Skema Lampu Kabin Mobil - Lampu kabin atau dome light yakni salah satu jenis penerangan yang ada pada mobil. Lampu kabin berfungsi untuk menyediakan penerangan pada ruang kabin mobil. Dengan begitu kita tetap sanggup menyaksikan dengan terang atau mencari sesuatu di saat malam hari.
Lampu kabin kendaraan beroda empat umumnya terletak pada bab atap atau plafon ruang kabin mobil. Walaupun beberapa diseri dengan lampu pada bab pintu mobil. Lampu kabin kendaraan beroda empat umumnya berwarna putih atau kuning sesuai dengan jenis kendaraan yang menggunakan.
Skema lampu kabin mobil bahwasanya sungguh sederhana. Lampu kabin kendaraan beroda empat memiliki beberapa posisi saklar tergantung kebutuhan. Saklar tersebut berisikan off, auto, dan on. Pada di saat posisi off maka lampu kabin kendaraan beroda empat tidak akan menyala. Posisi on maka lampu akan otomatis menyala secara terus menerus. Posisi auto mengakibatkan lampu kabin kendaraan beroda empat akan menyala di saat pintu di buka.
Namun acap kali lampu kabin jarang digunakan alasannya yakni terlalu silau. Walaupun begitu, lampu kabin kendaraan beroda empat tetap menjadi salah satu bab penting pada tata cara penerangan. Selain itu namanya rangkaian kelistrikan maka sanggup terjadi beberapa kerusakan pada denah lampu kabin mobil. Oleh alasannya yakni itu untuk menanggulangi banyak sekali kerusakan pada lampu kabin kendaraan beroda empat perlu dipahami skema lampu kabin mobil yang mau dibahas pada postingan berikut ini.
Fungsi Lampu Kabin Mobil (Dome Light)
Fungsi lampu kabin yakni untuk menerangi ruang kabin kendaraan beroda empat atau kendaraan di saat kondisi gelap atau malam hari. Lampu kabin membuat lebih mudah di saat mencari barang yang jatuh atau barang bawaan biar tidak ketinggalan. Apabila tanpa adanya lampu kabin kendaraan beroda empat pastinya akan menyusahkan di saat mencarii banyak sekali barang tersebut di saat kondisi minim cahaya.
Komponen Lampu Kabin Mobil (Dome Light)
Komponen pada denah lampu kabin kendaraan beroda empat bahwasanya sungguh sederhana. Untuk lebih jelasnya, berikut ialah pembahasan tentang komponen lampu kabin mobil.
1. Sumber atau Baterai
Sumber atau baterai ialah salah satu unsur penting pada rangkaian kelistrikan yang berfungsi untuk mesuplai arus listrik ke lampu kabin kendaraan beroda empat biar sanggup menyala. Sumber atau baterai lampu kabin ditemukan dari aki atau accu mobil.
2. Fuse
Fuse atau sekering ialah salah satu unsur penting pada denah lampu kabin kendaraan beroda empat yang berfungsi untuk pengaman rangkaian lampu kabin kendaraan beroda empat dari adanya konsleting listrik atau pedoman arus yang berlebihan yang sanggup mengakibatkan banyak sekali kerusakan. Fuse pada denah lampu kabin kendaraan beroda empat umumnya menjadi satu dengan fuse head unit atau tata cara audio mobil
3. Kabel
Kabel ialah salah satu unsur penting pada denah lampu kabin kendaraan beroda empat yang berfungsi selaku penghubung antar unsur pada denah lampu kabin mobil. Pada denah lampu kabin kendaraan beroda empat memiliki tiga buah kabel utama yakni + atau faktual baterai, ground, dan ground yang mengikuti pintu.
