Terkadang timbul bunyi ngelitik dari mesin motor terutamanya dikala dikemudikan di medan yang naik dikala digas. Hal ini tentunyag cukup mengganggu sekalian menghasilkan sang sopir berasa khawatir. Harus dimengerti dulu kalau bunyi ngelitik yang keluar dari mesin itu disebut dengan engine knocking atau detonasi mesin.
Engine knocking merupakan proses pembakaran yang berjalan tidak bersamaan pada satu waktu pada suatu silinder. Pada kondisi normal, pembakaran mesin mesti terjadi secara bersamaan dikala busi berpijar diakhir langkah kompresi (saat status piston 8 derajat dikala sebelum TMA). Tetapi, detonasi akan terjadi kalau ada dua ataupun lebih pembakaran yang terjadi dikala sebelum busi berpijar. Dalam kata lain, bunyi ngelitik ini dikarenakan oleh ada pembakaran permulaan yang terjadi dikala sebelum busi berpijar.
Apabila kondisi ini didiamkan maka akan menghasilkan motor jadi praktis rusak. Oleh lantaran itu diinginkan cara menangani banyak sekali penyebab mesin motor ngelitik itu. Untuk lebih jelasnya terkait penyebab mesin motor ngelitik akan diulas lebih dalam pada postingan berikut ini.
Penyebab Mesin Motor Ngelitik
Ada beberapa aspek penyebab mesin motor keluarkan bunyi ngelitik dari kepingan mesinnya. Hal itu diantaranya menyerupai yang hendak dibahas di bawah ini.
1. Nilai oktan rendah
Penyebab mesin motor ngelitik sanggup dipacu alasannya pemakaian bensin dengan kandungan nolai oktan yang kurang cocok atau rendah.
Nilai oktane merupakan satu nilai yang memamerkan kekuatan bensin bertahan tidak untuk terbakar sendirinya pada pemfokusan udara tertentu. Makin besar nilai oktane bensin, lantaran itu makin tinggi kekuatannya sanggup bertahan pada pemfokusan udara tinggi. Mesin yang mempunyai rasio kompresi tinggi itu mesti memakai bensin beroktane tinggi. Jika tidak, lantaran itu knocking akan terjadi.
Knocking timbul lantaran bensin tidak sanggup bertahan dikala sebelum piston capai pemfokusan paling tingginya. Saat sebelum busi berpijar bensin akan terbakar secara automatis dan menimbulkan bunyi ngelitik.
Biasanya, motor buatan tahun 2015 ke atas, mempunyai pemfokusan kompresi tinggi dengan rasio 10:1. Dianjurkan memakai bensin dengan oktan RON 90 menyerupai Pertamax atau Pertamax Plus.
2. Kotoran di ruang bakar
Selain itu adanya kotoran yang menempel di ruang bakar mesin motor juga sanggup menjadi salah satu penyebab mesin motor ngelitik. Deposit karbon atau kotoran dalam jumlah yang banyak sanggup mengonsumsi ruangan di prosedur pembakaran yang membuat volume ruangan bakarnya jadi tipis.
Hal ini akan menghasilkan pemfokusan kompresi mesin jadi lebih tinggi alasannya volume ruangan bakar yang lebih kecil akan menghasilkan perbedaan kompresinya kian tinggi. Oleh lantaran itu, walaupun dalam dilema ini memakai bensin sesuai data kompresi mesin, knocking tetap terjadi. Sudah pasti, kondisi seperti ini dipacu alasannya ada pemfokusan kompresi mesin naik kian besar dari umumnya.
Maka dari itu senantiasa check kebersihan pada prosedur ruangan bakarnya dengan cara terencana laksanakan pembersihkan segi filter hingga pada prosedur pembakaran. Selain itu sanggup memakai carbon cleaner untuk membersihkannya.
3. Filter Udara Dilepas
Di lain sisi, penyebab yang menjadi penyebab mesin motor ngelitik merupakan alasannya segi penyaring udara dilepaskan hingga menghasilkan berlangsungnya engin knocking jadi lebih besar.
Keadaan seperti ini akan menghasilkan boros materi bakar. Meskipun terdapat pengaruh kasatmata di saat melepaskan atau buka penyaring udara ini akan punya efek pada kanal udara di luar yang tanpa hambatan masuk di dalam mesin.
Namun apabila pada lazimnya udara yang masuk di segi mesin niscaya seimbang dengan makin bertambahnya udara yang perlu mendapat kompresi. Bila tidak memakai bensin beroktan tinggi lantaran itu pemfokusan kompresi akan memacu hadirnya bunyi ngelitik.
Jalan keluarnya, ada dua opsi.
