Laporkan Penyalahgunaan

Widget HTML Produk

Widget HTML Jasa

Jalur Metode Pengapian Kawasaki Ninja R 150 Kips

Jare cah enom yen ora ninja ora di cinta Lur? Piye menurutmu? Haha. Itu sih kata bawah umur muda, kalau kiprah kita selaku mekanik ya mesti menuntut ilmu metode nya, umpamanya metode pengapian nya.

Karena akan lucu kalau dikala ada ninja mogok lantaran pengapian hilang, namun kita tidak tahu jalur kabel pengapian nya.

Nah pada posting postingan kali ini, kum3n.com akan membahas jalur kabel pengapian di motor kawasaki Ninja R 150 ini, yah kita sama-sama menuntut ilmu saja. Ok.


Urutan yang mau kita bawas dari jantungnya dulu, yaitu, Stator/spul, Kiprok, CDI, dan Coil.

Ok pertama kita tunjukan gambar warna kabel yang berada di spul Ninja R 150 kips ini. Oya, dari spul ninja R 150 ada 5 kabel yang di kelompokan menjadi dua, golongan pertama merupakan selaku berikut.


Di golongan yang pertama ada 3 kabel.

Y "kuning " = kabel ini keluar dari spul selaku jalur penerangan.

W "putih" >< Bu/W "biru/putih" = kabel dari spul selaku jalur pengisian. Bl/Y "hitam/kuning" = berdungsi selaku massa body.
Catatan : amati gambar yang aku lingkari, di siru bergotong-royong ada suatu soket, nah dari ketiga kabel dari spul, cuma putih yang nerubah warna menjadi biru/putih sehabis keluar dari soket tersebut.

Kelompok kedua kabel dari spul ninja 150 R.


Di golongan ini terdapat 2 kabel. Yaitu:

W/G "putih/hijau" = kabel pulser.
W/R "putih/merah" = kabel pulser.

2 kabel tersebut berfungsi selaku pulser atau pemberi sinyal waktu pengaipan pada CDI.

Trouble yang sering terjadi pada spul:

Kaprikornus umpamanya dikala terjadi hilang pengapian maka kita tetapkan dahulu kabel putih dari spul mengeluarkan voltase listrik, lantaran kabel ini yang nantinya akan berperan penting di metode pengapian.

Apabila kabel putih telah mengeluarkan voltase pengapian namun dari coil tetap tidak ada bunga api, maka anda tetapkan juga part pulser masih melakukan pekerjaan dengan baik, untuk cara pengecekan pulser sanggup menggunakan bimbingan yang aku tulis di sini. Pengecekan pulser menggunakan Lampu Led.

Dan kalau pengapian telah normal, namun lampu depan nya yang tidak menyala, maka anda tetapkan kabel kuning dari spul mengeluarkan voltase kelistrikan.

Selanjutnya kita diskusikan Jalur kabel Kiprok Ninja 150 R.


Karena di motor ninja yang aku perbaiki ini telah di ganti soket kiproknya, dan telah di ganti menggunakan kiprok Yamaha Jupiter, jadi aku fotokan saja 4 kabel yang masuk ke pin Kiprok.

Sebenarnya kalau anda tau kegunaan tiap kabel yang masuk ke kiprok, anda sanggup menggunakan kiprok motor lain ke motor ninja ini.

Baca juga:
Warna kabel kiprok dan fungsinya.

Penjelasan gambar:

W/Bl "putih/hitam" = kabel arus 12v.
Y "kuning" = kabel lampu dari spul.
Bl/Y "hitam/kuning" = kabel massa body.
Bu/W "biru/putih" = kabel pengisian dari spul.

Trouble yang sering terjadi.

Pengapian hilang, di motor ini menggunakan CDI DC, jadi kiprok tergolong part penting di metode pengapian nya, kalau pengapian hilang, sanggup juga di sebabkan oleh kiprok.

Aki cepat rusak/drop. Nah kalau ini terjadi di motor ninja anda, tetapkan kabel putih/hitam dikala motor di selah-selah ada voltase yang keluar, dengan catatan, lepas dahulu kabel (+) aki.

Lampu depan cepat putus. Ini juga salah satu jawaban dari rusak nya kiprok, untuk mengeceknya anda sanggup menggunakan multitester kemudian colokkan probe merah ke kabel kuning kiprok, dan probe hitam ke massa, kemudian hidupkan motor dan gas agak kencang, kalau wajar voltase akan tertahan, namun kalau rusak, voltase akan naik trus hingga tak terhingga.

Kita lanjut ke kabel yang berada di soket CDI Ninja R Super kips.



Keterangan Gambar:

Bl/W "hitam/putih" = kabel dari CDI ke kontak / engine stop.
Bu/W "biru/putih" = 12v dari kiprok.
W/G "putih/hijau" = Kabel pulser dari spul.
W/R "putih/merah" = kabel pulser dari spul.
Bl/Y "hitam/kuning" = Kabel massa body.
W "putih" = kabel putih ini menuju ke coil.

Trouble yang sering terjadi.

Jika kabel putih tidak mengeluarkan percikan api, periksa kontak, sanggup jadi kendor atau konslet.

Pastikan juga kabel biru/putih telah hingga di soket CDI dikala kita selah-selah motor.

Periksa pulser juga, lantaran kadang pulser lah penyebab pengapian hilang.

Nah kalau kabel putih dari CDI telah mengeluarkan arus, namun dari coil masih tidak ada, maka kemungkinan besar masalahnya terdapat pada koil yang rusak.

Oya ini ada video jalur kabel pengapian di Ninja 150 R super kips.


Penutup:

Saya rasa cukup hingga di sini pembahasan kita di sitem pengapian Ninja R 150 ini, kalau ada yang salah dalam penulisan aku mohon koreksikan di kolom komentar.

Dan kalau ada yang di tanyakan, silahkan lewati di komentar juga.

Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Related Posts

Posting Komentar