Laporkan Penyalahgunaan

Widget HTML Produk

Widget HTML Jasa

6 Langkah Mudah Cara Mengubah Kampas Rem Mobil

 Kampas rem pada metode rem kendaraan memiliki masa pakai 6 Langkah Praktis Cara Mengganti Kampas Rem Mobil
Cara Mengganti Kampas Rem Mobil - Kampas rem pada metode rem kendaraan memiliki masa pakai. Oleh alasannya itu perlu perawatan biar kampas rem sanggup melakukan pekerjaan sebagaimana mestinya. Lalu bagaimana cara mengubah kampas rem mobil?

Sistem rem pada suatu kendaraan beroda empat merupakan hal yang sungguh vital bagi mobil. Fungsi utama rem merupakan untuk memperlambat laju kendaraan beroda empat biar kendaraan beroda empat sanggup kita kendalikan, dalam sisi keselamatan rem berfungsi selaku pengaman kendaraan beroda empat pada di saat kecepatan tinggi biar kendaraan beroda empat tidak mengalami tabrakan dengan kendaraan beroda empat di depannya. Tentunya sungguh penting sekali fungsi rem dalam kendaraan beroda empat kita maka dari itu rem mesti dirawat secara berkala.

Ada aneka macam tipe rem pada kendaraan beroda empat yang pertama merupakan rem tromol, dan rem cakram. Pada kedua jenis rem terdapat kampas rem yang yang dibikin dari materialkan andesit, atau adonan yang memiliki gaya gesek yang tinggi. Keduanya sama efektif daya pengeremannya terhadap kendaraan beroda empat tergantung dari materi kampas rem maupun kampas tromolnya.

Perawatan atau perbaikan metode rem pada kendaraan beroda empat sungguh penting, utamanya investigasi kampas rem. Kampas rem merupakan materi cepat habis dan perlu diperiksa dan diganti secara berkala. Kampas rem tromol lazimnya ditaruh di ke dua roda belakang mobil. Rem tromol belakang jadi satu dengan hand brake atau rem parkir atau rem tangan, maka dari itu perlu benar benar diamati cara penggantiannya biar rem melakukan pekerjaan optimal setelah diganti. 

Kampas rem senantiasa bergesekan dengan tromol di saat pengereman terjadi. Oleh alasannya itu perlu penggantian secara berkala. Untuk lebih jelasnya tentang cara mengubah kampas rem mobil akan dibahas lebih lanjut pada postingan berikut ini.

Cara Mengganti Kampas Rem Mobil

1. Mempersiapkan Alat dan Bahan

Hal pertama kali yang perlu diamati dalam mengubah kampas rem merupakan cermati secara sarat dan fahami nama – nama bagian metode rem biar pembaca lebih faham dalam membaca langkah kerja yang penulis sebutkan baerikut gambar keseluruhan bagian metode rem tromol. 

Sebelum rem dibongkar rencanakan pula tools atau alat – alat dan materi – materi yang dikehendaki antara lain:
  • Kunci shock 1 set,
  • Kunci pas ring 1 set, 
  • Obeng min dan plus sepasang ukuran kecil dan sepasang ukuran panjang san sepasang ukuran besar, 
  • Kunci roda cross atau kunci roda leter X, 
  • Dongkrak botol atau dongkrak buaya
  • Jack stand atau balok kayu 
  • Amplas 250 yakni amplas apabila tidak mendapatkan amplas 250 seleksilah amplas antusias yang tersedia dan gampang didapatkan,
  • Grease atau vet atau vasaelin,

2. Memposisikan Kendaraan Di Tempat Yang Datar

Langkah pertama merupakan posisikan kendaraan beroda empat berada pada keadaan lantai datar, ini berencana biar kendaraan beroda empat tidak tergelincir pada di saat kita membongkar roda belakang dan men treatment metode rem kita, mengingat roda belakang yang mau kita bongkar otomatis hand brake juga kita lepas jadi harap diamati dan bersikap hati – hati dalam bekerja.

3. Mengendorkan Baut Roda Mobil

Langkah ke dua sebelum kendaraan beroda empat di dongkrak ganjal roda depan dengan balok kayu di sisi depan roda maupun belakang roda depan baik di kiri maupun kanan roda. Selanjutnya lepaskan baut roda dengan kunci roda cara melepaskan kunci roda dengan pola menyilang umpamanya kalau baut yang tersedia merupakan sebanyak 4 roda mulai dari baut atas kemudian bawah kemudian kiri disusul baut kanan, sesuaikan pola tersebut tergantung banyaknya baut yang tersedia. Lakukan pelepasan baut roda terhadap 2 ruda belakan kiri dan kanan, ingat jangan hingga baut terlepas total cuma kendorkan saja, ini menghambat biar roda tidak terlepas sebelum kendaraan beroda empat didongkrak

