Laporkan Penyalahgunaan

Widget HTML Produk

Widget HTML Jasa

Mengenal Metode Pelumasan Motor 2 Tak (Fungsi, Komponen, Dan Cara Kerja)

Sistem Pelumasan Motor 2 Tak - Sistem pelumasan motor 2 tak memilik peranan yang sungguh penting. Sistem pelumasan motor 2 tak ialah metode utama yang mesti diamati biar sanggup mempertahankan mesin biar tetap melakukan pekerjaan dengan baik dan maksimal. 

Sistem pelumasan motor 2 tak memiliki kegunaan yang serupa dengan metode pelumasan lainnya. Sistem pelumasan berencana untuk melumasi seluruh komponen yang bergerak. Dengan adanya pelumasan ini maka gaya gesek yang tercipta dari komponen bergerak akan menyusut sehingga komponen mesin akan menjadi lebih awet. Selain itu metode pelumasan motor 2 tak juga memiliki beberapa fungsi lainnya.

Sistem pelumasan motor 2 tak berisikan 3 jenis yang sering digunakan pada kendaraan. Setiap jenis memiliki peranan dan cara kerja yang berbeda. Walaupun berlawanan tetapi fungsi setiap jenis tetap sama yakni untuk melindungi banyak sekali komponen mesin.

Sistem pelumasan motor 2 tak sungguh penting pada kendaraan yang masih menggunakan mesin 2 langkah. Untuk lebih jelasnya perihal sistem pelumasan motor 2 tak mulai dari fungsi, jenis, dan cara kerja akan dibahas pada postingan berikut ini.

Fungsi Sistem Pelumasan Motor 2 Tak

Sistem pelumasan motor 2 tak memiliki beberapa fungsi penting. Untuk lebih jelasnya berikut ialah pembahasan perihal fungsi metode pelumasan motor 2 tak.
  1. Untuk meminimalisir ukiran berlebih yang diakibatkan oleh banyak sekali komponen mesin yang bergerak.
  2. Untuk memperlambat terjadinya keausan pada banyak sekali komponen bergerak.
  3. Untuk menolong proses pendinginan panas mesin yang diakibatkan oleh proses pembakaran.
  4. Untuk membersihkan gram gram yang dihasilkan oleh ukiran komponen mesin yang bergerak.

Jenis Sistem Pelumasan Motor 2 Tak

Sistem Pelumasan Motor 2 Tak Menurut Fungsinya

1. Pelumasan Mesin

Pelumasan mesin ialah bab dari metode pelumasan motor 2 tak yang memiliki kegunaan untuk melumasi banyak sekali komponen mesin. Pelumasan mesin akan mempertahankan kopling, roda gigi transmisi, dan banyak sekali komponen mesin bab bawah yang lain biar tetap tersadar dan sanggup melakukan pekerjaan dengan baik.

2. Pelumasan Samping

Pelumasan samping ialah bab dari metode pelumasan motor 2 tak yang memiliki kegunaan untuk melumasi mesin bab atas. Pelumasan samping akan mempertahankan banyak sekali komponen mesin menyerupai kruk as, piston, dan stang piston. Pelumasan samping lazimnya masuk kedalam mesin serempak dengan materi bakar.

Sistem Pelumasan Motor 2 Tak Menurut Cara Kerjanya

1. Sistem Pelumasan Campur (Premix Lubrication)

Sistem pelumasan campur ialah metode pelumasan yang terjadi secara pribadi ketika proses pembakaran terjadi. Sistem pelumasan ini dijalankan dengan mencampur pelumas dengan materi bakar yang hendak diantarkan ke ruang bakar. Pelumas yang diaduk dengan materi bakar ialah oli samping.

Perbandingan materi bakar dan oli pelumas pada metode pelumasan campur lazimnya yakni setiap 1 liter materi bakar diaduk dengan 20-30 ml oli pelumas. Dengan impian oli pelumas yang bercampur dengan materi bakar sanggup melumasi dan melindungi komponen mesin menyerupai piston, kruk as, dan batang piston.

Sistem pelumasan ini masih banyak didapatkan pada sepeda motor 2 tak yang beberapa masih disenangi oleh penduduk indonesia. Meskipun motor 2 tak telah banyak ditinggalkan oleh produsen alasannya yakni banyak memiliki kekurangan. Kekurangan motor 2 tak yakni polusi udara, dan condong boros materi bakar.
 tak ialah metode utama yang mesti diamati biar sanggup mempertahankan mesin biar tetap be Mengenal Sistem Pelumasan Motor 2 Tak  (Fungsi, Komponen, dan Cara Kerja)

2. Sistem Pelumasan Autolube (Terpisah)

Sistem pelumasan autolube atau metode pelumasan versi terpisah menggunakan wadah berlawanan antara materi bakar dengan pelumas. Artinya tangki materi bakar dan oli pelumas berlawanan tempat. Proses pencampuran materi bakar dan oli pelumas juga tidak bercampur secara pribadi di tangki materi bakar.

Pada metode pelumasan autolube sanggup mencampur materi bakar dan oli sesuai dengan keperluan mesin. Saat putaran mesin tinggi maka jumlah pelumas yang dialirkan akan banyak. Sebaliknya ketika putaran mesin rendah maka jumlah pelumas yang dialirkan juga lebih sedikit.

Pencampuran materi bakar dan pelumas dikontrol oleh kabel gas yang mana pada motor 2 tak memiliki dua kabel. Kabel gas pertama untuk menawan throttle body atau karburator dan kabel kedua digunakan untuk menawan pompa oli pelumas. Dengan begitu metode pelumasan sanggup melakukan pekerjaan sesuai dengan keperluan mesin sehingga sanggup melakukan pekerjaan lebih maksimal.
 tak ialah metode utama yang mesti diamati biar sanggup mempertahankan mesin biar tetap be Mengenal Sistem Pelumasan Motor 2 Tak  (Fungsi, Komponen, dan Cara Kerja)

3. Sistem Pelumasan Crankcase Cylinder Injection (CCI)

Sistem pelumasan crankcase cylinder injection memiliki cara kerja yang nyaris sama dengan autolube. Namun terdapat sedikit perbedaan dengan autolube. Pada metode pelumasan crankcase cylinder injection menggunakan dua jalur pada pompanya. Ketika pompa melakukan pekerjaan maka oli pelumas akan masuk kedalam karburator dan satu lagi akan masuk ke terusan crankcase. 

Pelumas yang masuk kedalam karburator akan melumasi bab piston. Sementara itu pelumas yang masuk kedalam crankcase akan melumasi kruk as. Oleh alasannya yakni itu metode pelumasan ini sanggup melakukan pekerjaan lebih baik dibanding autolube.
 tak ialah metode utama yang mesti diamati biar sanggup mempertahankan mesin biar tetap be Mengenal Sistem Pelumasan Motor 2 Tak  (Fungsi, Komponen, dan Cara Kerja)
Diatas ialah pembahasan perihal sistem pelumasan motor 2 tak. Pembahasan mulai dari fungsi metode pelumasan motor 2 tak dan jenis metode pelumasan motor 2 tak.

Related Posts

Posting Komentar