah aman, dan juga sudah saya coba pke CKp yang normal. pengecekan kembali di lakukan, mulai dari visual kabel body tidak ada yng mengelupas, pake multitester pun tidak terdeteksi konslet, langkah simpulan ya menjajal ECM baru,
ECM gres pun saya pasang, kontak ON, sambil pegang tu ECM, suhu masih dingin. dan tombol stater di tekan skali balasannya masih sama, malahan ecm gres ikut-ikutan panas dan terbakar. wadduh ngeri nih motor lur. sudah habis dua ECm.
Oya lur sedikit tambahan, saya juga sudah memerintahkan mekanik lain untuk menyidik kabel-kabel body alasannya yaitu munkin saja saya kurang teliti, namun sama saja tidak ada tanda kabel konslet di saat di periksa dengan multitester.
Baca juga:
Cara manual reset TP dan ECM motor injeksi honda
Penanganan mulai nampak hasil
Awalnya saya menjajal menggugah motor tanpa aki ternyata tidak bisa dan api juga tidak keluar, padahal pengisian dari spul di periksa masih ada sebesar 14.5 v. alasannya yaitu sudah mentok keisengan pun di lakukan, soket dlc di jumper, soket Eot juga saya jumper, yang saya lakukan yaitu reset Tp. balasannya nah loh kok hilang kedip 52 tadi.
Selanjutnya motor pun di hidupkan dengan kick stater, saya coba lepas soket aki motor pun menyala "seperti nya nih motor sudah sehat" namun di sini saya masih takut untuk menjajal ECM gres lagi, takut kalo terbakar, rugi nya sudah besar gara-gara nih motor hadewh.
Walaupun begitu saya nekat menjajal ecm baru, dalam hati stengah percaya alasannya yaitu ini motor sudah mau hidup tanpa aki, harusnya sudah normal.
Kemudian ecm gres saya pasang, namun tidak menyerupai sebelumnya yang memakai aki di saat mencoba, di langkah ini saya menjajal ecm gres tanpa aki, motor di hidupkan memakai kick stater. dan brum mesin hidup, sehabis beberapa menit kita periksa suhu ecm pun normal.
Kemudian aki saya pasang dalam kondisi motor menyala selang beberapa menit dan kontak di putar ke off. saya lakukan lagi mekanisme reset TP dan sehabis itu stater saya coba dengan rasa takut, breemm motor pun normal, hingga berulang kali percobaan tetap normal, "motor kesambet nih" pikir saya.
kesimpulan penyebab ECM terbakar
Sampai di sini sudah beres, jadi kesimpulan nya Kum3n.com punya beberapa tips, biar lebih hati-hati di saat mengatasi trouble motor injeksi. berikut kiat nya:
- saat menjajal ecm gres pastikan tidak ada arahan kegagalan yang di tunjukan lampu indikator MIL.
- saat menjajal ecm gres alangkah baiknya tanpa memakai aki kalau belum yakin.
- lakukan reset ecm dan reset TP lebih dahulu sebelum menyalakan mesin.
- pastikan tidak ada kabel yang konslet.
Munkin hingga sini dahulu curhat wacana musibah ECM terbakar yang saya alami. munkin saja kendala ini terjadi jawaban saya langsung yang kurang teliti, jadi anda mesti lebih cermat kalau mengatasi trouble kelistrikan di motor injeksi, kalau munkin ada yang anda tanyakan mohon di komentar saja, selamat malam dan selamat istirahat.
Posting Komentar
Posting Komentar