Laporkan Penyalahgunaan

Widget HTML Produk

Widget HTML Jasa

Mengenal Tata Cara Pendingin Udara (Pengertian, Jenis, Dan Cara Kerja)

Sistem Pendingin Udara - Sistem pendingin udara ialah salah satu jenis metode pendingin yang dipakai pada kendaraan. Sistem pendingin udara yakni salah satu metode pendinginan pada kendaraan yang menggunakan udara selaku fluida pendingin. 

Sistem pendingin udara mempergunakan udara disekitar untuk menurunkan panas hasil pembakaran pada mesin. Udara disekitar akan mengalir ke permukan mesin dan akan mengambil panas dari mesin. Akibatnya suhu atau temperatur mesin akan menjadi turun. Pelepasan panas mesin ini mempergunakan prinsip thermodinamika yang mana temperatur yang lebih tinggi akan mengalir ke temperatur yang lebih rendah.

Namun untuk memaksimalkan kerja dari metode pendingin udara, maka dikehendaki penampang mesin yang lebih luas sehingga udara sanggup mengalir optimal lewat area mesin. Dengan begitu panas mesin jawaban pembakaran sanggup dilepas secara optimal dan menangkal terjadinya overheating. Untuk lebih jelasnya perihal sistem pendingin udara akan dibahas pada postingan berikut ini.

Pengertian Sistem Pendingin Udara

Pengertian metode pendingin udara yakni metode penginginan pada kendaraan yang mempergunakan udara disekitar untuk melepas panas hasil pembakaran. Dengan menggunakan prinsip thermodinamika yang mana panas akan mengalir dari zat yang bersuhu tinggi ke zat yang bersuhu rendah. 

Udara yang mengalir disekitar mesin akan menyerap panas mesin sehingga temperatur mesin akan tetap terjaga. Dengan begitu mesin tidak akan mengalami overheating yang sanggup memunculkan banyak sekali kerusakan elemen mesin.

Jenis Sistem Pendingin Udara

Terdapat berbagai jenis metode pendingin udara yang dipakai pada kendaraan. Untuk lebih jelasnya berikut ialah jenis metode pendingin udara.

1. Sistem Pendingin Udara Alami

Sistem pendingin udara alami hanyak mempergunakan fatwa udara sekitar. Udara yang mengalir melalui mesin akan menjalankan pendingin saat kendaraan bergerak. Sementara itu untuk memperbesar bidang gesek maka pada permukaan mesin biasanya disertakan sirip sirip. Sirip sirip ini yang dipakai selaku media pelepasan panas mesin jawaban pembakaran.

Sistem pendinginan ini ialah metode pendingin yang paling sederhana. Selain itu tidak membutuhkan perawatan sama sekali. Akan tetapi perlu dijalankan pengecekan secara bersiklus bagaimana keadaan sirip sirip pada mesin. Apabila terdapat lumpur atau kotoran maka perlu dijalankan pencucian agar pendinginan sanggup berlangsung maksimal.

Namun metode pendingin udara alami memiliki kehabisan yakni saat jalan macet. Apabila jalan macet maka tidak ada fatwa udara yang melalui mesin sehingga temperatur mesin akan meningkat dan memunculkan menyerupai boros bensin, dan lain sebagainya.
 Sistem pendingin udara ialah salah satu jenis metode pendingin yang dipakai pada ke Mengenal Sistem Pendingin Udara (Pengertian, Jenis, dan Cara Kerja)

2. Sistem Pendingin Udara Paksa 

Untuk menangani kehabisan dari metode pendingin udara alami, maka dibuatlah metode pendingin udara paksa. Istilah lain perihal metode pendingin udara paksa yakni forced air cooling sytem. Udara disekitar akan dihisap oleh kipas pendingin. Udara ini kemudian dialirkan menuju sirip-sirip yang ada di sekeliling mesin. 

