Laporkan Penyalahgunaan

Widget HTML Produk

Widget HTML Jasa

Mengenal Kepala Silinder (Fungsi Dan Komponen)

Fungsi dan Komponen Kepala Silinder - Kepala silinder atau head cylinder adalah salah satu unsur utama mesin. Fungsi kepala silinder adalah selaku dudukan unsur mesin lain dan pembentuk ruang bakar bareng dengan blok silinder. Selain fungsi tersebut terdapat banyak sekali fungsi lain dari kepala silinder.

Kepala cylinder atau head cylinder terletak pada belahan atas blok. Kepala silinder dibaut menjadi satu dengan blok silinder. Kepala silinder mesti memiliki ketahanan temperatur dan tekanan yang sungguh tinggi selama mesin bekerja. Oleh alasannya yakni itu kepala silinder yang dibikin dari adonan alumunium alloy dan banyak sekali adonan logam lain yang memperkuat konstruksi kepala silinder.

Untuk menyanggupi banyak sekali fungsi dari kepala silinder maka kepala cylinder tersusun dari beberapa unsur didalamnya. Komponen kepala silinder ini berisikan poros nok atau camshaft, katup, pegas, rocker arm, dan lain sebagainya. Semua unsur kepala silinder tersebut memiliki kegunaan dan tugas masin-masing.

Kepala silinder sungguh menghipnotis kinerja mesin. Pada kepala silinder banyak sekali unsur yang ada didalamnya akan mengontrol banyaknya adonan udara dan materi infinit yang masuk (mesin konvensional) atau udara (EFI) untuk mengontrol proses pembakaran mesin. Selain itu kepala silinder gotong royong dengan blok silindr membentuk volume ruang bakar yang menghipnotis kompresi mesin.

Mengingat kepala silinder memiliki banyak sekali peranan penting. Maka diinginkan pembahasan mendalam tentang kepala silinder. Apa fungsi kepala silinder? Apa saja komponen kepala silinder? Semua hal tersebut akan dibahas pada postingan berikut ini.

Fungsi Kepala Silinder (Head Cylinder)

Kepala silinder atau head cylinder memiliki beberapa fungsi. Untuk lebih jelasnya, berikut ialah fungsi kepala silinder.

1. Sebagai Tempat Pembakaran Campuran Bahan Bakar dan Udara

Fungsi kepala silinder yang pertama yakni selaku kawasan pembakaran adonan materi bakar dan udara. Kepala silinder bareng dengan blok silinder membentuk ruang bakar. Oleh alasannya yakni itu proses pembakaran dari adonan materi bakar dan udara terjadi pada ruang bakar ini. Bentuk ruang bakar berbeda-beda satu dengan yang lain. Hal ini diubahsuaikan dengan karakteristik mesin biar proses pembakaran terjadi secara maksimal, maka tenaga yang dihasilkan pun akan menjadi maksimal.

2. Sebagai Tempat Pemasangan atau Dudukan Mekanisme Katup

Fungsi kepala silinder yang kedua yakni selaku kawasan pemasangan atau dudukan prosedur katup. Kepala silinder juga berfungsi selaku dudukan kawasan pemasangan prosedur katup. Mekanisme katup sendiri ialah suatu prosedur yang mana mengontrol proses pembukaan dan penutupan katup diubahsuaikan dengan langkah kerja mesin. Mekanisme katup sendiri majemuk yakni SOHC, DOHC, OHV, dan lain sebagainya. Komponen prosedur katup yang dipasang pada kepala silinder diatantaranya yaitu, katup, rocker arm, camshaft, pegas katup, dan lain sebagainya.

3. Sebagai Tempat atau Dudukan Pemasangan Busi atau Spark Plug

Fungsi kepala silinder yang ketiga yakni selaku kawasan atau dudukan pemasangan busi atau spark plug. Busi dipasangkan pada kepala silinder pribadi menghadap ke ruang bakar. Busi atau spark plug inilah yang mau menyebabkan terjadinya proses pembakaran dengan membuat percikan bunga api.

4. Sebagai Tempat atau Dudukan Saluran Masuk (Intake) dan Saluran Buang (Exhaust)

Fungsi kepala silinder yang keempat yakni selaku kawasan atau dudukan kanal masuk (intake) dan kanal buang (exhaust). Katup IN maupun katup EX terpasang pada kepala silinder. Oleh alasannya yakni itu, baik kanal masuk maupun kanal keluar mesti melekat pada kepala silinder. Saluran masuk atau intake manifold akan mengalirkan udara higienis kedalam ruang bakar. Sementara itu kanal keluar atau exhaust manifold akan menyalurkan gas sisa hasil pembakaran keluar menuju ke kanal knalpot kendaraan.

5. Sebagai Tempat atau Saluran Air Pendingin Melalui Water Jacket

Fungsi kepala silinder yang kelima yakni selaku kawasan atau kanal air pendingin lewat water jacket. Kepala silinder membentuk ruang bakar dengan blok silinder. Oleh alasannya yakni itu, kepala silinder juga mesti memiliki ketahanan kepada temperatur dan tekanan yang tinggi. Untuk menyingkir dari terjadinya overheating maka pada kepala silinder terdapat kanal air pendingin atau water jacket untuk menyerap panas berlebihan yang ada di kepala silinder.

6. Sebagai Tempat atau Saluran Oli Pelumas

Fungsi kepala silinder yang keenam yakni selaku kawasan atau kanal oli pelumas. Didalam kepala silinder terdapat kanal oli atau oil main gallery yang berfungsi untuk menyalurkan minyak pelumas ke banyak sekali unsur yang membutuhkan. Hal ini untuk menghambat terjadinya keausan berlebih pada prosedur katup yang terpasang pada kepala silinder.

