Selamat malam, jumpa lagi dengan saya, yang telah tentu akan membahas tentang teknik sepeda motor pastinya.
Pada peluang ini kita akan membahas jalur metode pengapian di motor yamaha vega new / vega latin.
Seperti biasanya, aku akan menyediakan suatu gambar diagram biar lebih gampang di mengerti. Ok eksklusif saja berikut merupakan diagram pengapian vega new.
Keterangan warna kabel.
Spul.
Y "kuning"
W "putih"
Bl "hitam
Pulser.
R "merah"
W "putih"
Kiprok.
W "putih"
Y "kuning"
Bl "hitam"
R "merah"
CDI.
Br "coklat"
Bl "hitam"
O "orange"
R "merah"
W "putih"
Coil.
O "orange"
Bl "hitam"
Sebenarnya bagi seorang mekanik di saat menyaksikan gambar di atas akan eksklusif sanggup mengetahui jalurnya, tetapi aku akan tetap menerangkan nya.
Mari kita jelaskan dari jalur spul nya dahaulu.
Di spul terdapat 5 kabel yang di bagi menjadi 2 soket,
di soket yang pertama ada 3 kabel, yaitu:
W "putih" Kabel spul pengisian, kabel ini akan menuju ke soket kiprok. Kaprikornus apabila aki sering drop, sanggup jadi alasannya merupakan kabel putih ini putus, atau munkin alasannya merupakan spul pengisian nya lemah.
Y "kuning" Kabel spul penerangan, kabel ini juga akan menuju ke kiprok dan di cabang ke saklar lampu. Kaprikornus bila lampu anda mati, sanggup juga kabel dari spul nya putus, atau sanggup juga alasannya merupakan spul penerangan nya mati.
Bl "hitam" Ini merupakan kabel massa body menyerupai pada lazim nya motor yamaha.
Di soket yang ke dua ada 2 kabel :
W & R "putih dan merah" Ini merupakan kabel pulser yang akan menuju CDI, nah apabila pengapian hilang, sanggup jadi alasannya merupakan kabel pulser nya putus, atau sanggup juga alasannya merupakan pulser nya yang mati. Untuk pengecekan sanggup ke postingan berikut.
Pengecekan pulser.
Note : perbedaan fungsi kabel warna putih alasannya merupakan di situ ada 2, kabel putih pengisian akan mengeluarkan arus yang lebih besar dari pada putih pulser, lebih gampang nya, kabel putih pengisian akan mengeluarkan percikan api dikala di goresan ke body sambil di stater. Sedangkan putih pulser tidak.
Yang ke dua merupakan kiprok.
Kiprok berperan penting di metode pengapian DC menyerupai yamaha vega new ini, jikalau kiprok rusak akan memiliki efek ke pengisian aki dan lampu-lampu.
Sebenarnya di pin soket kiprok nya sama dengan biasanya motor yamaha lain, yaitu:
W "putih" Kabel dari spul pengisian.
R "merah" Kabel arus 12v menuju (+) aki.
Y "kuning" Kabel penerangan dari spul.
Bl "hitam" kabel massa body.
Selanjutnya kabel di soket CDI.
Br "coklat" Adalah kabel arus 12v dikala kontak On.
Bl "hitam" Kabel massa body.
O "orange" Output CDI menuju Coil.
R & W "merah dan putih" merupakan kabel pulser dari spul.
Tambahan :
Jika pengapian DC menyerupai ini tanpa menggunakan aki, rangkaian nya yakni kabel merah dari kiprok sanggup kita langsungkan ke kabel coklat CDI.
Baca juga:
Versi Video lihat di bawah sini.
Untuk motor model karbu aku rasa tidak begitu susah jalurnya, jikalau ada kasalahan penulisan atau ada yang belum sanggup di mengerti, silahkan lewati komentar.
Ok cukup sekian, mudah-mudahan bermanfaat. maturnuwun.
Posting Komentar
Posting Komentar