Pompa Bahan Bakar Mekanik - Pompa materi bakar mekanik adalah salah satu jenis fuel pump atau pompa materi bakar. Fungsi pompa materi bakar mekanik merupakan untuk memompa atau menekan materi bakar dari tangki materi bakar ke karburator. Namun sesuai dengan namanya, maka pompa materi bakar mekanik melakukan pekerjaan secara mekanik tanpa adanya pemberian tenaga seumpama listrik maupun hidrolik.
Letak tangki materi bakar kendaraan utamanya kendaraan beroda empat biasanya terletak pada bab bawah sebelah belakang. Oleh alasannya merupakan itu pastinya materi bakar tidak akan bisa mengalir ke karburator yang memiliki letak lebih tinggi serta berada di bab depan kendaraan. Maka dikehendaki pompa materi bakar mekanik untuk menghisap dan menekan materi bakar sehingga bisa mengalir ke karburator kendaraan.
Untuk melakukan funginya, maka pompa materi bakar mekanik berisikan beberapa komponen. Komponen pompa materi bakar mekanik diantaranya yakni diaphragm, katup masuk, katup keluar, pull rod, rocker arm, dan lain sebagainya. Setiap komponen pompa materi bakar mekanik memiliki kiprah yang berbeda-beda.
Untuk melakukan funginya, maka pompa materi bakar mekanik berisikan beberapa komponen. Komponen pompa materi bakar mekanik diantaranya yakni diaphragm, katup masuk, katup keluar, pull rod, rocker arm, dan lain sebagainya. Setiap komponen pompa materi bakar mekanik memiliki kiprah yang berbeda-beda.
Cara kerja pompa materi bakar mekanik yakni dengan mempergunakan pergerakan diaphragm. Pompa materi bakar mekanik mempergunakan dorongan dari noken as. Oleh alasannya merupakan itu ketika mesin belum berputar, maka pompa materi bakar mekanik belum bekerja. Namun ketika mesin berputar, noken as akan mendorong bab dari pompa materi bakar mekanik sehingga bisa menghisap dan menekan materi bakar sehingga materi bakar bisa bersirkulasi.
Pompa materi bakar atau fuel pump sesungguhnya berisikan beberapa jenis. Diantaranya yakni pompa materi bakar mekanis dan pompa materi bakar elektrik. Mengenai jenis pompa materi bakar atau fuel pump telah dibahas pada postingan sebelumnya. Namun untuk mengenali lebih lanjut mengenai pompa materi bakar mekanis akan dibahas pada postingan berikut ini. Apa fungsi pompa materi bakar mekanik? Apa saja komponen pompa materi bakar mekanik? Bagaimana cara kerja pompa materi bakar mekanik?
Fungsi Pompa Bahan Bakar Mekanik
Fungsi pompa materi bakar mekanik sama seumpama pompa materi bakar pada umumnya. Pompa materi bakar mekanik berfungsi untuk menghisap dan menekan materi bakar dari tangki materi bakar ke karburator kendaraan. Dengan begitu, materi bakar sanggup mengalir dan sanggup digunakan untuk proses pembakaran.
Pada pompa materi bakar mekanik melakukan pekerjaan secara mekanik. Membran didalam pompa materi bakar mekanik melakukan pekerjaan pada ketika terdorong dan kesengsem jawaban tuas yang dihubungkan dengan noken as atau camshaft. Dengan pergerakan membran ini maka materi bakar akan terhisap dan terdorong dari tangki materi bakar ke karburator.
Komponen Pompa Bahan Bakar Mekanik
Pada pompa materi bakar mekanik terdapat beberapa bagian. Komponen pompa materi bakar mekanik ini mempunyai faedah dan kiprah tersendiri. Berikut merupakan komponen pompa materi bakar mekanik.
1. Katup Masuk
Katup masuk merupakan salah satu komponen pompa materi bakar mekanik yang mempunyai faedah selaku katup pengatur pedoman materi bakar yang masuk kedalam pompa materi bakar mekanik. Ketika katup masuk terbuka maka materi bakar akan terhisap ke dalam pompa materi bakar mekanik. Namun sebaliknya apabila katup ini tertutup maka materi bakar terhenti dan tidak terhisap masuk ke dalam pompa materi bakar mekanik.
2. Katup Keluar
Katup keluar merupakan salah satu komponen pompa materi bakar mekanik yang mempunyai faedah selaku katup pengatur pedoman materi bakar yang keluar dari pompa materi bakar mekanik. Keluarnya materi bakar ini jawaban dorongan dari membran yang terdapat pada pompa materi bakar mekanik.
