Magnetic Clutch atau Kopling Magnet - Magnetic clutch adalah salah satu komponen pada metode AC. Fungsi magnetic clutch merupakan untuk menghubungkan putaran mesin dengan poros kompresor AC. Dengan begitu kompresor sanggup melakukan pekerjaan menghisap dan menekan freon atau refrigerant mudah-mudahan sanggup bersirkulasi didalam metode AC.
Magnetic clutch terletak didepan kompresor dan menjadi satu dengan pully kompresor. Pulley kompresor ini akan terhubung dengan pulley mesin. Oleh sebab itu di saat mesin menyala maka otomatis pulley kompresor akan ikut berputar. Namun putaran ini tidak diteruskan ke poros kompresor. Oleh sebab itu kompresor AC belum bekerja.
Magnetic clutch atau kopling magnet berisikan beberapa bagian. Komponen magnetic clutch ini berisikan pressure plate, pulley, dan solenoid. Ketiga komponen magnetic clutch tersebut memiliki kiprah dan fungsi masing-masing sehingga kompresor sanggup berputar dan melakukan pekerjaan untuk memompa freon atau refrigerant.
Cara kerja magnetic clutch sebenarnya sungguh sederhana. Magnetic clutch akan melakukan pekerjaan dengan mempergunakan elektromagnet yang ditimbulkan oleh solenoid. Akibat adanya elektromagnet yang ditimbulkan oleh solenoid akan menghubungkan plate dengan pulley sehingga keduanya akan berputar secara bersamaan. Plate dihubungkan dengan poros kompresor. Oleh sebab itu kompresor mampu melakukan pekerjaan memompa freon.
Untuk lebih jelasnya, semua hal tersebut akan dibahas pada postingan berikut ini. Apa fungsi magnetic clutch? Apa saja komponen magnetic clutch? Bagaimana cara kerja magnetic clutch?
Fungsi Magnetic Clutch
Fungsi magnetic clutch merupakan untuk menghubungkan putaran mesin ke kompresor AC sehingga mampu melakukan pekerjaan untuk memompa freon mudah-mudahan sanggup bersirkulasi didalam metode AC. Proses penghubungan dan pemutusan putaran mesin ke kompresor mempergunakan elektromagnet yang muncul atau dihasilkan oleh solenoid valve.
Apabila solenoid dialiri arus listrik maka akan muncul kemagnetan sehingga putaran dari pulley akan diteruskan ke poros kompresor lewat pressure plate. Sementara itu apabila solenoid tidak dialiri arus listrik maka kemagnetan akan hilang sehingga memicu putaran dari pulley tidak diteruskan ke poros kompresor.
Komponen Magnetic Clutch
Mangetic clutch berisikan beberapa komponen. Setiap komponen magnetic clutch memiliki kegunaan dan kiprah sendiri-sendiri. Untuk lebih jelasnya berikut merupakan komponen magnetic clutch.
1. Solenoid
Solenoid, merupakan salah satu komponen magnetic clutch yang memiliki kegunaan untuk bikin elektromagnetic yang berkhasiat mudah-mudahan pressure plate melekat pada pulley. Medan magnet akan muncul apabila ada arus listrik yang mengalir ke solenoid. Aliran arus listrik ini diatur lewat saklar AC.
2. Pressure Plate
Pressure Plate, merupakan salah satu komponen magnetic clutch yang memiliki kegunaan untuk menghubungkan poros kompresor dengan pulley. Pressure plate terhubung dengan poros kompresor lewat alur yang terdapat pada pecahan tengah presure plate. Oleh sebab itu, apabila terjadi kemagnetan pada solenoid maka pressure plate akan kesengsem dan melekat pada pulley. Hal ini yang memicu kompresor ikut berputar dan melakukan pekerjaan untuk memompa freon atau refrigerant.
3. Pulley
Pulley, merupakan salah satu komponen magnetic clutch yang memiliki kegunaan untuk meneruskan putaran mesin untuk memutar pressure plate dan poros kompresor. Pulley akan terus berputar mengikuti putaran mesin. Semakin cepat mesin berputar maka pulley juga akan makin cepat. Sebaliknya makin lambat putaran mesin maka pulley akan berputar lambat.
4. Pegas Pengembali
Plat Pegas Pengembali, merupakan salah satu komponen magnetic clutch yang menjadi satu pecahan dengan pressure plate. Plat pegas pengembali memiliki kegunaan untuk mengembalikan posisi plat penekan di saat kemagnetan pada solenoid hilang. Hal ini untuk menghambat kompresor tetap melakukan pekerjaan di saat switch AC telah dimatikan.
Cara Kerja Magnetic Clutch
Cara kerja magnetic clutch sebenarnya sungguh sederhana. Magnetic clutch cuma mempergunakan elektromagnet untuk menawan plat mudah-mudahan melekat pada plat lain sehingga keduanya saling berafiliasi satu dengan lainnya dan meneruskan putaran dari mesin ke poros kompresor AC. Hal ini yang memicu kompresor sanggup bekerja.
Saat sakelar atau switch AC di On kan atau dinyalakan maka arus akan mengalir menuju solenoid magnetic clutch. Pada di saat tersebut maka akan muncul kemagnetan pada solenoid tersebut. Kemagnetan ini muncul akhir gaya elektromagnetic pada solenoid. Akibat gaya magnet yang besar lengan berkuasa maka pressure plate akan kesengsem dan melekat pada pulley.
Saat pressure plate dan pulley melekat atau saling berafiliasi satu dengan lainnya maka putaran dari mesin akan diteruskan ke poros kompresor. Hal ini terjadi sebab pulley terhubung dengan pulley crankshaft menggunakan fan belt. Sementara pressure plate terhubung pribadi dengan poros kompresor. Kompresor AC akan menghisap dan menekan freon mudah-mudahan sanggup bersirkulasi. Putaran kompresor akan sama dengan putaran mesin.
Saat saklar atau switch AC di matikan maka arus yang semula mengalir ke solenoid magnetic clutch akan terhenti. Akibatnya medan magnet yang dihasilkan oleh solenoid akan hilang. Pressure plate akan kembali ke posisinya akhir plat pegas pengembali.
Terlepasnya pressure plate dari pulley akan memicu putaran mesin tidak diteruskan ke poros kompresor. Akibatnya putaran mesin tidak diteruskan ke poros kompresor. Hal ini yang memicu kompresor tidak melakukan pekerjaan sehingga freon tidak bersirkulasi didalam metode AC. Pulley akan berputar bebas sebab tidak terhubung dengan pressure plate.
Selain menggunakan switch AC, pemutusan dan penghubungan putaran mesin ke poros kompresor juga diatur oleh thermistor. Hal ini untuk menyesuaikan suhu kabin mudah-mudahan sesuai dengan impian pengemudi. Kopling magnet akan terhubung dan terputus beberapa kali.
Diatas merupakan pembahasan perihal magnetic clutch atau kopling magnet AC. Pembahasan mulai dari fungsi magnetic clutch, komponen magnetic clutch, dan cara kerja magnetic clutch.
Posting Komentar
Posting Komentar