Mesin diesel pada kondisi wajar jikalau dihidupkan, biasanya perlu 1x start dan menyantap waktu lebih dari 30 menit untuk mesin panas. Sementara jikalau mesin diesel perlu dijalankan tiga hingga 5 kali gres hidup sanggup saja ada masalah.
Mesin diesel terhitung kendaraan beroda empat yang kerap alami permasalahan sulit dihidupkan lantaran memiliki efektivitas thermal yang tinggi dibanding mesin dengan memakai materi bakar yang lain. Oleh lantaran itu diperlukan efisiensi panas yang tinggi.
Mesin yang menyibukkan hidup jikalau distarter, sanggup dicicipi baik mesin diesel konvensional maupun common rail. Tetapi umumnya, diesel commonrail cenderung riskan alami permasalahan jikalau tidak dirawat secara benar. Untuk lebih jelasnya terkait penyebab mesin diesel sulit hidup akan diulas lebih dalam pada postingan berikut ini.
Penyebab Mesin Diesel Susah Hidup
Terdapat beberapa penyebab yang membuat mesin diesel sulit dihidupkan yaitu:
1. Tekanan Kompresi yang Rendah
Mesin diesel sanggup melakukan proses pembakaran tanpa adanya percikan api. Hal ini dikarenakan kompresi pada mesin diesel yang tinggi sehingga panas yang dihasilkan juga lebih tinggi. Dengan hal tersebut maka solar akan terbakar dengan sendirinya akhir panas mesin.
Jika penitikberatan kompresi turun, temperatur mesin mengalami penghematan dan menghasilkan materi bakar solar sulit untuk terjadi proses pembakaran, hingga mesin sulit dihidupkan. Hal yang menghasilkan penitikberatan kompresi rendah diantaranya yakni di saat kompresi massa udara yang ada dalam ruangan silinder menyusut.
Keadaan ini sanggup timbul lantaran mesin alami kebocoran yang lantaran klep yang terbuka, dinding silinder alami keausan, ring kompresi alami keausan, dan seal injector hancur. Langkah menanganinya dengan mengantarnya ke bengkel untuk diperbarui. Oleh lantaran itu tekanan kompresi yang rendah sanggup menjadi salah satu penyebab mesin diesel sulit hidup.
2. Ada Permasalahan pada Turbocharger
Banyak mesin diesel yang memakai tehnologi turbo dengan penataan khusus (VCDI , VGT, dan VNT) yang lazim berada pada SUV bermesin diesel. Manfaatnya untuk menertibkan suplai udara mudah-mudahan tidak alami overboost dan underboost pada kondisi mesin.
Turbo sanggup memberi dana untuk sediakan udara ke mesin, hingga menghasilkan makin banyak massa udara yang dipadatkan. Jika prosedur pengontrol ini memiliki masalah, menghasilkan penampilan mesin tidak maksimal. Umumnya hal yang terjadi underboost atau supply udara turun lantaran turbo vane yang melakukan pekerjaan selaku pengontrol boost pressure turbo tidak terbuka. Hal inilah yang menyebabkan mesin diesel sulit dinyalakan.
3. Kerusakan pada Busi Pijar (Glow Plug)
Selain itu kerusakan pada busi pijar juga sanggup membuat mesin diesel sulit hidup. Saat ingin hidupkan mesin diesel yang dingin, glow socket sanggup memberi pemanasan yang cukup dan menebar di ruangan bakar. Jika busi pijar hancur menghasilkan temperatur tamat di saat solar diinjeksikan ke ruangan bakar tidak sanggup melalui titik bakar solar. Langkah menanganinya lebih cantik selekasnya menenteng saja ke bengkel berlangganan Anda untuk mendapatkan pengatasan.
4. Masuk Angin
Penyebab susahnya mesin diesel hidup lantaran "masuk angin". Istilah ini ditarik kesimpulan selaku kondisi ada udara pada prosedur atau jaringan materi bakar. Permasalahan ini menghasilkan kendaraan beroda empat sulit dinyalakan lantaran pembakaran mesin diesel tidak memantik api. Maka jikalau ada udara dalam prosedur materi bakar, mesin diesel sulit hidup lantaran tidak kelihatannya volume materi bakar ke ruangan bakar.
