Pompa solar merupakan komponen khusus pada prosedur materi bakar mesin diesel. Elemen ini berperan selaku penekan materi bakar, kesannya performnya mesti menjadi perhatian. Jika pompa solar itu aus atau rusak, lantaran itu membuat mesin diesel sulit hidup atau malah tidak dapat hidup sama sekalinya.
Kerusakan pada belahan pompa solar, sanggup dilihat hasil dari injeksi nozzle yang kurang kuat. Hal ini sanggup ditemui dari hilangnya suara tekanan solar di saat mesin diesel dihidupkan. Kebalikannya jika keadaan pompa solar masih bagus, akan terdengar suara menyerupai jangkrik di saat mesin hidup.
Selain suara tekanan nozzle, pompa solar yang rusak bisa ditemui lewat penanda lainnya. Untuk lebih jelasnya berikut yakni beberapa ciri pompa solar rusak.
Ciri - Ciri Pompa Solar Rusak
Ada beberapa cara yang sanggup digunakan untuk mengenal pompa solar mesin diesel yang alami kerusakan. Hal ini penting untuk dimengerti untuk meyakinkan apa permasalahan yang terjadi pada mesin diesel disebabkan lantaran perform pompa solar yang turun. Berikut ciri-ciri pompa solar rusak:
1. Bunyi Tekanan Nozzle Hilang
Ciri yang pertama dari pompa solar rusak yakni hilangnya suara tekanan solar pada nozzle. Jika, mesin diesel di engkol menyerupai di saat akan nyalakan mesin, sebaiknya suara tekanan solar akan terdengar keras. Tetapi jika keadaan pompa solar sudah aus, kesannya suara itu tidak terdengar di telinga.
2. Performa Mesin Diesel Turun
Pompa solar rusak membuat perform mesin turun. Hal ini berawal dari kurang kuatnya tekanan solar yang masuk dalam ruang bakar. Sampai mesin tidak sanggup laksanakan pembakaran dengan sempurna. Menyebabkan mesin jadi kurang bertenaga.
3. Mesin Susah Dihidupkan
Ciri berikutnya dari keadaan pompa solar yang sudah rusak yakni mesin sulit dihidupkan. Peran pompa solar yang turun, akan membuat solar tidak sanggup terpompa secara maksimal. Tekanan solar yang keluar dari bosh pump tidak dapat menekan spring nozzle untuk dikabutkan.
4. Keluar Asap Tebal Jika Mesin Di Gas
Beberapa ciri yang lain dari pompa solar rusak yakni ada asap tebal yang keluar dari knalpot di saat tuas gas dihentakan ke rpm tinggi. Hal ini berawal dari lambatnya tekanan solar yang keluar dari nozzle membuat penampilan pompa solar yang tidak maksimal.
Agar lebih percaya kembali, semestinya eksklusif membongkar bosh pump dan lepaskan pompa solar untuk meyakinkan kerusakannya. Pompa solar yang rusak umumnya akan terlihat aus atau baret pada batang pompa solar. Masalah di atas bisa lantaran oleh kerusakan nozzle.
Selain itu dapat mengeceknya dengan tutup lubang susukan solar yang berada di pompa solar dengan 2 jari. Seterusnya ambil batang pompa solar keluar atau outlet. Jika kedua jari terasa teresap dan batang pompa solar balik lagi di saat dilepaskan, maka sanggup ditentukan kompresi pompa solar masih bagus. Jika batang pompa solar tidak balik lagi, kesannya mempunyai arti pompa solar sudah rusak.
Demikian yakni pembahasan berkenaan ciri - ciri pompa solar rusak. Mudah-mudahan menyertakan ihwal pengetahuan.
Posting Komentar
Posting Komentar