Laporkan Penyalahgunaan

Widget HTML Produk

Widget HTML Jasa

Struktur Dan Fungsi Komponen Kepala Silinder

Kali ini kita akan membahas unsur elemen yang ada di kepala silinder dan fungsi dari unsur itu sendiri.

Oke eksklusif saja simak ulasan di bawah ini:


Katup

   Yang pertama kita diskusikan unsur katup (klep), fungsi unsur ini yakni membuka dan menutup intake/exhaust port. Katup terbuka sesaat alasannya yakni ada dorongan dari rocker arm di saat cam berputar, kemudian menutup kembali alasannya yakni ada gaya bertentangan dari pegas katup untuk mempertahankan ruang pembakaran kedap udara.

   Katup in dan ex di masukkan kedalam peluncur katup yang di pasang di dalam kepala silinder. Katup ini bergerak dengan kecepatan tinggi pada suhu dan dalam keadaan bertekanan tinggi. Maka dari itu di butuhkan material yang kuat, tahan panas, tahan aus, dan kedap udara di dudukan katup sehingga memiliki konduktifitas termal yang baik.

• pegas katup (valve spring)

   Pegas katup berfungsi menangkal kebocoran kompresi dengan menekan katup ke posisi tertutup.
Beberapa versi menggunakan pegas dengan pitch yang tidak sama. Dan ada juga yang menggunakan pegas ganda, sepasang pegas (pegas bab dalam dan luar) dengan konstan berbeda.

penahan pegas
   Penahan pegas yakni unsur berupa cincin yang memiliki lubang runcing atau miring (tapper) di tengah nya, dimana valve coter terpasang.

• valve cotter

   Valve cotter yakni unsur berupa baji yang berfungsi menghubungkan penahan pegas dan katup. Kompone ini terpasang dan terdorong di penahan pegas alasannya yakni gaya dari pegas, sehingga valve cotter menekan dan menahan tangkai katup.
   Untuk memasang atau melepas valve cotter di butuhkan alat khusus yang di konsep untuk menekan pegas katup di sebut valve spring compressor

dudukan pegas (spring seat)

   Dudukan pegas berada di antara pegas katup dan kepala silinder, fungsinya menangkal kepala silinder aluminium bersinggungan dengan pegas yang sanggup menyebabkan keausan.

• stem seal

   Stem seal atau seal klep fungsinya menangkal oli masuk ke dalam clearance antara tangkai katup (valve stem) dan peluncur katup (valve guide), yang sanggup menyebabkan kebocoran oli dalam ruang bakar

• peluncur katup (valve guide)

   Peluncur katup yakni unsur tubular yang memegang tangkai katup.
Komponen ini di pasang dalam kepala silinder, bidang kontak nya dengan tangkai katup di lumasi dengan oli yang di kendali oleh stem seal.

• dudukan katup (valve seat)

   Ketika katup tertutup dengan kekuatan pegas, dudukan katup bersinggungan dengan permukaan katup (valve face) untuk menutup ruang pembakaran.

• camshaft

   Komponen ini berfungsi menggerak kan rocker arm dan merubah gerakan putaran pada cam dengan garakan bolak balik pada rocker arm yang menekan katup.
Camshaft berputar dengan tenaga dari crankshaft lewat cam chain dan unsur lain nya.

   Camshaft dengan dekompresor otomatis. Beberapa versi menggunakan suatu camshaft dengan decompresor otomatis untuk menghemat kekuatan pedal pada kick stater (mengurangi beban di saat permulaan stater). Komponen ini berfungsi membuka sedikit katup ex yang semula tertutup di saat proses kompresi biar tekanan berkurang.

• rocker arm

   Rocker arm berfungsi untuk menekan valve . Komponen ini berisi prosedur penyetelan valve clearance (jarak renggang katup).
   Jenis rocker ada 2 yaitu: jenis slipper yang sederhana dan jenis roller yang memiliki ganjal dan roller di slipper tersebut.

• cam sprocket

   Cam sprocket melekat pada camshaft dan memindahkan putaran crankshaft ke camshaft. Daya dari crankshaft di alihkan lewat cam chain.

• gasket kepala silinder

  Komponen ini di pasang antara silinder dan kepala silinder, gasket ini memiliki peranan penting dalam menangkal kebocoran gas pembakaran dan oli mesin. Gasket kepala silinder mesti tahan panas dan tekanan, lazimnya unsur ini yang dibikin dari satu atau lebih lembar baja tipis dengan lapisan khusus.

    Itulah struktur unsur kepala silinder dan fungsinya, mudah-mudahan bermanfaat, terimakasih.

Related Posts

Posting Komentar