Laporkan Penyalahgunaan

Widget HTML Produk

Widget HTML Jasa

Diagram Tata Cara Stater Honda Vario / Beat Lama

Hallo selamat siang sedulur bengkel semua, kali ini kum3n.com akan menulis Catatan jalur kabel di metode electric stater pada motor matic Honda.

Sistem yang di gunakan pada motor matic honda ini tidak mengecewakan rumit dan tidak menyerupai motor-motor lain nya. Sistem keselamatan nya pun bagus.

Keunggulan metode stater matic Honda.

Contohnya, motor tidak sanggup di stater di saat posisi persyaratan samping.

Dan juga jalur nya melalui juga switch rem, jadi jika tidak kita tarik tuas rem, motor tidak akan sanggup di stater.

Menggunakan dua relay, satu relay biasa, yang satu relay nya berada pada CDI, fungsinya mematikan metode stater di saat mesin sudah menyala.

Dan munkin ada lagi, klo anda tahu tinggal kan komentar di bawah ya.

Diagram jalur kabel metode stater Matic Honda.


Y : kuning.
R : merah.
G : hijau.
Bl : hitam.
W : putih.

Keterangan Jalur :

R "merah". Kabel merah dari (+) aki menuju kontak yang melalui sekring 15A. Dan yang satu lagi menuju relay stater.

R/Bl "merah/hitam". Kluar dari kontak menuju sub sekring 10A, dan juga menuju relay sater dan CDI, ia akan memberi arus ke Relay dan CDI di saat kontak ON.

Bl "hitam" Kabel ini dari sekring 10A menuju metode beban, merupakan switch rem depan dan belakang.

G/Y "hijau/kuning" Kabel massa dari switch stater menuju switch rem.

Y/G "kuning/hijau" Kabel ini dari switch rem menuju CDI.

Y/R "kuning/merah" Kabel dari relay stater menuju CDI.

R/W "merah/putih" Kabel ini dari relay stater, pemberi arus pada Dinamo stelah switch stater di tekan.

G/W "hijau/putih" Kabel switc persyaratan sampaing dari CDi dan G "hijau" Adalah massa nya.

Kesimpulan nya:

Jika kita lihat dari diagram jalur stater di atas, klarifikasi simple nya. Arus sudah hingga pada relay stater dan CDI melalui kabel R/Bl

Kemudian kiprah switch stater di saat di tekan akan memberi arus kabel Y/G ke CDI.

Setelah switch di tekan, kesudahannya relay dalam CDI akan menghubungkan kabel Y/R ke Massa. Lalu relaY stater akan melakukan pekerjaan lalu memberi arus pada Dinamo melalui kabel R/W.

Apakah klarifikasi aku ada yang salah, ? Mohon di koreksi jika memang salah.

Karena memang metode nya agak ribet sih ya. Karena arus mesti melalui switch rem dan relay dalam CDI biar massa relay stater terhubung ke massa body.

Sekarang apakah munkin relay dalam CDI rusak?
Ya munkin saja, aku sudah sering menemui.

Pertanyaan nya, haruskah ganti CDI Unit? Padahal kerusakan tidak punya efek ke metode pengapian kan. Dan harga nya pun cukup mahal.

Tenang, kita sanggup mengakalinya dengan cara berikut Ini.

Cara menyiasati relay dalam CDI vario/beat usang yang rusak.

Pertama kita potong 2 kabel pada relay stater, merupakan merah/hitam dan juga kuning/merah. Dan jangan lupa amankan pake solasi.

Di soket CDi kita potong kabel kuning/hijau. Atau lepas skun pada soketnya, biar jika ingin lebih gampang jika sebuah di saat mau di ganti CDI nya.

Lalu sambungkan kabel kuning/hijau pada CDI tadi, dengan kabel merah/hitam pada soket relay stater.

Dan kabel kuning/merah pada soket relay stater kita sambungkan ke massa.

Lihat Video:


Baca juga:

Apakah kondusif dan ada efeknya pada motor?

Insyaallah aman, cuma efeknya di saat keadaan persyaratan samping double tetap sanggup berfungsi, meskipun mesin tidak sanggup menyala.

Ya meskipun dinamo berputar, namun massa CDI nya kan di putus switch persyaratan samping, jadi api nya ga ada.

Dan satu lagi, di saat mesin sudah menyala jika kita tekan switch stater, dinamo tetap akan sanggup berputar. Ya wajar, kan kita hilangkan fungsi relay yang ada dalam CDI.

Saya rasa cukup sekian pembahasan nya, sekali lagi mohon di koreksi jika ada yang salah.

Semoga bermanfaat. Matursuwun.

Related Posts

Posting Komentar