Laporkan Penyalahgunaan

Widget HTML Produk

Widget HTML Jasa

Cara Ganti Oli Gardan Vario 125 Yang Benar

 menggunakan gardan untuk meneruskan putaran dari CVT ke roda Cara Ganti Oli Gardan Vario 125 Yang Benar
Cara Ganti Oli Gardan Vario 125 - Untuk motor matic tergolong vario 125 menggunakan gardan untuk meneruskan putaran dari CVT ke roda. Oleh alasannya yakni itu memerlukan investigasi dan penggantian oli gardan. Lalu bagaimana cara ganti oli gardan vario 125?

Ada banyak sekali macam motor matic milik ATPM Honda antara lain Honda Vario, Honda Beat, Honda Scoopy dan lain sebagainya. Pembahasan kali ini yakni wacana motor matic Honda Vario yang mana menurut riset langsung penulis motor matic ini yakni motor matic paling banyak dicari dan dimiliki oleh pembaca sekalian sehingga perlu pembaca ketahui perawatannya.

Perawatan motor vario sendiri ada banyak sekali macam ada perawatan terstruktur mesin, ada perawatan terstruktur metode rem, ada perawatan terstruktur metode suspensi, ada perawatan terstruktur metode kelistrikan. Perawatan mesin termasuk investigasi metode pelumasan oli mesin, oli transmisi, investigasi keadaan oli gardan, dan keadaan mesin. Perawatan terstruktur metode rem termasuk investigasi fungsi rem antara lain keadaan minyak rem, keadaan kampas rem dan masih banyak lagi. Perawatan metode suspensi termasuk investigasi keadaan shock breaker. Sedangkan perawatan metode kelistrikan termasuk perawatan kelistrikan lampu, perawatan metode pengapian, investigasi keadaan sensor - sensor.

Mengingat banyaknya keadaan investigasi diatas penulis pada postingan ini akan mengulas wacana cara ganti oli gardan honda vario 125 yang sanggup dipraktekkan terhadap all varian. Mengapa penulis mengambil topik ini dikarenakan investigasi oli gardan atau penggantian oli gardan banyak dihindari oleh pengguna sepeda motor matik, padahal hal ini sangatlah penting untuk pengguna motor matic utamanya kaum wanita.

Mari kita cermati pengaruh samping dari tidak terawatnya oli gardan motor matic kita. Oli gardan yang jarang dipakai sanggup saja  menjadi penyebab dari gear drive matic rusak (gear gardan), oli yang usang tidak diganti akan bermetamorfosis lumpur dan memunculkan gear gardan macet, banyangkan apabila kita sedang dalam posisi kendaan melaju kencang dan tiba2 gear gardan kita macet, motor akan terkuci rodanya dan akan memunculkan kecelakaan yang fatal. Maka dari itu pembaca sekalian jangan abaikan penggantian oli gardan Honda Vario kita. Untuk lebih jelasnya berikut ialah pembahasan perihal cara ganti oli gardan vario 125.

Cara Ganti Oli Gardan Vario 125

Berikut ialah banyak sekali langkah yang mesti dijalankan atau cara ganti oli gardan vario 125:

1. Persiapan Alat dan Bahan

Sebelum mengawali langkah penggantian oli gardan Honda Vario kita, kita wajib mempersiapkan alat dan materi yang mesti kita miliki. Yang pertama yakni nampan untuk memuat oli bekas kita, yang kedua yakni kunci shock, kunci pas ring, cutter, majun dan obeng min atau plus selaku alat pendukung kita.

Untuk warta embel-embel ya pembaca sekalian oli gardan Honda vario baiknya di ganti pada interval waktu 8.000 – 10.000 Km atau kurang lebih satu tahun. Jika pembaca sekalian memiliki mobilitas tinggi tak perlu menanti waktu 1 tahun, tiap 8.000/10.000 Km gantilah oli gardan tersebut.

2. Memposisikan Motor Di Tempat Yang Rata

Letakkan motor vario pembaca pada kawasan yang datar biar motor tidak tergelincir di saat penggantian. Jika jenis lantai pembaca sekalian yakni lantai keramik maka perlu di alasi dengan kain lap atau majun. Selain itu siapkan majun dan nampan dibawah motor untuk memuat oli gardan bekas motor vario 125 kita.

3. Melakukan Proses Pengurasan Oli Gardan

Lepaskan baut pengisian untuk lubang masuk udara dan lepaskan baut drainase untuk lubang keluar minyak gardan. Jika baut gardan pembaca cuma terdapat 2 baut maka baut atas yakni baut pengisian dan baut bawah yakni baut drainase. Jika terdapat 3 baut pengisian maka baut atas kepingan depan yakni baut pengisian dan baut bawah yakni baut drainase sanggup diketahui ya pembaca sekalian.

Pastikan pengurasan oli gardan sambil di putar – putar ya pembaca sekalian, ini berniat biar keadaan oli gardan terkuras higienis tak bersisa. Dan biasakan jangan menggunakan udara yang disemprotkan pada lubah masuk oli dikarenakan udara dari kompresor mengandung kadar air dan akan menggangu pelumasan, mengingat air dan minyak tidak sanggup bersatu.
 menggunakan gardan untuk meneruskan putaran dari CVT ke roda Cara Ganti Oli Gardan Vario 125 Yang Benar

4. Melakukan Proses Pengisian Oli Gardan

Jika oli telah habis, maka tutup baut drainase dan isilah dengan oli gardan AHM bawaan Honda alasannya yakni oli dari pabrikan sungguh disarankan dan telah diadaptasi dengan keperluan spesifikasi Honda vario pembaca sekalian. Cukup 1 botol saja ya pembaca sekalian, 1 botol yang berisi 120 ml minyak oli gardan. Kemudian tutup kembali baut drainase dan baut pengisian biar oli tidak tumpah.
 menggunakan gardan untuk meneruskan putaran dari CVT ke roda Cara Ganti Oli Gardan Vario 125 Yang Benar

5. Menyalakan Motor

Jika oli telah diisikan hingga habis tutup lubang pengisian dengan baut pengisian, nyalakan mesin selama 2 menit dan putar tuas gas hingga rpm kurang lebih 2000 biar roda berputar dan oli gardan bersirkulasi dengan bagus.

Sedikit warta untuk pembaca sekalian yang akan mengubah oli gardan dengan oli mobil, penulis tidak menangkal akan tetapi oli gardan kendaraan beroda empat rata – rata memiliki kekentalan 80 W hingga 90 W dan itu sangatlah pekat dan kental. Sementara itu, oli gardan pada motor jauh dibawah 80 W, jadi sungguh besar lengan berkuasa pada oli gardan motor matic kita. Bisa saja seret dan tidak mau lari kencang. Meskipun belum ada yang mengulas wacana kekentalan oli gardan motor matic baik Honda maupun Yamaha atau pabrikan lain, hal tersebut sungguh logis, jadi lebih berhati – hati lah dalam penggantian oli gardan.

Diatas ialah langkah – langkah cara ganti oli gardan Vario 125 yang sanggup dipraktekkan pada all varian Honda vario mulai dari yang berkapasitas 110 cc, 125 cc hingga 150 cc. Semoga sanggup memperbesar wawasan. 

Related Posts

Posting Komentar