3. Diaphragm
Diaphragm merupakan salah satu komponen pompa materi bakar mekanik yang mempunyai faedah selaku pencipta kevakuman untuk menghisap materi bakar, serta menekan materi bakar agar sanggup mengalir ke karburator.
4. Oil Seals
Oil seals merupakan salah satu komponen pompa materi bakar mekanik yang berfungsi selaku pembatas agar oli dari dalam mesin tidak masuk dan bercampur dengan materi bakar.
5. Pull Rod
Pull rod merupakan salah satu komponen pompa materi bakar mekanik yang berfungsi selaku penghubung antara gerakan tuas pompa materi bakar menjadi gerakan tarik dan dorong kepada membran sehingga materi bakar sanggup terhisap dan terdorong.
6. Rocker Arm
Rocker arm merupakan salah satu komponen pompa materi bakar mekanik yang berfungsi untuk merubah gerakan putar dari camshaft menjadi gerakan dorong dan tarik untuk menggerakkan membran.
7. Pegas
Pegas merupakan salah satu komponen pompa materi bakar mekanik berfungsi untuk mengembali posisi rocker arm pada posisi awal.
8. Insulator
Insulator merupakan salah satu komponen pompa materi bakar yang berfungsi selaku perapat antara pompa materi bakar mekanik dengan blok silinder.
Cara Kerja Pompa Bahan Bakar Mekanik
Cara kerja pompa materi bakar mekanik sesungguhnya sungguh sederhana. Pompa materi bakar mekanik mempergunakan pergerakan membran atau diaphragm naik turun untuk menghisap dan menekan materi bakar. Cara kerja pompa materi bakar mekanik terdapat tiga langkah yakni langkah hisap atau suction, langkah penyaluran atau discharge, dan langkah idle atau pum idling. Untuk lebih jelasnya berikut merupakan cara kerja pompa materi bakar mekanik.
1. Cara Kerja Pompa Bahan Bakar Mekanik Saat Langkah Hisap (Suction)
Pada ketika langkah hisap atau suction, maka noken as atau camshaft akan menekan rocker arm sehingga rocker arm ini akan terdorong keatas dan menawan pull rod. Pull rod ini akan ikut menawan diaphragm sehingga tercipta kevakuman ruangan diatas diaphragm. Akibatnya katup masuk akan terbuka jawaban dorongan dari materi bakar sehingga materi bakar masuk ke dalam pompa materi bakar.
Disisi lain, katup keluar masih tertutup jawaban tekanan pegas. Selain itu desain katup keluar yang bertentangan dengan arah kevakuman, sehingga katup keluar sanggup tertutup dengan rapat. Dengan begitu materi bakar yang masuk ke dalam pompa tidak dapat keluar untuk menciptakan tekanan materi bakar.
2. Cara Kerja Pompa Bahan Bakar Mekanik Saat Langkah Penyaluran (Discharge)
Pada ketika rocker arm tidak depresi oleh noken as atau camshaft maka rocker arm akan kembali ke posisi permulaan dengan pemberian pegas. Pull rod yang semula menawan diaphragm jawaban kesengsem oleh rocker arm akan terdorong ke posisi semuala. Akibatnya diaphragm akan terdorong ke atas sekaligus menekan materi bakar yang terdapat didalam pompa materi bakar mekanik.
Katup masuk akan tertutup jawaban tekanan materi bakar keatas sehingga materi bakar tidak masuk ke dalam pompa materi bakar mekanik. Sementara itu katup keluar akan membuka jawaban dorongan dan tekanan materi bakar. Dengan begitu materi bakar akan depresi dan mengalir menuju karburator. Tekanan penyaluran materi bakar oleh pompa materi bakar mekanik sebesar 0.2-0.3 kg/cm2.
3. Cara Kerja Pompa Bahan Bakar Mekanik Saat Idle (Pump Idling)
Pump idling atau pompa tidak melakukan pekerjaan terjadi pada ketika materi bakar pada karburator telah cukup. Diaphragm dan pull rod akan berada pada posisi turun. Hal ini dikarenakan tekanan materi bakar dan pegas sama besar. Selain itu rocker arm tidak akan melakukan pekerjaan walaupun terjadi pergerakan pada poros camshaft atau noken as. Dengan begitu materi bakar tidak terhisap maupun depresi kedalam karburator alasannya merupakan diaphragm dalam posisi membisu atau tidak bergerak.
Diatas merupakan pembahasan mengenai pompa materi bakar mekanik. Pembahasan mulai dari fungsi pompa materi bakar mekanik, komponen pompa materi bakar mekanik, serta cara kerja pompa materi bakar mekanik.
Posting Komentar
Posting Komentar