Dengan proses tersebut maka jumlah udara yang mengalir lebih banyak sehingga proses pendinginan lebih maksimal. Kipas blower akan menyala saat mesin menyala, oleh alasannya yakni itu walaupun kendaraan tidak berlangsung mesin tetap mendapat udara untuk pendinginan. Sistem ini banyak dipakai pada vespa, bajaj, dan lambreta.
 Sistem pendingin udara ialah salah satu jenis metode pendingin yang dipakai pada ke Mengenal Sistem Pendingin Udara (Pengertian, Jenis, dan Cara Kerja)

Kelebihan dan Kekurangan Sistem Pendingin Udara

Sistem pendingin udara sebenarnya cukup efektif saat iklim atau suhu temperatur sekitar mendukung. Selain itu metode pendingin udara juga memiliki beberapa keistimewaan dan kehabisan diantaranya yaitu

1. Kelebihan Sistem Pendingin Udara

Kelebihan metode pendingin udara diantaranya yaitu
  • Memiliki konstruksi yang sederhana sehingga sanggup diaplikasikan pada kendaraan yang berskala kecil
  • Biaya bikinan yang lebih kecil sehingga memunculkan kendaraan lebih murah
  • Tidak membutuhkan adanya perawatan

2. Kekurangan Sistem Pendingin Udara

Kekurangan metode pendingin udara diantaranya yaitu
  • Proses pendinginan mesin tidak merata, terlebih saat suhu udara luar tinggi sehingga sanggup menyebabkan banyak sekali permasalahan lain menyerupai boros bensin, dan lain sebagainya.
  • Suara mesin akan lebih keras dikarenakan getaran yang berlebih. Getaran berlebih ini dihasilkan oleh tekanan udara yang perihal sirip sirip pada mesin.

Cara Kerja Sistem Pendingin Udara

Cara kerja metode pendingin udara sebenarnya sungguh sederhana sekali. Dengan mengarahkan fatwa udara cuek agar lewat sirip sirip mesin maka panas pada silinder akan mengalir keluar dan akan berpindah ke udara dingin. Proses pelepasan panas ini tergantung dari jenis atau materi mesin yang digunakan. Semakin baik materi mesin maka proses pelepasan panas akan kian baik.

Proses pelepasan panas hasil pembakaran pada metode pendingin udara dipengaruhi oleh beberapa aspek yaitu
  • Temperatur udara yang mengalir lewat sirip sirip
  • Luas penampang sirip sirip
  • Kecepatan fatwa udara
Pada umumnya, mesin dibentuk agak menjorok kedepan agar sirip pendingin sanggup menyerap panas secara efektif. Sirip sirip pada mesin yang yang dibikin dari materi alumunium dibentuk dengan panjang sekitar 50-80 mm. Selain itu antar sirip memiliki jarak sekitar 8-15 mm. Untuk menyingkir dari adanya getaran, maka sirip pendingin dihubungkan dengan rusuk atau diberi ganjal dengan suatu karet.

Sementara itu untuk metode pendinginan udara paksa menggunakan kipas blower untuk menghisap dan menghembuskan mesin ke sirip sirip mesin. Hal ini banyak didapatkan pada motor matic yang memiliki posisi mesin dibelakang. Kipas akan mengarahkan udara ke potongan sirip sirip mesin sehingga pendinginan terjadi lebih efektif walaupun mesin tidak berjalan.

Pada lazimnya metode pendinginan udara dipakai pada kendaraan yang memiliki cc mesin yang rendah yakni 125 cc. Apabila lebih dari 125 cc biasanya menggunakan metode pendinginan air agar proses pendinginan lebih efektif.

Diatas ialah pembahasan perihal sistem pendingin udara. Pembahasan mulai dari pemahaman metode pendingin udara, jenis metode pendingin udara, keistimewaan dan kehabisan metode pendingin udara, dan cara kerja metode pendingin udara.

Related Posts

Posting Komentar