Laporkan Penyalahgunaan

Widget HTML Produk

Widget HTML Jasa

Vacuum Gauge: Fungsi, Dan Cara Menggunakan

Posting Komentar

Vacuum Gauge - Vacuum gauge merupakan salah satu alat ukur pneumatik. Vacuum gauge sering didapatkan di workshop otomotif alasannya merupakan mempunyai fungsi yang penting. Lalu apa saja fungsi dari vacuum gauge? Bagaimana cara menggunakan vacuum gauge?

Vacuum gauge dipakai untuk mengukur kevakuman yang terjadi pada kendaraan. Kevakuman merupakan kebalikan dari tekanan. Artinya kevakuman sanggup terjadi apabila tekanan lebih kecil dibandingkan dengan tekanan udara luar. Untuk lebih jelasnya perihal fungsi dan cara menggunakan vacuum gauge akan dibahas pada postingan berikut ini. 


Fungsi Vacuum Gauge

Pengukur vakum atau vacuum gauge sering dipakai untuk menjumlah kevakuman yang terjadi pada intake manifold, pompa materi bakar, dan lain sebagainya. Vacuum Gauge atau alat pengukur vakum merupakan salah satu alat ukur yang mempunyai fungsi sungguh penting bagi operator atau teknisi. 

Sampai di sekarang ini vacuum gauge masih dipakai untuk proses diagnosa kerusakan yang terjadi pada mesin maupun metode tenaga lainnya. Meskipun beberapa alat vacuum gauge telah dimodifikasi sehingga membuat lebih gampang dalam proses penggunaannya.

Bagian Vacuum Gauge

Vacuum gauge secara lazim berisikan beberapa bagian. Bagian bab vacuum gauge terdiri dari:

 Vacuum gauge merupakan salah satu alat ukur pneumatik Vacuum Gauge: Fungsi, Dan Cara Menggunakan

  1. Vacuum and Pressure Gauge mempunyai fungsi selaku alat utama untuk mengukur seberapa besar tingkat kevakuuman yang ada pada mesin kendaraan.
  2. Rubber Hose, merupakan salah satu bab dari vacuum gauge yang berfungsi selaku selang penghubung antara bab yang diukur dengan vacuum pressure gauge.
  3. Universal Adapter, merupakan selaku penghubung antara selang dengan bab benda yang mau diukur tingkat kevakumannya.
  4. Fitting, bab dari vacuum gauge yang berfungsi selaku penghubung apabila lokasi yang diukur lebih dari satu saluran.
  5. Tapered Hose Adapter berfungsi selaku penghubung selang dengan lokasi benda yang mau diukur.

Lokasi Penempatan Vacuum Gauge

Vacuum gauge tidak sanggup ditaruh atau dipasang pada area sembarang di mesin. Hal ini berencana untuk mempertahankan mudah-mudahan hasil pengukuran tetap akurat. Namun biasanya untuk penempatan vacuum gauge perlu diamati sebetulnya kevakuuman diambil dari intake manifold yang ada di belakang throttle valve (katup fas). Biasanya pedoman atau kevakuman yang diambil berasal dari 2 tempat, yakni:

1. Selang Vacuum Advancer

Vacuum gauge sanggup terpasang antara selang karburator yang ke arah vacuum advancer pada distributor. Namun perlu diamati bawhasanya pemasangan vacuum gauge pada selang vacuum advancer mesti dijalankan secara hati hati.. Diperlukan selang bagi (T Fitting), sehingga vacuum advancer sanggup melakukan pekerjaan sebagaimana mestinya serta vacuum gauge sanggup juga menjalankan pembacaan kevakuman. 

 Vacuum gauge merupakan salah satu alat ukur pneumatik Vacuum Gauge: Fungsi, Dan Cara Menggunakan

2. Selang Brake Booster (Booster Rem)

Aliran kevakuman yang menuju ke booster rem sanggup juga kita gunakan untuk posisi penempatan vacuum gauge. Apabila kita akan memasang vacuum gauge di posisi ini maka cukup melepas selang yang ke arah booster rem dan memasangkannya untuk vacuum gauge.

 Vacuum gauge merupakan salah satu alat ukur pneumatik Vacuum Gauge: Fungsi, Dan Cara Menggunakan

Cara Menggunakan Vaccum Gauge

1. Penggunaan Vaccum Gauge Waktu Mesin Mati

  • Hidupkan mesin serta diamkan mesin capai temperatur wajar operasi, berikutnya matikan mesin..
  • Lepas saringan udara (Air Filter). Kendorkan idle speed screw hingga throttle valve tertutup dengan rapat. Bila karburator diperlengkapi idle air bleed screw, putar sekrup (searah jarum jam) hingga pedoman tertutup rapat. Namun perlu di perhatikan, di saat memutar skrup penyetel perlu dijumlah seberapa besar putaran yang dijalankan pada skrup penyetel sehingga sanggup dikembalikan dengan mudah.
  • Jika kendaraan diperlengkapi dengan idle stop solenoid, maka perlu membebaskan kabel selenoid melalui konektor
  • Jika mesin diperlengkapi dengan denah PCV (Positive Crankcase Ventilation), maka perlu dilakuan pembebaskan katup PCV di bab epilog kepala silinder serta sumbat segi bawah katup dengan tape atau materi yang lain sanggup dipakai.
  • Menggunakan selang yang disiapkan, sambungkan vacuum gauge ke intake manifold.

2. Penggunaan Vaccum Gauge Waktu Mesin Hidup

  • Hubungkan vacuum gauge untuk pedoman vakum di intake manifold
  • Jalankan mesin untuk temperatur wajar operasi serta kecepatan idle.

Cara Membaca hasil pengukuran Vaccum gauge

Untuk pembacaan vacuum gauge sebetulnya sungguh gampang sekali. Angka atau tingkat kevakuman ditunjuk oleh jarum penanda dengan satuan ln Hg.

  1. Lihat penyeleksian jarum ukur.
  2. Baca hasil pengukuran, hasil pengukuran dalam in Hg
     Vacuum gauge merupakan salah satu alat ukur pneumatik Vacuum Gauge: Fungsi, Dan Cara Menggunakan

Diatas merupakan pembahasan perihal vacuum gauge baik fungsi vacuum gauge maupun cara menggunakan vacuum gauge. Semoga sanggup memperbesar pengetahuan dan pengetahuan.

Related Posts

Posting Komentar