Idle Speed Control atau ISC - Idle speed control (ISC) adalah salah satu aktuator yang terdapat pada tata cara EFI. Fungsi idle speed control (ISC) yakni untuk mengendalikan banyak minimal udara yang masuk lewat idle port dikala katup throtle tertutup penuh. Hal ini berfungsi untuk mengendalikan kecepatan mesin dikala idle atau stationer.
Idle speed control atau yang lebih dipahami dengan ISC biasanya terdapat pada throttle body. Idle speed control (ISC) biasanya melekat pada bodi throttle bodi. Dengan begitu maka idle speed control atau ISC sanggup melakukan pekerjaan sesuai dengan fungsinya.
Idle speed control atau yang lebih dipahami dengan ISC biasanya terdapat pada throttle body. Idle speed control (ISC) biasanya melekat pada bodi throttle bodi. Dengan begitu maka idle speed control atau ISC sanggup melakukan pekerjaan sesuai dengan fungsinya.
Pada lazimnya idle speed control (ISC) ialah pengganti skrup penyetel yang dipakai pada tata cara materi bakar konvensional karburator. Skrup penyetel tersebut yakni idle speed air screw (ISAS) dan idle mixture air screw (IMAS). Skrup ini mesti dikontrol secara konvensional menggunakan obeng. Oleh alasannya itu pada tata cara EFI, kedua skrup penyetel ini diganti otomatis menggunakan idle speed control (ISC) yang hendak bersinergi dengan ECU.
Cara kerja idle speed control (ISC) bersamaan sungguh sederhana. Idle speed control (ISC) melakukan pekerjaan dengan kendali dari ECU. Informasi dari aneka macam sensor-sensor yang ada disistem EFI akan dimasak dan dipakai untuk mengontrol kerja dari idle speed control (ISC). Idle speed control atau ISC bersamaan cuma menyerupai katup bypass yang hendak membuka untuk mengontrol banyaknya udara yang masuk kedalam intake manifold di saat katup throttle menutup penuh. Seberapa besar pembukaann idle speed control (ISC) tergantung seberapa besar hasil perkiraan ECU menurut aneka macam isu dari sensor-sensor tata cara EFI.
Tanpa adanya idle speed control (ISC), maka kecepatan idle atau stationer mesin tidak sanggup dikontrol sesuai dengan keadaan beban mesin. Oleh alasannya itu, efisiensi mesin akan berkurang. Mengingat hal pentingnya tugas aktuator EFI satu ini maka perlu dipelajari lebih lanjut. Apa fungsi idle speed control? Apa saja jenis idle speed control? Bagaimana cara kerja idle speed control? Semua hal tersebut akan dibahas pada postingan berikut ini.
Fungsi Idle Speed Control (ISC)
Fungsi idle speed control bersamaan ada beberapa. Namun untuk memperjelas tentang fungsi idle speed control (ISC) akan dibahas berikut ini.
- Fungsi idle speed control (ISC) yang pertama yakni untuk mengendalikan jumlah udara yang masuk dikala katup throttle tertutup sarat (saat mesin yang tidak digas).
- Untuk mengendalikan kecepatan mesin (RPM) pada dikala mesin dalam keadaan dingin, beban bertambah (AC hidup), beban elektrical bertambah, dan lain sebagainya.
- Untuk mempertahankan kestabilan putaran mesin pada dikala kecepatan idle atau stationer.
Jenis Idle Speed Control (ISC)
Idle speed control berisikan aneka macam jenis. Untuk lebih jelasnya, berikut ialah jenis idle speed control yang banyak dipakai pada kendaraan.
1. ISC Valve Jenis Stepper Motor
ISC Valve Jenis Stepper Motor, ialah salah satu jenis idle speed control atau ISC yang menggunakan motor stepper. Motor stepper dikontrol eksklusif oleh ECU untuk menyeleksi seberapa besar pembukaan katup ISC. Besar kecilnya pembukaan katup ISC ini yang hendak mengendalikan banyaknya udara yang masuk ke intake manifold untuk mengendalikan kecepatan idle atau stationer. ECU akan mewakilkan motor stepper biar berputar yang hendak menawan batang katup bypass biar membuka.
2. ISC Valve Jenis Duty Control
ISC Valve Jenis Duty Control, ialah salah satu jenis idle speed control atau ISC yang solenoid untuk menghidupkan kemagnetan untuk membuka katup bypass dan pegas pengembali untuk mengembalikan posisi katup bypass. Namun pada lazimnya ISC tipe duty control cuma berfungsi di saat beban mesin bertambah di saat AC menyala atau beban kelistrikan.