4. Mendongkrak Mobil

Langkah ke tiga dongkrak roda kiri dengan dongkrak buaya atau dongkrak botol tergantung dongkrak mana yang sudah dimiliki pembaca sekalian rekomendasi penulis dongkrak yang dipakai merupakan dongkrak buaya alasannya ukurannya lebih menunjang pekerjaan lifting mobil. Posisikan dongkrak pada frame kendaraan beroda empat atau pada chasis dengan bab chasis yang memiliki pengaruh dan tebal dan pantas untuk dipakai selaku referensi dongkrak dan usahakan dongkrak berada di depan kendaraan beroda empat atau pada as kendaraan beroda empat dan sediakan sedikit space untuk referensi jack stand

Posisikan jack stand pada space yang sudah di sediakan tadi serta realease dongkrak biar jack stand menumpu tubuh mobil, letakkan roda dibawah tromol kendaraan beroda empat selaku pengaman dan pencegahan apa kalau jack stand mleset dari tumpuan. Lakukan langkah tersebut pada roda kanan juga.
 Kampas rem pada metode rem kendaraan memiliki masa pakai 6 Langkah Praktis Cara Mengganti Kampas Rem Mobil

5. Pembongkaran Unit Rem

Terdapat 3 bulat kecil yang ter capture pada gambar di atas, gambar tersebut diambil dari sisi dalam tromol, lobang baut yang dilingkari merupakan lobang baut untuk me realease tromol rem, masukkan baut 12 mm pada lobang tersebut hingga tromol terlepas, apabila penulis tidak mendapatkan baut 12 mm maka gunakan palu besar dan pukul tromol dari arah luar dengan pola atas, bawah, kiri dan kanan, maka tromol akan terlepas. 

Selanjutnya lepaskan pegas pengikat kampas rem dengan mencongkel pegas menggunakan obeng min kecil kemudian lepaskan kampas rem yang sudah tidak terikat dengan pegas, jangan lupa semprot dengan kompresor seluruh bagian dari rem tromol, apa kalau tidak memiliki kompresor maka bersihkan dengan kuas, perhatikan wheel cylinder yang ada biar tidak terjadi kebocoran fluida atau minyak rem. Amplas kampas rem dengan amplas ukuran 250 tadi jangan hingga habis cuma amplas untuk membuka pori – pori dari kampas rem, ini berencana biar kampas cepat sesuai dengan tromol rem.
 Kampas rem pada metode rem kendaraan memiliki masa pakai 6 Langkah Praktis Cara Mengganti Kampas Rem Mobil

6. Penggantian dan Penyetelan Kampas Rem

Langkah ke – 6 merupakan langkah pemasangan dari kampas rem, sebelum di pasang lumasi seluruh bidang yang bergesekan kecuali permukaan kampas rem dengan tromol rem menggunakan grease atau vet atau faselin biar efisiensi mekanis metode rem melakukan pekerjaan secara maksimal. Setelah itu pasang kampas rem pada pada tempatnya sesuai dengan posisinya. Pasang pegas pengikat dengan mencungkil sisi ujung dengan obeng min kecil. Setelah itu pasang tromol roda pada metode rem. Sebelum di turunkan stel daya pengereman pada roda dengan memutar adjusting screw kea rah luar cermati gambar dibawah ini biar lebih paham.

Bidang yang ditandai merah merupakan adjusting screw di belakangya terdapat lubang penyetelan laksanakan penyetelan lewat lubang tersebut dengan menggunakan obeng min besar. Putar tromol dengan tangan tiap kali tamat menyetel kekencangan rem, batas penyetelan merupakan pada di saat diputar kampas rem dan tromol terasa bergesek akan tapi tromol masih sanggup berputar. Lalu pasang roda dan pasang baut pengikat roda. Setelah tamat di roda kiri laksanakan langkah yang serupa pada roda kanan. Jika kedua roda sudah terpasang dan penyetelan rem sudah selesai, maka dongkrak kembali kendaraan beroda empat untuk me realease mobil. Dan mekanisme penggantian kampas rem pun selesai.
 Kampas rem pada metode rem kendaraan memiliki masa pakai 6 Langkah Praktis Cara Mengganti Kampas Rem Mobil
Uraian di atas merupakan uraian secara singkat bagaimana cara mengubah kampas rem mobil. Hal tersebut mudah-mudahan sanggup gampang dimengerti dan menolong bagi pembaca sekalian biar lebih memperbesar wawasan wacana penggantian kampas rem pada mobil. Penulis senantiasa berpesan biar tetap memonitor dan memaintain atau merawat metode rem secara bersiklus biar ketentraman berkendara dan keselamatan dalam berkendara sanggup terjaga.

Related Posts

Posting Komentar