Selamat hari idul fitri 1439 yak, mohon maaf lahir dan batin.
Pada kali ini kita akan membahas pengecekan di motor vario CW yang suaranya garang otok otok lur.
Di motor yang saya diskusikan ini suaranya sungguh kasar, jikalau melalui depan bengkel seumpama mesin selep padi. Bisa anda bayangkan betapa garang nya.
Saat di dengarkan suaranya nyaris seumpama stang yang oblak, tetapi kenyataan di saat di bongkar ternyata berbeda.
Tanpa pikir panjang pribadi bilang ke pelanggan jikalau notor mesti di bongkar untuk perbaikan. Dengan kisaran ongkos Rp 500.000.
Ini merupakan langkah saya di saat melakukan pengecekan sebelum membongkar mesin nya:
Pertama saya buka CVT bab rumah roller nya, atau sanggup di sebut face comp, setelah di bongkar ternyata part yang saya curigai tersebut masih kondusif dan pantas di gunakan.
Cara mengubah bearing CVT di motor matic honda.
Kedua saya bongkar bab tensioner penegang kamprat nya, setelah saya ulir-ulir setelan nya juga kondusif tidak ada kendala.
Waah beneran stang ini kayaknya, pikir saya.
Dengan percaya saya bongkar mesin nya,
Baru di buka mesin atas yakni bab noken as/ klep ternyata terdapat kejanggalan. Yaitu laker noken as ambrol pelor-pelor nya. Bisa anda lihat di gambar berikut.
Di sana terlihat bab laker terpisah dari tempatnya.
Untuk mengatasinya saya ambil jalur alternatif biar menekan ongkos peebaikan. Pergantian cuma pada laker noken as nya saja, dengan ukuran 6902. Ukuran nya sama dengan laker CVT yang terdapat pada pully motor matic honda.
Untuk harga laker nya cukup murah, cuma kisaran Rp 25.000.
Baca juga:
Setelah di ganti, pemasangan pun di lakukan. Dan jreeng bunyi motor sudah halus.
Naah itulah pengalaman saya mwngatasi bunyi garang di motor vario, mudah-mudahan bermanfaat. Terimkasih.
Posting Komentar
Posting Komentar