Pada kali ini kum3n akan membahas cara mengenali kerusakan di metode pengapian yamaha scorpio z 225cc.
Untuk mengenali kerusakan kita mesti tahu dahulu urutan metode pengapian di motor ini bukan.?
Maka dari itu aku akan menjajal menerangkan urutan rangkaian metode pengapian di yamaha scorpio z.
Pertama:
Kita mengecek pengapian pribadi dari spul / stator nya.
Di motor yamaha scorpio Z ini masih menggunakan metode pengapian AC atau masih menggunakan spul pengapian sendiri.
Sebenarnya metode pengapian nya hampir/ bahkan sama dengan yamaga vega usang "generasi pertama" menurut saya.
Berikut ini yakni warna kabel spul / stator yamaha scorpio Z 225 cc.
Jika di lihat ada 7 kabel.
A. Merah = pulser.
B. Putih = pulser.
C. Putih = pengisian ke kiprok.
D. Kuning = penerangan ke kiprok.
E. Hijau = massa CDI.
F. Coklat = pengapian.
G. Hitam = massa ke kiprok.
Dari data di atas sudah terang bukan fungsi dari kabel spul yamaha scorpio Z ini.
Untuk cara pengecekan spul pengapian masih manis tidak nya cukup gampang lur.
Anda ambil kabel coklat dan hijau dari spul kemudian saling ukiran sambil di stater-stater, jikalau spul manis maka akan kluar percikan api. "Mohon maaf aku tidak mempunyai data voltasenya sebab multimeter lagi rusak".
Kalau untuk mengenali metode penerangan dan pengisian tingal anda ukiran kabel kuning penerangan ke body, untuk pengisian ukiran kabel putih ke body, jikalau spul wajar akan ada percikan api di saat di ukiran ke body sambil di selah-selah.
Dan untuk pengecekan pulser mesti menggunakan Avometer, ambil 2 kabel yakni putih pulser dan merah pulser kemudian colokan multi di skala Volt Ac paling kecil, jikalau pulser wajar maka jarum akan bergerak.
Trouble yang aku temui.
Spul pengapian di saat aku test tidak ada percikan Api. Setelah aku bongkar spul sudah di ganti milik Force 1. Karena dudukan yang orisinil tidak ada jadi tidak dapat di spulkan pikir saya. Makara aku carikan spul yang serupa dengan terpasang di motor ini.
Tetapi sebab di toko onderdil adanya spul milik yamaha FIZ jadi tetap aku pasang, dan ternyata spul tidak besar lengan berkuasa lama, aku test cuma bisa jalan ± 1km kemudian mogok. Sudah dua kali aku ganti spul FIZ balasannya sama.
Setelah nyaris stress aku menjajal pergi ke tukang spul langganan, dan ternyata ia bisa menyepul ulang namun dia minta di las dahulu dudukan nya sebab tidak dapat kencang posisinya. Makara akan oblak di saat tergesek-gesek. Oya aku las dudukan dengan las listrik, namun hati-hati ya jangan hingga spul kebakar.
Setelah aku las dan di spul balasannya waw, pengapian sungguh besar, dan percaya niscaya tahan usang lur.
Kesimpulan nya jangan hingga anda mengubah spul pengapian scorpio dengan spul pengapian milik force 1 atau Fiz, sebab akan percuma saja, spul tidak akan kuat.
Kembali ke topik.
Yang ke dua.
pengecekan pengapian berikutnya yakni CDI AC scorpio Z.
Agar lebih gampang lihat dahulu gambar kabel CDI berikut.
A. Orange = ke koil.
B. Coklat = kabel pengapian dari spul.
C. Hitam/putih = ke kontak.
D. Hijau = massa CDI.
E. Kuning/putih = massa body "saya bingung, semestinya ini warna hitam".
F. Merah = pulser.
G. Kosong.
H. Putih = pulser.
Untuk rangkaian nya cukup pasang kabel-kabel dari spul yang warna nya sama,
jikalau mau mengetes CDI masih manis tidak nya, anda ambil kabel orange kemudian ukiran ke body sambil di selah-selah, jikalau CDI manis akan ada percikan api.
Dan apabila spul, CDI di test sudah ok, berikutnya tinggal pasang kabel orange ke input coil kemudian coba periksa apakah coil sudah memercikan bunga api.
Jika tidak ada percikan bisa di bilang coil anda rusak.
Itulah rangkaian pengapian di motor scorpio z 225cc, supaya bermanfaat, jikalau ada yang risau bisa di tanyakan kolom komentar. Terimakasih.
Posting Komentar
Posting Komentar