Glow Plug Atau Busi Pemanas - Glow plug atau busi penghangat yakni salah satu komponen metode materi bakar diesel tipe indirect. Glowplug atau busi penghangat sedikit berlawanan dibandingkan busi yang terdapat pada mesin bensin baik dari sisi fungsi glow plug atau busi penghangat serta konstruksi dan cara kerjanya.
Glowplug merupakan busi yang Istimewa terpasang pada kendaraan beroda empat diesel. Sama seumpama yang kita identifikasi mesin diesel tidak memakai busi untuk meledakan variasi materi bakar dan udara pada combustion chamber akan namun memakai variasi materi bakar lewat kompresi piston yang tinggi sekali desakannya.
Oleh lantaran itu membutuhkan suhu yang anggun (tinggi) untuk mesin diesel mudah-mudahan mengkremasi variasi materi bakarnya dan jadi satu kesulitan yang cukup memiliki arti untuk hidupkan mesin diesel yang cuek dan tiada glowplug lantaran piston, dinding silinder dan kepala silinder merupakan meresap panas.
Oleh lantaran itu glow plug memiliki peranan yang sungguh penting pada mesin diesel untuk menolong proses pembakaran mudah-mudahan lebih maksimal. Untuk lebih jelasnya perihal glow plug atau busi penghangat mulai dari fungsi glow plug, serpihan glow plug, dan cara kerja glow plug akan dibahas pada postingan berikut ini.
Fungsi Glow Plug Atau Busi Pemanas
Fungsi glow plug dalam mesin diesel untuk memanasi udara dan seputar ruangan bakar, dengan cita-cita mesin sanggup capai suhu pembakaran (hingga lebih praktis hidup) di ketika kondisi mesin masih dingin.
Glowplug terpasang di dalam ruangan bakar / combustion chamber. Energi panas yang dibentuk oleh glowplug didapatkan dari arus listrik aki yang dilanjutkan ke glowplug. Arus yang berasal dari aki ke glowplug akan menciptakan panas di dalam silinder. Hingga lebih memudahkan mesin melakukan pekerjaan pada temperatur kerja baiknya.
Bagian Glow Plug Atau Busi Pemanas
Agar sanggup melakukan pekerjaan sebagaimana mestinya maka glow plug atau busi penghangat berisikan beberapa komponen atau bagian. Untuk lebih jelasnya berikut merupakan serpihan glow plug:
- Terminal yakni salah satu serpihan glow plug yang dihubungkan ke kunci kontak atau timer selaku penghubung pedoman arus listrik.
- Mur pengikat atau terminal nut mempunyai fungsi untuk mengikat serpihan terminal glow plug pada besi atau kabel mudah-mudahan tidak terlepas.
- Metal seal berfungsi selaku bodi dari glow plug yang melindungi dari kerusakan yang diakibatkan benda luar seumpama benturan dan lain sebagainya.
- Elektroda tengah atau center electrode merupakan serpihan dari glow plug yang berperan selaku penerus arus listrik ke kumparan atau regulating coil.
- Heating tube berfungsi selaku penghangat yang menyalurkan panas ke ruang bakar pada mesin diesel.
- Regulating dan heating coil berfungsi selaku pengubah pedoman listrik menjadi energi panas.
Cara Kerja Glow Plug Atau Busi Pemanas
Mesin diesel membutuhkan desakan kompresi yang tinggi sekali dan panas yang cukup dalam combustion chamber untuk meledakan variasi materi bakar dan udara. Saat desakan kompresi dan panas yang didapatkan sudah anggun dan memenuhi, lantaran itu variasi di antara materi bakar (solar) dan udara dalam combustion chamber sanggup meledak sendirinya dan hasilkan tenaga mesin pada cara combustion.
Ketika temperatur mesin diesel sudah panas, lantaran itu proses pembakaran variasi materi bakar dan udara dalam ruangan bakar tidak jadi satu permasalahan bermakna.Tetapi akan beda hal ketika temperatur mesin diesel masih pada kondisi dingin. Desakan dan panas anggun dalam ruangan bakar akan sulit diraih, oleh lantaran itu dikehendaki peranan Glow plug buat percepat proses optimalkan temperatur dan suhu dalam ruangan bakar mesin diesel.
Pada mesin diesel membutuhkan ketika yang tidak mengecewakan usang untuk hidupkan mesinnya lantaran waktu kunci contact tidak eksklusif sanggup di geser ke posisi start namun lebih dahulu ke status on. Kemudian membiarkan lampu tanda glowplug yang hidup menunggu hingga lampu tanda mati. Baru kemudian mesin diizinkan untuk dihidupkan. Mesin diesel tipe usang membutuhkan waktu seputar 21 detik dan untuk mesin diesel modern cuma membutuhkan seputar 6 hingga 8detik.
Sesudah lewat babak pre-heating glowplug, kembali ke mesin diesel zaman dahulu waktu mesin distart glowplug automatis eksklusif di non-aktifkan oleh relay. Akan namun mesin diesel modern lazimnya glowplug atau busi penghangat masih dihidupkan hingga 180detik, Maksudnya merupakan untuk senantiasa jaga suhu mesin masih pada temperatur baiknya agar efektivitas pembakaran tidak turun dan emisi yang dibentuk masih bagus.
Pada mesin diesel Indirect injection maka glow plug sanggup didapatkan pada serpihan pre-chamber (satu ruangan Istimewa pada silinder head yang tersambung dengan ruangan bakar), sedang pada mesin diesel bertipe Direct injection, Glow plug terpasang eksklusif pas dalam ruangan bakar yang berjumpa dengan piston mesin.
Glow plug ini lazimnya terpasang secara paralel, hingga ketika satu aktif maka aktif semua. Untuk menyambungkan glow plug secara paralel biasanya memakai pelat yang menyalurkan arus positif, sementara masa eksklusif dari bodi glow plug.
Terdapat berbagai jenis atau ukuran tegangan yang digunakan pada glow plug yakni 9,5V, 10,5V, 18V, dan 22,5V dengan daya di antara 110W dan 120W. Tegangan ini diubahsuaikan dengan keperluan panas pada mesin diesel.
Diatas merupakan pembahasan perihal glow plug atau busi penghangat mulai dari fungsi glow plug, serpihan glow plug, dan cara kerja glow plug. Semoga sanggup memperbesar pengetahuan dan pengetahuan.
Posting Komentar
Posting Komentar