Masuk angin biasanya timbul lantaran ada saringan solar pada prosedur materi bakar alami perubahan atau sempat kelemahan solar, hingga menghasilkan angin masuk di dalam prosedur materi bakar.
Tanda-tanda masuk angin ini biasanya lantaran di saat melakukan proses perubahan filter solar. Udara terkompresi, hingga di saat pompa materi bakar solar itu bekerja, penitikberatan yang dikeluarkan cuman untuk udara saja dan menghasilkan penitikberatan yang materi bakar jadi turun," terangnya. Dengan kondisi itu automatis materi bakar tidak keluar yang menghasilkan mesin sulit hidup di saat proses start.
Langkah mengatasi mesin diesel sulit hidup jikalau masuk angin, yakni yakinkan selang fatwa BBM tidak bocor dan solar berisi minimum 1/2 penuh. Selanjutnya turunkan kekencangan baut nepel angin-angin di tabung sedimenter dan melakukan pompa secara terus-terusan hingga solar keluar bareng angin. Kerjakan langkah ini hingga solar yang keluar tidak punya buih kembali. Selanjutnya mengencangkan nepel angin. Jika telah dijalankan semua, nyalakan kembali mesin mobil.
5. Tekanan Bahan Bakar Rendah
Mesin diesel memerlukan penitikberatan materi bakar untuk bikin solar keluar dari injektor. Penekanan materi bakar yang ada dalam solar hingga 2000 Kg/cm2. Apabila tekanan materi bakar rendah tentu akan menyebabkan mesin diesel sulit untuk dinyalakan.
Pada pada dasarnya rancangan kerja materi bakar diesel, yakni buka noozle yang berada di injektor hingga solar bertekanan tinggi keluar berupa kabut tipis. Jika penitikberatan materi bakar turun yang biasanya disebabkan lantaran kerusakan pompa injeksi, lantaran itu menghasilkan materi bakar tidak sanggup meredam penitikberatan pecanduan.
Untuk mengatasi mesin diesel sulit hidup ini perlu mengevaluasi kondisi materi bakar apa volume materi bakar masih lumayan. Lantas check penitikberatan materi bakar, adakah sumbatan yang memberi pengaruh pada kesediaan materi bakar ke arah ruangan bakar.
6. Filter solar tersumbat/mampet kotoran
Filter solar tersumbat/mampet kotoran sanggup juga jadi salah satunya penyebab mesin diesel sulit hidup. Filter solar berperan untuk memfilter kotoran yang terbawa bareng solar dari dalam bak.
Bersamaan umur gunakan dan usang waktu kendaraan beroda empat dipakai, makin usang kotoran-kotoran yang disaring dalam filer akan makin banyak dan makin menimbun. Ini akan menghasilkan filter solar jadi tersumbat atau mampet.
Saat filter solar mampet, lantaran itu solar yang sebaiknya disedot oleh inejction pump jadi tidak ada. Ini akan kokoh injektor tidak sanggup menguinjeksikan materi bakar yang dikehendaki mesin. Dampaknya sanggup menghasilkan mesin diesel sulit hidup.
7. Common Rail terjadi masalah
Hal terakhir yang menjadi penyebab mesin diesel sulit hidup merupakan common rail prosedur memiliki masalah. Common rail prosedur pada mesin diesel dikendalikan secara elektrik, sungguh-sungguh berlawanan dengan mesin diesel konvensional yang melakukan pekerjaan secara mekanikal.
Mekanisme common rail memakai computer mesin , sensor dan aktuator pada proses kerjanya. Masing masing bagian melakukan pekerjaan secara elektrikal yang cukup riskan pada kerusakan lantaran panas, kotor, terbakar, dan sebagainya.
Kerusakan yang terjadi dalam prosedur common rail ini sanggup juga jadi penyebab mesin diesel sulit hidup. Untuk tetapkan penyebab tentunya, kita mesti laksanakan pengecekan dengan scan tool yang biasanya cuman dipunyai oleh bengkel sah.
Diatas yakni beberapa penyebab dan langkah mengatasi mesin diesel sulit hidup. Semoga sanggup memperbesar pengetahuan pengetahuan.
Posting Komentar
Posting Komentar