Pada di saat keadaan mesin panas seringkali keluar asap lewat knalpot ngebul warna putih atau hitam. Ini lazimnya berjalan di saat gres dipanasi. Jika didiamkan dalam periode waktu usang niscaya memunculkan bermacam problem lainnya.
Untuk proses pembaruan pada motor yang berasap di saat mesin panas perlu mengenal lebih dahulu pemicunya. Ada banyak hal yang bisa punya pengaruh motor ngebul. Hal ini sungguh bergantung pada perawatan terutama motor yang telah berumur lama.
Motor ngebul biasanya berawal dari adanya oli yang masuk pada cuilan ruang bakar mesin. Akibatnya di saat mesin panas akan timbul asap pekat. Untuk lebih detilnya berikut akan diulas berkenaan beberapa penyebab berhubungan motor ngebul di saat mesin panas.
Motor Ngebul Saat Mesin Panas
1. Volume Oli Terlalu berlebih
Tiap kendaraan memiliki dosis atau ukuran olinya masing. Jika volume oli berlebihan lantaran itu bisa menyebabkan berlangsungnya asap knalpot pada di saat mesin panas.
Pada di saat mesin panas lantaran itu oli akan beralih menjadi encer dan bertekanan biar mengucur ke semua sisi mesin. Jika volume oli berlebihan, lantaran itu aksentuasi yang diakibatkan berlebihan sampai perpak atau seal akan alami kebocoran. Mengakibatkan timbul sela yang bisa jadi saluran oli keruang bakar.
Apabila oli lewat sela dan masuk pada ruang bakar akan menghasilkan asap mengebul dari knalpot. Ini disebabkan oleh oli yang turut terbakar di saat proses pembakaran terjadi.
2. Klep Motor Hancur
Klep pada motor memiliki peranan untuk mengontrol gas buang dan masuk di ruang bakar. Jika pada gas buang masih ada kandungan BBM atau carbon dengan jumlah yang banyak akan disalurkan balik ke intake manifold agar kembali dibakar.
Jika klep pada motor hancur lantaran itu oli akan merembes pada ruangan bakar. Oli berikut yang memunculkan berjalannya asap mengebul dari knalpot. Jika ini selaku penyebab motor ngebul waktu mesin panas lantaran itu perlu dilakukan perubahan unit klep.
3. Ring Piston Aus
Pada motor ada dua tipe ring piston, yakni ring piston kompresi dan ring oli. Ring kompresi memiliki manfaat parapat kompresi dalam silinder. Saat itu ring oli berperan untuk meratakan oli pada dinding silinder.
Jika terjadi keausan pada dua unsur ini maka punya pengaruh pada kinerja mesin. Ini lantaran kompresi mesin akan turun. Disamping itu akan timbul sela di antara piston dengan silinder. Sela ini selaku saluran oli keruang bakar sampai memunculkan motor ngebul atau berasap di saat mesin panas.
4. Silinder Baret atau Aus
Linner atau silinder yakni unsur khusus mesin. Peranan dari linner merupakan menghasilkan pelindungan di cuilan sisi dalam silinder blok dari ukiran piston. Waktu mesin nyala, kepala piston akan bergerak naik turun dan maju-mundur. Ini memungkinkannya timbulnya guratan atau baret pada liner silinder.
Guratan ini yang dipakai selaku jalan masuknya oli pada ruangan bakar. Jika ini terjadi tentunya akan memunculkan motor keluarkan asap di saat mesin panas.
Diatas yakni pembahasan berhubungan motor ngebul di saat mesin panas. Ada faktor-faktor yang bisa jadi penyebab knalpot motor berasap di saat mesin panas sampai perlu pengecekan selanjutnya. Semoga memperbesar pengetahuan dan pengetahuan.
Posting Komentar
Posting Komentar