Laporkan Penyalahgunaan

Widget HTML Produk

Widget HTML Jasa

Jenis Metode Materi Bakar Mesin Diesel (Indirect, Direct, Rotary, Inline, Dan Common Rail System)

Jenis Sistem Bahan Bakar Mesin Diesel - Sistem materi bakar pada mesin diesel sedikit berlainan dengan motor bensin. Pada metode materi bakar mesin diesel memerlukan proses penginjeksian sebelum materi bakar sanggup di bakar di ruang bakar. Terdapat kemajuan metode injeksi materi bakar diesel. Oleh sebab itu timbul beberapa jenis metode materi bakar pada mesin diesel.

Setiap jenis metode materi bakar mesin diesel memiliki laba dan kelemahan yang berbeda-beda. Hal ini diubahsuaikan dengan keperluan mesin. Jumlah penginjeksian, durasi penginjeksian, dan timing penginjeksian dikontrol oleh metode materi bakar mesin diesel menurut keperluan mesin diesel.

Oleh sebab itu metode materi bakar pada mesin diesel memiliki peranan penting. Tanpa adanya metode materi bakar pada mesin diesel, maka motor diesel tidak akan sanggup bekerja. Oleh sebab itu perlu dimengerti tentang banyak sekali jenis metode materi bakar mesin diesel. Untuk lebih jelasnya tentang jenis metode materi bakar mesin diesel akan dibahas pada postingan berikut ini.

Jenis Sistem Bahan Bakar Mesin Diesel

Sistem materi bakar injeksi mesin diesel terdapat banyak sekali jenis. Berikut ialah pembahasan tentang jenis metode materi bakar mesin diesel:

1. Jenis Sistem Bahan Bakar Mesin Diesel Berdasarkan Metode Injeksi

Berdasarkan metode injeksi terdapat beberapa macam metode materi bakar mesin diesel yaitu

a. Direct Injection System

Direct injection system ialah salah satu jenis metode materi bakar injeksi pada mesin diesel yang memiliki noozle mengarah ke ruang bakar secara langsung. Ciri-ciri utama direct injection system yakni bentuk piston yang memiliki cekungan baik berupa hati, setengah hati, setengah lingkaran, dan lain sebagainya. Bentuk piston ini berfungsi selaku turbulensi sehingga udara dan materi bakar sanggup teratomisasi secara sempurna. Berikut ialah keunggulan dan kelemahan dari direct injection system.
 Sistem materi bakar pada mesin diesel sedikit berlainan dengan motor bensin Jenis Sistem Bahan Bakar Mesin Diesel (Indirect, Direct, Rotary, Inline, dan Common Rail System)
Kelebihan Direct Injection System
  • Model lebih ringkas
  • Tenaga hasil pembakaran lebih besar
  • Efisiensi panas yang lebih tinggi
  • Emisi lebih rendah
  • Tanpa busi pijar
Kekurangan Direct Injection System
  • Tekanan materi bakar tinggi
  • Injector tipe multipoint

b. Indirect Injection System

Sebenarnya desain indirect injection system ialah salah satu teknologi usang yang banyak digunakan pada kendaraan usang keluaran tahun 80-90n. Namun tipe ini telah jarang digunakan sebab memiliki banyak kekurangan. Indirect injection system sedikit berlainan dengan direct injection system. Pada indirect injection system materi bakar tidak diinjeksikan secara eksklusif melainkan ke ruangan diatas ruang bakar atau yang lebih dipahami dengan pre combustion chamber. Pre combustion chamber terdapat dua jenis yakni kamar wajah dan kamar pusar. Keduanya berfungsi untuk menertibkan turbulensi dari materi bakar yang terinjeksi biar sanggup bercampur secara homogen dengan udara. Berikut ialah keunggulan dan kekuarang indirect injection system.
 Sistem materi bakar pada mesin diesel sedikit berlainan dengan motor bensin Jenis Sistem Bahan Bakar Mesin Diesel (Indirect, Direct, Rotary, Inline, dan Common Rail System)
Kelebihan Indirect Injection System
  • Tekanan materi bakar tidak terlampau besar
  • Dapat digunakan untuk mesin berkapasitas kecil
Kekurangan Indirect Injection System
  • Emisi lebih buruk
  • Tenaga yang dihasilkan kurang
  • Efisiensi panas yang kurang sehingga diinginkan busi pijar

