Kali ini www.kum3n.com akan membagikan catatan pengalaman perbaikan di motor yamaha mio j YMJET FI yang brebet, sulit di hidupkan dan di saat di gas malah mati.
Seperti biasa, sebelum saya atasi trouble di motor mio j ini apalagi dahulu menanyakan history sebelum terjadi mogok terhadap pemilik kendaraan tersebut.
Untuk menanggulangi trouble sedulur yang melakukan pekerjaan di bengkel juga mesti anda biasakan menanyakan history kendaraan, mudah-mudahan kita dapat memperpendek evaluasi dan lebih gampang mendapatkan kendala nya.
Saat saya tanyakan terhadap pemilik ternyata motor mio J YMJET FI ini sudah di service beberapa hari yang lalu, dan juga di lakukan perubahan fuel pump dengan ongkos Rp 600.000,. Dan di saat di periksa dengan memutar kontak ke posisi ON memang fuel pump suara "nging" tanda nya part tersebut berfungsi.
Yah masuk akal saja ongkos segitu dengan perubahan fuel pump, yang tidak masuk akal kenapa ini motor mogok lagi. Ini akan menjadi pekerjaan yang menyibukkan alasannya yakni saya belum sudah biasa dan belum terlatih menanggulangi trouble di motor Injeksi yamaha. "pikir saya".
Ok pribadi saja ke Intinya.
Pengecekan Yamaha Mio J yang brebet sulit di hidupkan.
Untuk investigasi di Motor injeksi biasakan menyaksikan dahulu apakah ada arahan kedipan MIL kerusakan di indikator spedo.
Selengkapnya.
Kode kedipan Mil yamaha YMJET FI.
Saat saya periksa ternyata ada kedipan Mil 42 (4 kedip lama, dan 2 kedip cepat). Menurut catatan saya kedipan tersebut memamerkan kendala di metode penanda kecepatan, dan benar saja ternyata penanda kecepatan nya tidak berfungsi.
Tetapi saya pikir kerusakan tersebut tidak begitu mempengaruhi metode hingga terjadi mogok.
Selanjutnya saya lepas busi dan menentukan adanya percikan api, ternyata memang ada percikan, memiliki arti dapat di simpulkan metode pengapian aman. Dan sekaligus menentukan bahwa kompresi juga ada dengan menutup lobang busi nya.
Langkah selanjutnya pelepasan injektor untuk menyelediki apakah bensin nyembur hingga injektor apa tidak nya.
Caranya anda lepas baut 10mm di throtle body (sialnya baut di motor ini karatan dan macet, jadinya menjadi patah) dan arahkan ke kertas kering kemudian pejet stater sekali, kalau materi bakar keluar ber arti injektor aman.
Yang terjadi di motor ini injektor sudah menyemprotkan materi bakar namun kurang deras, maka saya bongkar saja injektornya.
Untuk memisahkan injektor dari throtlle body anda lepas baut 10mm dan congkel klip dengan obeng min kecil pelan-pelan. "Lihat gambar pertama di artikel ini"
Setelah terlepas congkel klip kawat yang saya tunjuk panah di gambar kedua.
Lalu ambil injektornya dengan memutar-mutar pelan hingga terlepas seumpama gambar berikut ini.
Mohon maaf gambar 2,3 saya ambil dari google alasannya yakni lupa mengabadikan nya.
Dan benar saja yang saya curigai, di lobang injektor (lihat panah di gambar 3) ada banyak kotoran yang menyumpal, mudah-mudahan semua kotoran keluar ketok-ketok saja ke tatakan kayu secara pelan-pelan.
Setelah percaya kotoran sudah tidak ada pasang kembali dengan urutan kebalikan nya.
Karena baut 10mm di motor mio j ini patah di saat di lepas, jadi saya ikat saja dengan tali tis.
Munkin kalian akan mengajukan pertanyaan kenapa tidak di drat ulang saja?
Alasanya. Saat menjajal merenggangkan baut throtle body juga teras macet, dan takut akan sama nasib nya dengan baut yang sudah patah tadi, alasannya yakni pemilik motor ini terburu-buru akan menyibukkan kalau mesti membongkar buring untuk melakukan drat ulang bukan. Yang penting komunikasikan dengan pelanggan mudah-mudahan beliau juga tau keadaan motornya.
Baca juga:
Yamaha vixio mati di saat di tarik Gas.
Akhirnya semua sudah terpasang dan hasilnya jreeng, motor nyala dengan gampang dan brebet pun hilang.
Jangan lupa test drive mudah-mudahan lebih percaya ya.
Itulah pengalaman saya menanggulangi yamaha mio j ymjet fi yang mogok.
Semoga bermanfaat.
Terimakasih.
Posting Komentar
Posting Komentar