Thermostat - Thermostat adalah katup otomatis yang terdapat pada metode pendinginan. Fungsi thermostat yakni selaku pengatur sirkulasi air pendingin atau water coolant pada mesin untuk mempertahankan temperatur kerja mesin sehingga tidak berlebihan. Oleh alasannya yakni itu thermostat melakukan pekerjaan secara otomatis menurut pergeseran suhu.
Untuk menunjang kiprah dari thermostat terdapat beberapa komponen. Komponen thermostat sederhana yakni berisikan wax, cylinder, piston, pegas, dan lain sebagainya. Setiap bab dari thermostat tersebut mempunyai kegunaan dan peranan masing-masing.
Lalu mengapa air pendingin pada kendaraan mesti dikontrol alirannya? Mengapa tidak dibiarkan mengalir secara terus menerus? Hal ini dikarenakan mesin memiliki temperatur kerja yang mesti diraih biar mesin sanggup melakukan pekerjaan secara maksimal. Pada biasanya temperatur kerja mesin dari 70-90 derajat celcius. Untuk meraih suhu kerja tersebut maka pendinginan perlu dilarang sementara. Oleh alasannya yakni itu metode pendinginan akan melakukan pekerjaan dikala temperatur mesin sudah meraih temperatur kerja. Hal ini berencana biar temperatur mesin tidak berlebihan.
Untuk menertibkan itu semua maka dibuatlah kran otomatis yakni thermostat. Cara kerja thermostat yakni dengan mempergunakan pergeseran suhu pada water coolant atau air pendingin. Ketika temperatur meningkat maka wax atau lilin akan memuai dan akan mendorong piston untuk membuka katup. Semakin besar wax memuai maka pembukaan katup makin besar sehingga sirkulasi air pendingin juga makin cepat.
Oleh alasannya yakni itu eksistensi thermostat pada sebuah kendaraan sangatlah penting. Apakah fungsi thermostat? Apa saja komponen thermostat? Bagaimana cara kerja thermostat? Semua hal tersebut akan dibahas pada postingan berikut ini.
Fungsi Thermostat
Fungsi thermostat yakni selaku katup untuk menertibkan sirkulasi water coolant atau air pendingin dalam sebuah mesin. Apabila suhu kerja mesin belum tercapai maka thermostat akan menahan sirkulasi air pendingin sehingga temperatur kerja mesin cepat tercapai. Hal ini untuk mempertahankan kinerja mesin. Sebaliknya apabila suhu kerja mesin sudah tercapai maka thermostat akan membuka katup sehingga sirkulasi air pendingin akan berjalan. Sirkulasi air pendingin ini yang mau menghasilkan temperatur mesin tetap tersadar sehingga tidak terjadi overheating.
Komponen Thermostat
Thermostat berisikan banyak sekali unsur yang menunjang kinerja dari thermostat. Berbagai komponen thermostat tersebut mempunya fungsi dan kiprah masing-masing. Untuk lebih jelasnya berikut ialah komponen thermostat dan fungsinya.
- Wax, ialah salah satu unsur thermostat yang berfungsi untuk menertibkan pembukaan katup thermostat lewat pergeseran suhu atau temperatur air pendingin atau water coolant.
- Spring atau pegas pengembali, ialah salah satu unsur thermostat yang berfungsi untuk mengembalikan katup pada keadaan tertutup. Pegas ini juga berfungsi untuk menghambat katup thermostat membuka sebelum temperatur kerja mesin tercapai.
- Valve atau katup, ialah salah satu unsur thermostat yang berfungsi selaku pintu yang mau membuka dan menutup untuk menertibkan sirkulasi air pendingin pada mesin kendaraan.
- Bypass Valve atau Katup Bypass, ialah salah satu unsur thermostat yang berfungsi selaku terusan yang mau terbuka apabila thermostat mengalami macet atau kerusakan. Hal ini berkhasiat biar tidak terjadi overheating yang mengakibatkan terjadinya berbagainya kerusakan pada mesin.
- Piston, ialah salah satu unsur thermostat yang mau mendorong spring atau pegas pengembali untuk membuka katup. Piston ini terdorong akhir pemuaian wax yang ada di dalam thermostat.
- Jinggle Valve, ialah salah satu unsur thermostat yang mempunyai kegunaan untuk menutup pedoman udara pada metode pendingin akan temperatur kerja cepat tercapai.
Cara Kerja Thermostat
Cara kerja thermostat kebanyakan tergantung dari jenis thermostat yang digunakan. Namun kebanyakan metode pendinginan pada kendaraan menggunakan thermostat jenis wax. Secara garis besar cara kerjanya tolong-menolong sudah dibahas pada pendahuluan. Namun untuk memperjelas berikut ialah cara kerja thermostat pada metode pendinginan kendaraan.
1. Saat Mesin Dingin
Pada dikala mesin gres dinyalakan maka thermostat akan menutup sepenuhnya. Hal ini dikarenakan wax belum mengalami pemuaian yang mau mengakibatkan terbukannya katup thermostat. Oleh alasannya yakni itu air pendingin dari radiator cuma akan bersirkulasi didepan mesin lewat terusan lower hose, upper hose, kembali lagi ke radiator.
Sementara itu air pendingin yang terdapat dalam water jacket akan tertahan dan menyerap panas yang dihasilkan oleh mesin. Namun pastinya absorpsi panas tidak akan optimal yakni cuma sesuai dengan banyak air pendingin yang terdapat dalam water jacket. Dengan kekurangan kesanggupan pendinginan ini maka temperatur kerja mesin akan cepat tercapai sehingga kinerja mesin akan maksimal.
2. Pada Temperatur Kerja
Setiap jenis kendaraan pastinya memiliki temperatur kerja yang berbeda-beda tergantung brand dan tipe kendaraan. Namun kebanyakan temperatur kerja yakni 75-90 derajat celcius. Saat temperatur air pendingin atau water coolant sudah meraih temperatur kerja tersebut maka wax akan mengembang. Pengembangan wax akan mendorong piston untuk melawan pegas. Gaya dorong pada piston lebih besar lengan berkuasa dibanding pegas, hal ini yang mengakibatkan katup thermostat terbuka.
Pembukaan katup thermostat ini mengakibatkan air yang terjebak didalam water jacket akan mengalir keluar menuju ke radiator dan digantikan dengan air yang sudah didinginkan dari radiator. Water coolant dari radiator akan menyerap panas kemudian mengalir kembali ke radiator dan diganti dengan water coolant yang baru. Begitu seterusnya sirkulasi dari water coolant. Hal ini yang mengakibatkan temperatur mesin tetap terjaga.
3. Pada Temperatur Tinggi
Pada setiap kendaraan memiliki temperatur kerja yang berbeda-beda. Oleh alasannya yakni itu dalam pengerjaan thermostat pun tidak akan eksklusif membuka secara optimal melainkan memerlukan tahap. Pada dikala temperatur bertambah naik maka wax akan mengembang secara maksimal. Hal ini pastinya akan menghasilkan katup membuka maksimal.
Aliran sirkulasi air pendingin atau water coolant akan bertambah cepat sehingga proses pendinginan juga terjadi secara maksimal. Hal ini yang mau menghambat terjadinya overheating atau panas berlebihan pada mesin. Overheating sendiri sanggup mengakibatkan banyak sekali duduk permasalahan yang fatal yang mengakibatkan mesti turun mesin dan perbaikan yang cukup mahal.
Diatas ialah pembahasan perihal themostat. Pembahasan perihal fungsi thermostat, komponen thermostat, dan cara kerja thermostat.
Posting Komentar
Posting Komentar