Laporkan Penyalahgunaan

Widget HTML Produk

Widget HTML Jasa

Tips Investigasi Dan Perubahan Radiator Coolant Motor

Selamat malam buat sedulur semua, kali ini www.kum3n.com akan membahas Cara investigasi Dan perubahan Radiator Coolant pada motor Honda CB 250.

namun catatan ini juga dapat anda terapkan pada motor Honda lain (Sonic 150, Vario 125, Vario 150, CB 150 dll) ataupun pada motor dengan brand lain. Karena intinya sama saja.


Ok pribadi saja, Berikut yaitu Cara menilik air radiator Pada motor.

  • Periksa air radiator setiap kelipatan 12.000 km. Dengan catatan sebelumnya air radiator telah terisi penuh. Tetapi semestinya anda laksanakan pengecekan tangki cadangan radiator setiap 1 bulan sekali.
  • Periksa tingkat ketinggian air radiator di tangki cadangan dalam keadaan mesin Pada suhu operasi normal, tingkat ketinggian antara Upper Dan Lower level baris dengan posisi sepeda motor keadaan tegak lurus.

Apabila keadaan air radiator kurang dari batasnya.

  • Lepaskan tutup tangki cadangan, dan isi air radiator.
  • Pasang kembali tutup tangki cadangan air coolant.
  • Periksa secara visual apakah ada kebocoran air radiator apabila di rasa volume air menyusut sungguh cepat.

Pergantian air radator coolant setiap 3 tahun sekali atau 24.000 km.

Tap dan laksanakan pencucian air radiator yang usang dengan cara.

  • Lepaskan sekrup dan tutup radiator.
  • Lepaskan baut drain yang terletak di cylinder comp.
  • Tiriskan air dari box radiator dan mesin.
  • Lepaskan juga selang dari tangki carangan dan tiriskan air radiator.
  • Untuk motor vario lepaskan baut di box radiator.
  • Pasang kembali yang kita lepas tadi.

Untuk air radiator yang mau di buat pergantian, seleksilah cairan pendingin yang di sarankan, namun saya sarankan menegaskan air radiator coolant dari produk honda, sebab air ini di buat dengan materi khusus dan juga anti karat.

Isi air radiator hingga dengan permukaan ke leher pengisi. Lakukan langkah berikut untuk menetralisir udara dari metode pendingin radiator:

  • Hidupkan mesin dalam keadaan netral. Biarkan dalam keadaan stasioner selama 2-3 menit.
  • Hentakkan throttle atau gas tangan 3-4 kali untuk menetralisir udara dari metode pendingin.
  • Apabila ada gelembung yang keluar maka itu tandanya udara telah keluar.
  • Matikan mesin dan tambah air radiator hingga batas atas box radiator.
  • Tutup kembali box radiator.
  • Kemudian isi tangki cadangan hingga batas Upper. Lalu tutup kembali.

Tambahan, periksa penggalan di bawah ini juga agar metode pendingin senantiasa dalam keadaan baik.

  • Periksa penggalan radiator yang menyumbat udara atau kerusakan.
  • Periksa box radiator, luruskan sirip yang bengkok, dan buang kotoran sperti srangga, lumpur dll.
  • Periksa selang air dari keretakan atau kerusakan, ganti selang jikalau perlu.
  • Periksa kekencangan scrup sekang air radiator.
  • Beri pengaman pada box radiator agar sirip-sirip tetap aman.

Gimana lur, apakah catatan di atas menolong anda, dan jikalau ada yang ingin anda tambahkan silahkan lewati komentar. Terimakasih.

Related Posts

Posting Komentar