3. ISC Valve Jenis VSV Control
ISC Valve Jenis VSV Control, ialah salah satu jenis idle speed control atau ISC yang mempergunakan vacuum switching valve atau katup yang hendak melakukan pekerjaan dengan mempergunakan kevakuman yang ada pada intake manifold. Sebenarnya secara cara kerja nyaris sama dengan ISC tipe duty control. Perbedaannya cuma terletak pada sinyal input untuk membuka katup bypass.
4. ISC Valve Jenis Rotary Solenoid Control
ISC Valve Jenis Rotary Solenoid Control, ialah salah satu jenis idle speed control atau ISC yang menggunakan rotary solenoid untuk mengendalikan pembukaan katup bypass. Sebenarnya secara cara kerja, ISC tipe rotary solenoid control nyaris sama dengan ISC tipe motor stepper. Perbedaannya cuma terletak pada motor penggeraknya saja. Ketika ECU mengantarkan tegangan maka akan menghidupkan kemagnetan pada solenoid valve yang hendak memutar motor untuk membuka katup bypass.
Cara Kerja Idle Speed Control (ISC)
Cara kerja idle speed control (ISC) mempergunakan rangkaian elektro biar pengontrolan kecepatan idle sanggup berlangsung secara otomatis sesuai dengan keperluan mesin. Idle speed sensor (ISC) melakukan pekerjaan dengan mempergunakan katup bypass yang hendak membuka dan menutup secara otomatis menurut kendali dari ECU.
ECU akan menemukan isu atau data-data yang berasal dari aneka macam sensor yang terdapat pada mesin menyerupai mass air flow, crankshaft position, throttle position, engine coolant temperature, dan AC pressure. Semua isu dari sensor-sensor tersebut akan dimasak oleh ECU (idle air controller).
Pada sensor TPS akan mengantarkan sinyal berupa tegangan ke ECU. Apabila katup throttle menutup sarat maka tegangan yang diantarkan ke ECU sebesar 4,8-4,9 volt dan akan makin turun apabila katup throttle akan makin menurun. Oleh alasannya itu idle speed control (ISC) akan melakukan pekerjaan apabila ECU menemukan tegangan dari TPS sebesar 4,8-4,9 volt yang mengambarkan katup throttle menutup penuh.
Namun disamping itu masih ada lagi informasi-informasi lain dari aneka macam sensor yang ada pada kendaraan untuk menyeleksi keperluan idle speed mesin. ECU akan mengantarkan tegangan dengan nilai tertentu ke idle speed control (ISC). Besar kecilnya nilai sinyal tergantung tergantung dari isu yang ditemukan oleh ECU dari aneka macam sensor yang ada dikendaraan. Ketika kendaraan memerlukan idle speed yang tinggi maka tegangan yang diantarkan ke idle speed control akan tinggi juga. Sebaliknya apabila keperluan idle speed mesin kecil, maka sinyal tegangan dari ECU juga akan kecil.
1. Saat Mesin Idling Tanpa Beban
Ketika mesin berputar dalam keadaan idle atau stasioner dan tanpa beban, posisi katup bypas akan tertutup penuh. Aliran udara cuma akan mengalir lewat lubang speed adjusting screw (untuk tipe lama). Namun untuk tata cara EFI terbaru, di saat katup throttle menutup sarat maka idle speed control akan membuka sedikit selaku kanal udara. Hal ini untuk mempertahankan putaran idling atau stasioner mesin menurut keperluan mesin (mesin dingin, ac hidup, dan beban kelistrikan) sehingga mesin tidak mati.
2. Saat Mesin Idling Dengan Beban
Ketika mesin berputar dalam keadaan idle atau stasioner dan memperoleh beban menyerupai AC menyala, beban kelistrikan menyala, dan lain sebagainya maka ECU akan menampilkan sinyal tegangan yang lebih tinggi sehingga katup bypass yang terdapat pada idle speed control (ISC) membuka lebih lebar tergantung besarnya beban yang terdapat pada mesin. Hal ini pastinya akan mensugesti jumlah udara yang masuk kedalam intake manifold. Semakin banyak udara yang masuk maka idle speed akan naik sehingga mesin tidak mati respon beban mesin.
Pembukaan katup bypass yang terdapat pada idle speed control dikontrol sepenuhnya oleh ECU menurut aneka macam isu yang ditemukan dari sensor-sensor mesin. Cara pembukaan katup bypass tergantung jenis idle speed control yang digunakan. Apabila menggunakan motor stepper maka pembukaan tergantung menurut gerakan putar pada motor stepper. Apabila idle speed control tipe vsv yang dipakai maka pembukaan katup bypass tergantung pada kevakuman intake manifold yang dideteksi oleh vacuum switching valve dan lain sebagainya.
Diatas ialah pembahasan tentang idle speed control (ISC). Pembahasan tentang fungsi idle speed control, jenis idle speed control, dan cara kerja idle speed control.
Posting Komentar
Posting Komentar