2. Jenis Sistem Bahan Bakar Mesin Diesel Berdasarkan Mekanisme Penginjeksian

Berdasarkan prosedur penginjeksian terdapat beberapa macam metode materi bakar mesin diesel yaitu:

a. Rotary Fuel System

Pada tipe pompa rotary atau yang lebih dipahami dengan rotary fuel system yakni pompa injeksi yang cuma memiliki satu unsur atau plunger. Namun satu pompa plunger ini sanggup mendistribusikan materi bakar ke empat silinder secara bergantian. Artinya satu plunger akan berputar dan menampilkan distribusi materi bakar tergantung dengan timing penginjeksian. Pompa rotary memiliki beberapa tipe diantaranya yakni tipe DPA dan tipe VE. Tipe ini memiliki keunggulan dan kekurangan.
 Sistem materi bakar pada mesin diesel sedikit berlainan dengan motor bensin Jenis Sistem Bahan Bakar Mesin Diesel (Indirect, Direct, Rotary, Inline, dan Common Rail System)

Kelebihan Rotary Fuel System
  • Ukuran lebih kecil
  • Komponen mekanis yang lebih sedikit
  • Perawatan yang agak lebih mudah
Kekurangan Rotary Fuel System
  • Apabila plunger rusak maka kendaraan tidak sanggup hidup
  • Tekanan injeksi yang kurang besar lengan berkuasa (6000-8000 Psi)

b. Inline Fuel System/ Sistem Injeksi Sebaris

Berbeda dengan rotary fuel system, inline fuel system memiliki 4 buah unsur pompa yang mana setiap unsur memiliki kiprah untuk mendistribusikan materi bakar ke masing-masing silinder. Dengan demikian maka satu plunger satu silinder. Untuk menggerakan pompa injeksi ini pastinya memerlukan 4 cam sekaligus. Pompa ini sanggup menciptakan injeksi dengan tekanan yang tinggi oleh karena itu umumnya tipe ini banyak digunakan pada kendaraan yang memerlukan tenaga besar seumpama kendaraan niaga dan lain sebagainya. Tentunya tipe inline juga memiliki beberapa kelemahan dan kelebihan. Berikut ialah keunggulan dan kelemahan inline fuel system.
 Sistem materi bakar pada mesin diesel sedikit berlainan dengan motor bensin Jenis Sistem Bahan Bakar Mesin Diesel (Indirect, Direct, Rotary, Inline, dan Common Rail System)
Kelebihan Inline Fuel System
  • Tekanan injeksi yang lebih besar lengan berkuasa (18000 Psi)
  • Apabila terjadi kerusakan pada satu plunger, mesin masih sanggup menyala
Kekurangan Inline Fuel System
  • Karena memiliki 4 plunger maka ukuran menjadi lebih besar
  • Komponen mekanis lebih banyak
  • Perawatan lebih sukar sebab memerlukan SST untuk perawatan

c. Common Rail System

Common rail system berlainan dengan jenis metode materi bakar mesin diesel lainnya. Pada common rail system telah dikontrol secara elektronik yakni oleh ECU. ECU akan menyeleksi timing, serta durasi penginjeksian menurut keadaan mesin yang sanggup dilihat dari banyak sekali sensor yang ada pada kendaraan.
Pompa yang digunakan pada common rail system yakni tipe vane yang mana tekanan materi bakar yang diinjeksikan lebih stabil. Bahan bakar yang bertekanan kemudian dialirkan kedalam rail yang terhubung dengan injektor. Sistem ini serempak sama dengan metode EFI yang ada pada mesin bensin. Pembukaan injektor dikontrol oleh solenoid yang memperoleh perintah dari ECU. Berikut ialah beberapa keunggulan dan kelemahan dari common rail system.
 Sistem materi bakar pada mesin diesel sedikit berlainan dengan motor bensin Jenis Sistem Bahan Bakar Mesin Diesel (Indirect, Direct, Rotary, Inline, dan Common Rail System)
Kelebihan Common Rail System
  • Efisiensi tenaga yang dihasilkan
  • Komponen mekanis yang lebih sedikit
  • Emisi gas buang yang lebih sedikit
  • Efisiensi materi bakar yang lebih baik
Kekurangan Common Rail System
  • Proses perbaikan mahal
  • Membutuhkan alat khusus untuk perawatan
Diatas ialah pembahasan tentang jenis metode materi bakar mesin diesel yang didalamnya berisi prinsip kerja, kelebihan, dan kelemahan masing-masing jenis metode materi bakar mesin diesel. 

Related Posts

Posting Komentar