4. Saklar
Saklar ialah salah satu unsur pada denah lampu kabin kendaraan beroda empat yang berfungsi untuk menghubungkan dan memutus arus listrik yang mengalir ke lampu kabin kendaraan beroda empat biar penggunaannya sesuai dengan kebutuhan. Saklar lampu kabin kendaraan beroda empat berisikan tiga posisi yakni off yang berfungsi untuk mematikan lampu kabin mobil, on yang berfungsi untuk menyalakan lampu kabin secara terus menerus, dan auto yang berfungsi untuk menyalakan lampu kabin secara otomatis di saat pintu dibuka.
5. Lampu
Lampu yang digunakan pada lampu kabin kendaraan beroda empat umumnya memakai jenis LED atau lampu berdaya rendah lainnya. Lampu ini yang mau menciptakan cahaya untuk menerangi kabin mobil.
Skema Lampu Kabin Mobil
Skema lampu kabin kendaraan beroda empat bahwasanya sungguh sederhana. Untuk lebih terang berikut ialah pembahasan tentang skema lampu kabin mobil.
1. Skema Lampu Kabin Mobil Tanpa Delay
Pada lampu kabin persyaratan umumnya tidak ada delay di saat lampu kabin dimatikan. Untuk denah lampu kabin kendaraan beroda empat tanpa delay.
- Posisi Off, di saat posisi off maka tidak ada arus yang mengalir ke dalam denah lampu kabin mobil. Akibatnya lampu kabin tidak menyala sama sekali.
- Posisi On, di saat posisi on maka arus listrik dari baterai akan mengalir ke lampu. Akibat dari saklar yang ditempatkan on maka lampu akan terhubung dengan ground yang mau mengakibatkan lampu menyala. Ketika saklar kembali ke posisi off, maka lampu akan kembali mati alasannya yakni tidak mendapat ground.
- Posisi Auto, di saat posisi auto maka ground lampu kabin dihubungkan lewat switch pintu. Saat switch pintu dibuka maka lampu kabin akan terhubung dengan ground. Akibatnya lampu akan menyala. Namun di saat pintu ditutup maka lampu kabin kendaraan beroda empat tidak terhubung dengan ground yang mengakibatkan lampu kabin kendaraan beroda empat kembali mati.
2. Skema Lampu Kabin Mobil Dengan Delay
Namun beberapa kendaraan juga terdapat lampu kabin yang dilengkapi dengan delay. Artinya di saat lampu kabin dimatikan lampu akan tetap menyala dalam rentang waktu tertentu. Untuk lebih jelasnya berikut denah lampu kabin kendaraan beroda empat dengan delay.
Cara kerja dari denah lampu kabin kendaraan beroda empat dengan delay diatas yakni selaku berikut:- Posisi OFF, di saat posisi off maka tidak ada arus yang mengalir ke dalam denah lampu kabin mobil. Akibatnya lampu kabin tidak menyala sama sekali.
- Posisi ON, di saat posisi On maka arus akan mengalir menuju ke terminal 85 dan 86 relay serta elco atau capasitor. Akibatnya capasitor akan terisi arus tergantung kapasitas elco tersebut. Selain itu terminal 30 dan 87 relay akan terhubung sehingga lampu terhubung dengan ground sehingga lampu menyala. Saat lampu mati, arus dari kapasitor akan mengalir ke kumparan relay yang mengakibatkan terminal 30 dan 87 relay tetap terhubung sehingga lampu kabin akan tetap menyala selama kapasitor masih terdapat arus listrik.
- Posisi auto, di saat posisi auto maka arus listrik akan mengalir ke kumparan koil menuju ke transistor pnp. Ketika pintu dibuka maka transistor akan mendapat triger sehingga arus listrik akan mendapat massa. Akibatnya relay aktif dan lampu kabin mendapat ground dan menjadi menyala. Saat pintu ditutup maka relay akan tetap aktif dalam rentang waktu tertentu alasannya yakni masih ada arus yang mengalir dari kapasitor.
Diatas ialah pembahasan tentang lampu kabin mobil. Pembahasan mulai dari skema lampu kabin mobil serta cara kerjanya.
Posting Komentar
Posting Komentar