Laporkan Penyalahgunaan

Widget HTML Produk

Widget HTML Jasa

Mengenal Fungsi Penggores (Scratcher) Dan Penitik (Scriber)

Fungsi Penggores dan Penitik - Penggores dan penitik ialah salah satu perlengkapan yang banyak didapatkan pada kerja bangku. Walaupun memiliki bentuk yang serupa tetapi keduanya mempunyai fungsi yang berbeda. Untuk itu perlu dicermati perihal fungsi penggores dan fungsi penitik.

Selain fungsi yang berbeda, terdapat banyak sekali jenis penggores maupun penitik. Hal ini berencana untuk menyesuaikan kepada benda yang sedang dikerjakan. Setiap jenis penggores maupun penitik memiliki peranan yang berbeda. Untuk menciptakan tanda yang besar pastinya memerlukan penitik yang besar. Sementara itu untuk menggores lembut maka diharapkan penggores yang berskala kecil.

Cara memakai kedua jenis benda pastinya berbeda. Pada penggores cuma perlu menggoreskan bab ujungnya untuk menciptakan suatu garis pada benda kerja. Sementara itu penitik digunakan dengan cara dipukul sehingga menciptakan suatu titik dengan diameter tertentu. Untuk lebih jelasnya perihal fungsi penggores dan penitik serta cara menggunakannya akan dibahas pada postingan berikut ini.

Penggores atau Scratcher

Fungsi Penggores

Fungsi penggores yaitu untuk menciptakan suatu tanda berupa garis atau goresan. Penggores ini ialah suatau alat yang digunakan untuk menawan suatu garis atau tabrakan pada permukaan benda kerja yang mau dikerjakan. Penggores sering dipahami selaku scratcher.

Pada biasanya penggores atau scratcher yang dibikin dari materi yang keras serta lebih keras dari benda yang mau dikerjakan. Oleh alasannya yaitu itu penggores yang dibikin dari baja perkakas. Untuk memperbesar grip atau mudah-mudahan tidak licin pada di saat dipegang, maka pada bab tengah penggores dibentuk kartel atau bergerigi.

Namanya penggores, niscaya ada bab yang tajam. Pada bab ujung penggores dibentuk lancip atau runcing. Pada biasanya ujung penggores membentuk sudut antara 25-30 derajat. Hal ini berencana di saat pengerjaan tanda garis dilakukan.
 Penggores dan penitik ialah salah satu perlengkapan yang banyak didapatkan pada kerja ban Mengenal Fungsi Penggores (Scratcher) dan Penitik (Scriber)

Jenis Penggores

Terdapat berbagai macam penggores yang ada di kerja bangku. Setiap jenis penggores mempunyai fungsi atau peranan yang berbeda-beda. Untuk lebih jelasnya berikut ialah jenis penggores.
  1. Penggores Sederhana, ialah penggores yang digunakan untuk menciptakan tanda tabrakan pada permukaan benda yang memiliki bentuk sederhana. Dengan kata lain gampang dijangkau memakai penggores sederhana.
  2. Penggores Dengan Salah Satu Ujung Yang Bengkok, ialah penggores yang digunakan untuk menciptakan tanda tabrakan pada permukaan benda yang memiliki bentuk menjorok kedalam sehingga tidak dapat memakai penggores sederhana.
  3. Penggores Yang Ujungnya Dapat Diganti, ialah penggores yang digunakan untuk menciptakan tanda tabrakan pada permukaan benda yang tidak sanggup dijangkau oleh kedua jenis penggores sebelumnya. Ujung penggores sanggup diganti dan diubahsuaikan dengan kebutuhan.

Cara Menggunakan Penggores

Cara memakai penggores bahwasanya sungguh sederhana. Penggores sama halnya pensil yang digunakan untuk menciptakan suatu garis. Untuk lebih jelasnya berikut ialah cara memakai penggores.
  1. Menggunakan penggaris ataupun penggaris siku mudah-mudahan tabrakan yang dihasilkan lurus.
  2. Menekan penggaris dengan berefek mudah-mudahan tidak bergeser
  3. Mencondongkan penggores ke arah maju atau searah dengan arah tabrakan yang mau dibentuk serta membentuk sudut 20-25 derajat
  4. Menekan penggores dan gerakan sesuai dengan keperluan mudah-mudahan garis yang dihasilkan terlihat jelas. Proses penggoresan cukup dilakukan satu kali.
     Penggores dan penitik ialah salah satu perlengkapan yang banyak didapatkan pada kerja ban Mengenal Fungsi Penggores (Scratcher) dan Penitik (Scriber)

Penitik atau Scriber

Fungsi Penitik

Fungsi penitik yaitu untuk menciptakan suatu tanda berupa titik pusat. Penitik ialah suatu alat yang digunakan untuk memamerkan tanda pada permukaan benda kerja sebelum pekerjaan pengeboran dilakukan. Dengan begitu proses pengeboran akan lurus atau tidak meleset dari tanda titik yang telah diberikan.

Untuk mendapat tanda titik yang terang maka penitik juga yang dibikin dari materi yang keras. Penitik dibentuk memakai baja karbon yang dikeraskan. Selain itu pada bab ujung dibentuk meruncing tajam dengan sudut 60 hingga 90 derajat.
 Penggores dan penitik ialah salah satu perlengkapan yang banyak didapatkan pada kerja ban Mengenal Fungsi Penggores (Scratcher) dan Penitik (Scriber)

Cara Menggunakan Penitik

Untuk mendapat tanda titik yang dikehendaki maka dalam penggunaan penitik mesti sesuai dengan prosedur. Untuk lebih jelasnya berikut ialah cara memakai penitik.
  1. Menandai benda kerja yang mau ditandai oleh penitik memakai pensil atau benda lain.
  2. Menempatkan penitik pada permukaan benda kerja dan pegang memakai tangan kiri.
  3. Memastikan posisi penitik tegak lurus dan bab ujung sempurna berada pada tanda yang telah dibentuk diawal.
  4. Proses pengerjaan tanda dengan penitik diawali dengan pukulan ringan apalagi dulu lalu dilihat apakah tanda telah tepat. Apabila tanda telah sempurna maka sanggup dilanjutkan dengan pukulan yang keras mudah-mudahan tanda titik akan terlihat lebih jelas. Sebaliknya apabila tanda tidak sempurna maka posisikan penitik mudah-mudahan sempurna berada di tengah.
 Penggores dan penitik ialah salah satu perlengkapan yang banyak didapatkan pada kerja ban Mengenal Fungsi Penggores (Scratcher) dan Penitik (Scriber)
Diatas ialah pembahasan perihal fungsi penggores dan penitik serta cara menggunakannya. Semoga sanggup memperbesar pengetahuan dan ilmu pengetahuan.

Related Posts

Posting Komentar