- Pertama, anda sanggup menempatkan kembali penyaring udara motor (jika kini ini kondisi filter motor terlepas)
- Ke-2 , anda masih sanggup open filter namun perlu rekonsilasi pada bensin yang dipakai. Pakai bensin dengan oktane kian tinggi.
4. Karena acara bore up yang tidak cocok dengan penghitungan
Bore up kerap dilaksanakan untuk mengangkat tenaga mesin secara instan tanpa penggantian satu unit mesin. Kelebihan bore up ini merupakan perform yang dibentuk sanggup bertambah secara tetap.
Jika bore up tidak dilaksanakan dengan penghitungan yang sesuai maka menghasilkan mesin ngelitik. Saat sebelum laksanakan bore up, lantaran itu rasio kompresi mesin motor biasanya berkisar di antara 9 hingga 11 : 1.
Saat bore up maka akan membesarkan volume silinder tanpa membesarkan volume ruangan bakar. Hal itu akan menghasilkan rasio kompresi mesin bertambah tinggi. Sebab makin besar volume silinder menghasilkan udara yang masuk (udara yang hendak dikompresi) jadi lebih banyak. Namun wilayah udara dikompresi ini (ruangan bakar) volumenya masih sama. Hingga terjadi penimbunan udara yang kian banyak dan menimbulkan pemfokusan kompresi yang kian besar.
Jalan keluarnya, anda mesti cermat dan memikirkan berapakah pelengkap diameter silinder yang hendak dibore up. Yakinkan dari hasil acara bore up ini tidak menghasilkan rasio kompresi mesin bertambah di atas 13 : 1.
Cara Mengatasi Mesin Motor Ngelitik
Di bawah ini merupakan tindakan terintegrasi yang disebut segi dari cara menangani mesin motor ngelitik. Diantaranya selaku ini.
1. Memakai nilai oktan yang terlalu tinggi
Salah satu cara untuk menangani mesin motor ngelitik merupakan dengan senantiasa memakai materi bakar dengan kandungan kandung oktan tinggi. Pemakaian materi bakar oktan tinggi ini ditujukan mudah-mudahan pembakaran yang terjadi jadi lebih prima hingga knocking prosedur pada mesin motor jadi sanggup dijauhi.
Di lain sisi, tidak sanggup dipungkiri juga kalau pemakaian bensin beroktan tinggi akan menahan hadirnya goresan dikala prosedur pembakaran berjalan. Maknanya kalau dengan Anda memakai materi bakar oktan tinggi lantaran itu jadi salah satunya jalan keluar terbaik untuk menahan hadirnya bunyi ngelitik dari dalam mesin, khususnya dikala digas pada rpm tinggi.
2. Membersihkan filter udara & ruang bakar
Selain itu, Anda pun diwajibkan untuk terencana menganalisa kondisi penyaring udara hingga di kepingan ruangan pembakaran. Hal Ini sanggup dilaksanakan selaku cara menangani mesin motor ngelitik. Sebab, tidak sanggup dipungkiti kalau bila ada kotoran yang menempel di prosedur pembakaran maka menghasilkan volume ruangan bakar dari mesin motor jadi sarat hingga sanggup memacu kompresi yang kian lebih tinggi.
Keadaan semacam itu, bila tidak disingkirkan maka memacu bunyi ngelitik dikala digas. Jadi, senantiasa check kondisi filter udaranya dan yakinkan betul-betul higienis agar tidak ada kotoran yang masuk di dalam prosedur pembakaran. Hal ini merupakan salah satunya cara yang efisien buat menahan hadirnya bunyi dari mesin motor, khususnya dikala digas dikala naiki medan naik yang terjal.
3. Perawatan Secara berkala
Selanjutnya, janganlah lupa senantiasa untuk laksanakan servis terencana pada motor Anda secara periodik selaku cara menangani mesin motor ngelitik. Saat servis dilaksanakan lantaran itu beberapa unsur permesinan, terhitung prosedur pembakaran dan penyaring udara akan dilihat dan dibuat higienis oleh teknisi.
Di mana, dua unsur ini merupakan unsur khusus yang memengaruhi ada bunyi menggelitik dikala motor digas. Jadi, dihentikan ragu-ragu untuk laksanakan servis secara periodik sesuai standard pabrik. Hal ini merupakan cara protektif atau pengamanan berlangsungnya engine knocking yang terjadi dikala motor digeber tinggi.
Dengan laksanakan servis teratur, pastinya keawetan motor senantiasa terlindungi, tidak kecuali di kepingan prosedur pembakaran dari motor tersebut.
Diatas merupakan ulasan terkait penyebab mesin motor ngelitik dan cara menangani mesin motor ngelitik. Semoga sanggup memperbesar pengetahuan dan pengetahuan.
Posting Komentar
Posting Komentar