Laporkan Penyalahgunaan

Widget HTML Produk

Widget HTML Jasa

Memahami Jalur Kabel Pada Kiprok Honda Beat Fi Lama

Assalamualaikum bro, selamat malam. Pada update catatan kali ini kita akan membahas mengenai jalur di kiprok Honda Beat FI lama, atau keluaran pertama yang masih stater kasar.

Pada motor beat fi keluaran pertama ini kiprok masih di pisahkan dengan ECM, tidak menyerupai pada beat FI generasi berikutnya yang telah lebih canggih.

Ok biar lebih gampang akan aku beri gambar kiprok nya.

Warna kabel kiprok Beat FI usang dan jalur nya.


Di kiprok tersebut terdapat 5 kabel, kini akan aku uraikan kemana saja jalur kabel tersebut.

Penjelasan Gambar.

W = kabel W "putih" ini dari spul, yang berfungsi selaku spul pengisian, arus dari spul ini masih bertegangan AC (bolak balik) yang nantinya akan di ubah menjadi arus DC (searah) oleh regulator (kiprok).

Y = kabel Y "kuning" di cabang dari kabel putih dari spul, kabel ini berfungsi selaku arus penerangan, dan kabel ini akan menuju ke saklar dimmer.

G = kabel G "hijau" selaku massa body. Efek kabel massa di kiprok ini jikalau terputus juga sungguh fatal, dikala di kontak posisi ON motor tidak akan bereaksi meskipun dalam kondisi aki terpasang, jadi bisa diartikan mesin juga tidak sanggup di hidupkan.

R/B = kabel R/B "merah/hitam" ini dari kiprok menuju ke kontak selaku input nya (kontak). Kabel ini telah ber arus DC hasil dari pembuatan regulator.

NB : aku melakukan pengecekan pada kabel tersebut dengan aki terpasang yang haasil nya di kabel tersebut pribadi ada arus dari Aki.

Dan dikala aku melepas aki, otomatis tak ada arus jikalau motor dalam kondisi mati, tetapi dikala mesin di hidupkan, kabel merah/hitam terdapat arus 12V DC.

R/W = kabel R/W "merah/putih" ini akan menuju ke (+) aki yang lewat suatu sekring 15A. Kabel ini juga hasil dari pembuatan regulator/kiprok menjadi arus DC.

NB : pengecekan pada kabel R/W dalam kondisi motor terpasang aki, otomatis akan pribadi ada arus 12V aki. Karena memang kabel nya menuju ke sana.

Tapi dikala pengecekan kabel R/W dalam kondisi aki di lepaskan, kabel ini akan ada arus dikala kita hidupkan mesin atau menyelah-nyelah dengan kick stater nya.

Jika di motor beat FI anda mengalami sering drop aki, coba anda periksa kabel merah/putih ini mesti ada arus dikala kita selah-selah kick stater dalam kondisi aki terlepas. Karena kabel ini yang hendak mengisi Aki.

Membingungkan apa tidak sih klarifikasi saya? Pokoknya di baca secara perlahan-lahan sambil di praktekkan saja biar lebih gampang ya bro. Karena cuma segini kesanggupan aku menerangkan 🤭.

Baca juga

Sedikit bocoran, di motor Honda Beat FI usang ini sering terjadi trouble pada kabel stator atau spul nya sering putus alasannya merupakan tercepit klaim, lazimnya yang terjadi pengisian aki tidak normal, motor sering mati sendiri. Saya pernah membahas nya di postingan kabel stator Beat FI sering terjadi putus.


Munkin itu saja yang dapat aku uraikan, jikalau masih risau mari bahas di kolom komentar.

Semoga bermanfaat. Maturnuwun..

Related Posts

Posting Komentar