Komponen Kepala Silinder (Head Cylinder)

Kepala silinder atau head cylinder berisikan beberapa komponen. Untuk lebih jelasnya berikut ialah komponen kepala silinder dan fungsinya.
adalah selaku  dudukan unsur mesin lain dan pembentuk ruang bakar bareng  dengan blok s Mengenal Kepala Silinder (Fungsi dan Komponen)

1. Intake Valve

Intake valve ialah salah satu unsur kepala silinder yang memiliki kegunaan selaku pintu masuk udara ke ruang bakar. Intake valve memiliki ukuran yang lebih besar dikarenakan untuk memasukkan udara (EFI) atau adonan udara dan materi bakar (karburator).

2. Exhaust Valve

Exhaust valve ialah salah satu unsur kepala silinder yang memiliki kegunaan selaku pintu keluarnya gas sisa pembakaran. Exhaust valve memiliki ukuran yang lebih kecil dari intake valve biar adonan materi bakar dan udara tidak ikut keluar pada di saat langkah buang.

3. Poros Nok atau Camshaft

Poros nok atau camshaft ialah salah satu unsur kepala silinder yang memiliki kegunaan untuk menekan valve lifter untuk mengontrol pembukaan dan penutupan katup baik katup hisap maupun katup buang. Camshaft diubahsuaikan dengan timing dari langkah kerja mesin kendaraan. Hal ini memiliki kegunaan biar katup membuka dan menutup sesuai dengan keperluan mesin.

4. Pegas Katup atau Valve Spring

Pegas katup atau valve spring ialah salah satu unsur kepala silinder yang memiliki kegunaan untuk menahan posisi katup biar tetap dalam kondisi tertutup. Pegas katup akan menekan katup biar senantiasa kesengsem keatas dan melekat tepat pada dudukan katup sehingga tidak ada celah antara dudukan katup dengan belahan kepala katup.

5. Valve Lifter

Valve lifter ialah salah satu unsur kepala silinder yang memiliki kegunaan untuk meneruskan tekanan dari camshaft ke rocker arm untuk membuka katup. Valve lifter memiliki bentuk menyerupai mangkuk. Valve lifter yang dibikin dari materi alumunium yang memiliki gaya gesek rendah. Hal tersebut memiliki kegunaan untuk menghemat kerugian tenaga yang terjadi pada prosedur katup.

6. Adjusting Shim

Adjusting shim ialah salah satu unsur kepala silinder yang memiliki kegunaan untuk menyetel celah katup. Celah katup ini berfungsi selaku toleransi timing pembukaan katup biar sesuai dengan kondisi mesin.

7. Valve Seat

Valve seat ialah salah satu unsur kepala silinder yang memiliki kegunaan selaku dudukan kepala katup. Valve seat menghambat terjadinya celah pada katup sehingga tidak ada proses pembukaan sebelum mesin betul-betul membutuhkan.

8. Valve Keeper

Valve keeper ialah salah satu unsur kepala silinder yang memiliki kegunaan selaku penahan posisi katup kepada pegas. Katup tidak akan bergerak kekiri dan kekanan sehingga katup akan kesengsem keatas dan menutup secara tepat di valve seat.

9. Oil Seals

Oil seals ialah salah satu unsur kepala silinder yang memiliki kegunaan selaku perapat pada katup biar minyak pelumas atau oli tidak masuk ke ruang bakar. Hal ini untuk menghambat oli terbakar yang sanggup memunculkan kesanggupan metode pelumasan.

10. Rocker Arm

Rocker arm ialah salah satu unsur kepala silinder yang memiliki kegunaan selaku penekan batang katup biar katup sanggup membuka. Rocker arm berupa menyerupai pengungkit yang bertumpu pada kepala silinder dan batang katup.

11. Busi atau Glow Plug

Busi ialah salah satu unsur kepala silinder yang memiliki kegunaan selaku pemercik bunga api yang digunakan untuk proses pembakaran. Busi ditaruh pada belahan tengah kepala silinder menghadap kebawah biar proses pembakaran terjadi secara lurus dan tekanan pembakaran sanggup tepat mendorong piston ke bawah.

12. Water Jacket

Water jacket ialah salah satu unsur kepala silinder yang memiliki kegunaan selaku kanal water coolant atau air pendingin. Kepala silinder pribadi berafiliasi dengan ruang pembakaran. Oleh alasannya yakni itu untuk menghambat terjadinya panas yang berlebihan atau overheating maka diinginkan pendinginan. Water coolant akan menyerap panas yang berlebihan pada kepala silinder sehingga tidak terjadi overheating.

13. To Intake Manifold

To intake manifold ialah salah satu unsur kepala silinder yang memiliki kegunaan selaku kanal yang berafiliasi dengan intake manifold dan meneruskan udara atau adonan materi bakar yang mau masuk ke ruang bakar. Saluran ini menghubungkan dari intake manifold ke katup masuk.

14. To Exhaust Manifold

To exhaust manifold ialah salah satu unsur kepala silinder yang memiliki kegunaan selaku kanal yang memiliki kegunaan untuk mengeluarkan gas sisa pembakaran. Saluran ini berafiliasi pribadi dengan exhaust manifold dan knalpot kendaraan beroda empat serta menghubungkan keduanya dengan katup buang.

Diatas ialah pembahasan tentang kepala silinder atau head cylinder. Pembahasan mulai dari fungsi kepala silinder serta komponen kepala silinder.

Related Posts

Posting Komentar