Laporkan Penyalahgunaan

Widget HTML Produk

Widget HTML Jasa

Cara Kerja Sensor Iacv Dan Cara Investigasi Mil 29

Kali ini Kum3n.com akan membahas wacana IACV lur, and sudah tau kan Cara kerjanya, nanti Kita akan jelaskan di bawah.


oya, IACV terdapat pada motor All new CB 150 Dan all new Sonic. Vario 150, pcx Dan motor pgm fi lain nya. namun jangan Salah, IACV juga sudah terdapat pada motor karbunya Honda, yakni Varian matic nya seumpama All Vario, beat Dan spacy.

Throttle CB 150

Letak perbedaan IACV Di motor honda all new CB Dan Sonic merupakan kalau di motor ini sudah di otomatis kan semua, jadi Kita tidak sanggup menyetel mode langsam atau stasioner nya, lantaran stelan idle screw sudah di  hilangkan. Tetapi kalua di motor lain misalnya vario 150 Kita masih sanggup menyetel langsam nya dengan memutar Idle screw di throttle body.

Penjelasan wacana IACV

IACV sensor atau Idle Air Control Valve merupakan katup pengatur udara di saat kondisi motor dalam kondisi langsam (stasioner). Katup ini berfungsi layaknya choke pada motor karburator yang fungsinya untuk menghasilkan adonan materi bakar lebih kaya mudah-mudahan mesin lebih gampang menyala di saat kondisi dingin.

Cara kerja IACV berhubungan dengan sensor pembaca suhu mesin yakni EOT/ECT, di saat EOT/ECT membaca suhu mesin masih hirau taacuh maka EOT/ECT mengutus ECU untuk mengoptimalkan RPM dan mengaktifkan IACV, dan sebaliknya, kalau EOT pembaca suhu mesin sudah pantas digunakan maka EOT akan mengutus ECU untuk menurunkan RPM ke kondisi idle langsam (stasioner) dan menonaktifkan IACV.

Selain berfungsi selaku choke otomatis IACV juga berfungsi mudah-mudahan mesin awet. Karena begini, Bahwa kerusakan mesin banyak disebabkan pada di saat mesin pertama kali dinyalakan. Karena di saat mesin usang today di nyalakan atau berhenti lama, oli dalam mesin akan turun kebawah karna adanya gaya gravitasi. sehingga kondisi head minim oli, sanggup di bayangkan di saat head dan piston minim oli trus dipaksa bergesekan. elemen akan cepat aus karna besarnya gesekan, Dan mudah-mudahan oli cepat naik ke head di perlukan 1500-2000 RPM.

Oleh lantaran itulah sensor IACV yang melakukan pekerjaan mengoptimalkan RPM di saat mesin hirau taacuh dan pertama kali menyalakan mesin, ini berniat untuk mempercepat naiknya oli dan meminimalkan keausan mesin. Karena dengan kondisi langsam (stasioner) yang tinggi oli akan cepat naik keseluruh pecahan mesin dan head.

Di bawah ini Kita juga akan membahas Cara investigasi kalau IACV rusak, lazimnya kalau ini terjadi di tandai dengan kedipan MIL 29, namun terkada yang terjadi pada sepeda motor :
  • RPM tidak mau turun.
  • Motor brebet.
  • Susah di hidupkan di saat mesin dalam kondisi dingin.
  • Stasioner tidak rata atau Naik turun.
Berikut Cara pengecekan DTC MIL 29 sensor IACV All new CB Dan sonic

Diagram sensor IACV
  1. pemeriksaan sensor IACV
  • Priksa IACV dengan MCS apakah DTC 29 terindikasi? Tidak : intermittentfailure (putus nyambung)k
  • kontak yang longgar atau tidak baik pada konektor Apabila ada DTC 29 lanjut ke langkah ke 2 
   2. Periksa rangkaian IACV.
  • Periksa dari adanya kekerabatan arus terbuka atau pendek pada kabel But/W, Br/Bu Dan But/Bl. apakah ada rangkaian terbuka atau kekerabatan pendek? jika
  • Ya; kabel B/w, Br/Bu atau Bu/Bl rusak Dan apabila tidak terdeteksi rangkaian konsleting maka lanjut ke langkah ke 3.
   3. investigasi tahanan sensor IACV.
  • hubungan : A-D, B-C apakah tahanan antara 110-150 ohm di suhu 25° C? apabila tahanan tidak cocok maka IAcV rusak. namun kalau tahanan sesuai maka lanjut ke investigasi selanjutnya.
   4. investigasi kekerabatan pendek IAcV
  •  hubungan A-B, C-D apabila ada kontinuitas maka IACV rusak, namun kalau tidak ada kontinuitas maka ganti ECm yang masih dalam kondisi baik Lalu periksa Ulang.

Itulah klarifikasi metode sensor IACV Dan Cara investigasi kedipan MiL 29 sensor IACV pada all new CB Dan sonic. Semoga berharga terimakasih.

Related Posts

Posting Komentar