Laporkan Penyalahgunaan

Widget HTML Produk

Widget HTML Jasa

Penyebab Fuel Pump Tidak Bunyi: 5 Macam Penyebab Dan Analisisnya

Posting Komentar

Penyebab Fuel Pump Tidak Bunyi - Fuel pump kerap kali mengalami kerusakan, salah satunya tidak berbunyi. Penyebab fuel pump tidak suara ini sanggup bermacam-macam. Oleh alasannya itu perlu dijalankan investigasi secara mendalam untuk mengenali penyebab fuel pump yang tidak bunyi.

Dalam kendaraan injeksi, fuel pump atau pompa bensin merupakan salah satu komponen penting. Fuel pump ini berfungsi untuk memompa bensin dari tanki ke injektor. Selain itu fuel pump juga diguakan untuk meredam desakan bensin biar senantiasa konstan sesuai dengan keperluan mesin.

Oleh alasannya itu kerusakan pada fuel pump sanggup menyebabkan kendaraan injeksi macet. Fuel pump yang tidak suara sanggup jadi salah satu indikator kerusakan pada rangkaian fuel pump kendaaan. Namun untuk lebih jelasnya tentang penyebab fuel pump tidak suara akan dibahas lebih lengkap pada postingan berikut ini.


 Fuel pump kerap kali mengalami kerusakan Penyebab Fuel Pump Tidak Bunyi: 5 Macam Penyebab Dan Analisisnya

Penyebab Fuel Pump Tidak Bunyi

1. Sekering Putus

Dalam suatu rangkaian kelistrikan tergolong fuel pump niscaya terdapat sekering atau fuse. Fuse ini berfungsi selaku pengaman dari konsleting listrik maupun arus berlebihan. Dengan begitu pompa tidak akan terbakar akhir arus yang berlebihan tadi.

Oleh alasannya itu yang pertama perlu dicurigai selaku penyebab fuel pump yang tidak suara merupakan sekering atau fuse. Untuk pengecekan sungguh mudah yakni menggunakan multimeter posisi tahanan dan hubungkan kedua kaki fuse. Apabila tidak terdapat relasi maka sanggup ditentukan sekering putus dan perlu dijalankan penggantian.

2. Kunci Kontak Terbakar

Kunci kontak berkhasiat untuk mengalirkan arus listrik dari baterai ke fuel pump di saat mesin digunakan. Oleh alasannya itu kian usang mesin menyala kian usang pula kerja dari kunci kontak. Apabila keadaan ini terjadi secara terus menerus ditambah adanya arus yang berlebihan maka sanggup menyebabkan kunci kontak terbakar dan gosong.

Selain itu konsleting listrik juga sanggup menyebabkan terminal pada kunci kontak menjadi gosong. Hal ini pasti akan mengusik proses fatwa arus listrik dari baterai ke fuel pump. Namun dilema ini tidak akan terlihat secara visual tetapi perlu dijalankan pembongkaran apalagi dulu pada kunci kontak.

Apabila keadaan ini terjadi maka perlu dijalankan pencucian dengan menggunakan amplas hingga bekas terbakar hilang. Dengan begitu tidak ada persoalan yang menyebabkan arus listrik sulit mengalir ke fuel pump.

3. Kerusakan IC Pompa

Pompa bensin itu mempunyai IC atau regulator yang mengontrol waktu aktif pompa di saat kunci kontak ditempatkan ON dan mengontrol kerja fuel pump sesuai dengan keperluan yang diinginkan mesin. IC fuel pump umumnya menjadi satu dengan pompa materi bakar sehingga perlu melepas fuel pump apalagi dahulu.

Untuk menilik IC itu bahwasanya cukup sukar dikarenakan terdapat berbagai variasi komponen elektronik seumpama resistor, transistor, dan lain sebagainya. Namun untuk gampangnya maka cukup menilik termninal yang menuju IC fuel pump.

Pada socket terdapat dua terminal baterai yaitu  (+) serta massa (-). Pastikan di saat posisi kunci kontak ON terdapat arus yang mengalir pada socket tersebut. Untuk lebih gampangnya sanggup menggunakan multimeter. Apabila terdapat arus kemungkinan kerusakan pada IC pompa. Namun apabila tidak ada arus sanggup ditentukan kerusakan pada rangkaian sebelum fuel pump.

4. Kabel Fuel Pump Terputus

Untuk menilik kabel pompa apa putus atau tidak sanggup menggunakan multimeter. Caranya sungguh mudah yakni tinggal menghubungkan kabel merah ke nyata kabel dan hitam ke segi negatif. .

Memposisikan kunci konta ON maka seharusnya tegangan yang sanggup dibaca 12 volt, tetapi jikalau tidak ada, alasannya itu ada kabel yang putus. Atau langkah lain kalian sanggup mengurut kabel pompa untuk cari tahu mana kabel yang putus. Hal ini perlu dijalankan secara teliti sehingga kabel yang putus sanggup ditemukan.

5. Elemen Fuel Pump Rusak

Paling simpulan penyebab kerusakan fuel pump yang tidak suara merupakan dari pompa itu sendiri. Umumnya di saat motor pompa rusak diawali dengan tekanan materi bakar yang kurang dari standar. Selain itu fatwa materi bakar umumnya telat sehingga menyebabkan kendaraan sukar menyala. Oleh alasannya itu perlu dicek keadaan fuel pump apakah sudah mengalami kerusakan atau tidak.

Namun kebanyakan apabila terdapat kerusakan pada fuel pump mesti diganti satu unit. Dengan kata lain tidak sanggup diganti per komponen fuel pump.

Diatas merupakan pembahasan tentang penyebab fuel pump tidak bunyi. Semoga sanggup memperbesar pengetahuan dan pengetahuan.

Related Posts

Posting Komentar