Fungsi Komponen dan Cara Kerja Sistem Rem - Sistem rem adalah salah satu metode penting pada kendaraan. Hal ini alasannya merupakan metode rem berperan untuk meminimalkan laju kendaraan. Fungsi metode rem merupakan perabotan untuk memperlambat dan menghentikan laju roda kendaraan. Namun fungsi metode rem tidak terbatas cuma untuk memperlambat atau menghentikan laju kendaraan, melainkan terdapat banyak sekali fungsi lainnya.
Sistem rem memerlukan banyak sekali elemen biar metode rem sanggup berfungsi sebagaimana mestinya. Komponen metode rem berisikan pedal, master cylinder, wheel silinder, brake pad, dan banyak sekali elemen lainnya. Setiap elemen metode rem memiliki kiprah dan peranan yang berbeda-beda. Kita pahami bergotong-royong metode rem terletak di bab roda sehingga memerlukan prosedur penghubung antara ruang kemudi dengan metode rem pada roda.
Cara kerja metode rem mempergunakan ukiran antara dua benda untuk meminimalkan energi kinetik yang ada. Energi kinetik dirubah oleh metode rem menjadi energi panas. Sistem rem mempergunakan gaya gesek antara dua benda. Oleh alasannya merupakan itu setiap bab dari metode rem mesti bisa menahan gesekan, tahan panas, dan tidak gampang berubah bentuk pada di saat melakukan pekerjaan dalam suhu tinggi. Selain itu metode rem juga mesti memiliki materi yang memiliki nilai gesek yang tinggi sehingga proses penghematan laju kendaraan sanggup berlangsung secara efektif.
Sistem rem memerlukan banyak sekali elemen biar metode rem sanggup berfungsi sebagaimana mestinya. Komponen metode rem berisikan pedal, master cylinder, wheel silinder, brake pad, dan banyak sekali elemen lainnya. Setiap elemen metode rem memiliki kiprah dan peranan yang berbeda-beda. Kita pahami bergotong-royong metode rem terletak di bab roda sehingga memerlukan prosedur penghubung antara ruang kemudi dengan metode rem pada roda.
Cara kerja metode rem mempergunakan ukiran antara dua benda untuk meminimalkan energi kinetik yang ada. Energi kinetik dirubah oleh metode rem menjadi energi panas. Sistem rem mempergunakan gaya gesek antara dua benda. Oleh alasannya merupakan itu setiap bab dari metode rem mesti bisa menahan gesekan, tahan panas, dan tidak gampang berubah bentuk pada di saat melakukan pekerjaan dalam suhu tinggi. Selain itu metode rem juga mesti memiliki materi yang memiliki nilai gesek yang tinggi sehingga proses penghematan laju kendaraan sanggup berlangsung secara efektif.
Sistem rem memiliki peranan penting pada kendaraan. Tanpa adanya metode rem, pastinya kendaraan tidak dapat dilarang atau dikurangi kelajuannya. Apa saja fungsi metode rem kendaraan? Apa saja komponen metode rem? Bagaimana cara kerja metode rem pada kendaraan? Semua hal tersebut akan dibahas pada postingan berikut ini.
Fungsi Sistem Rem
Terdapat beberapa fungsi metode rem yang digunakan pada kendaraan. Berikut merupakan fungsi metode rem pada kendaraan:
- Untuk meminimalkan laju atau kecepatan kendaraan (memperlambat). Dengan metode rem kendaraan sanggup dikurangi kecepatannya diadaptasi dengan kebutuhan. Semisal jalan kondisi membelok pastinya memerlukan penghematan laju kendaraan untuk memudahkan membelokkan kendaraan.
- Untuk menghentikan laju kendaraan. Dengan metode rem maka kendaraan sanggup dilarang secara sepenuhnya di saat telah berjalan.
- Memungkinkan kendaraan sanggup berhenti ditempat yang tidak rata. Dengan adanya metode rem maka sanggup memungkinkan kendaraan berhenti pada tanjakan atau turunan.
- Keselamatan dan keamanan dalam berkendara. Sistem rem akan menampilkan jaminan keamanan dan keamanan dalam berkendara. Semisal di saat kendaraan memerlukan kondisi berhenti mendadak, maka metode rem siap siaga untuk menunjang hal ini.
Komponen Sistem Rem
Pada metode rem terdapat banyak sekali elemen atau bab yang memiliki banyak sekali kiprah untuk menunjang fungsi dari metode rem. Berikut merupakan komponen metode rem yang digunakan pada kendaraan:
1. Pedal Rem
Pedal rem merupakan bab metode rem yang dimanfaatkan oleh pengemudi untuk menjalankan pengereman. Pedal rem merupakan bab yang menghubungkan antara tenaga injakan pengemudi dengan master silinder rem. Pedal rem mempunyai kegunaan yang sungguh penting pada metode rem. Oleh alasannya merupakan itu dikehendaki perawatan dan perbaikan biar pedal rem berfungsi sebagaimana mestinya.
Penyetelan pada pedal rem biasannya terletak pada ketinggian pedal rem. Semakin tinggi pedal rem maka memerlukan waktu yang lebih lambat untuk menjalankan pengereman alasannya merupakan pergerakan pedal rem yang makin panjang. Sebaliknya, apabila pedal rem terlalu pendek maka akan menciptakan jarak cadangan pengereman berkurang. Hal ini akan membuat pengereman kurang optimal. Selain itu pedal rem juga mesti memiliki jarak bebas. Hal ini dikehendaki biar metode rem cuma melakukan pekerjaan di saat dibutuhkan. Selain itu juga selaku metode pengaman apabila kaki lupa menekan pedal rem.
2. Booster Rem
Booster rem merupakan bab metode rem yang berfungsi untuk menampilkan tenaga embel-embel di saat pedal rem diinjak. Tenaga pengutamaan pedal rem oleh pengemudi kurang besar lengan berkuasa untuk menghentikan kendaraan sehingga diperlukan boster rem. Makara prinsip kerja boster merupakan untuk memperkuat atau melipatgandakan tenaga pengutamaan sehingga daya pengereman lebih besar.
Booster rem melakukan pekerjaan dengan mempergunakan perbedaan tekanan dan kevakuman pada intake manifold. Booster rem dihubungkan menuju master silinder ataupun bisa dijadikan satu dengan master silinder. Master silinder dan pedal rem dihubungkan dengan membran untuk menciptakan daya pengutamaan yang besar dengan langkah pedal yang kecil. Oleh alasannya merupakan itu dengan adanya boster rem, maka pedal rem akan terasa lebih ringan dan pengereman lebih efektif.
3. Master Silinder Rem
Master silinder merupakan bab metode rem yang berfungsi untuk merubah tenaga mekanis dari pedal rem yang diinjak menjadi tenaga hidrolis. Pada master silinder rem terdapat beberapa elemen menyerupai reservoir, piston, dan silinder yang digunakan untuk menghidupkan tenaga hidrolis.
Master silinder terdapat berbagai macam menyerupai tipe tunggal dan tipe ganda. Pada master silinder tipe ganda terdapat pemisahan tenaga hidrolis untuk rem depan dan rem belakang. Selain itu pada metode tandem pedoman hidrolis dibentuk silang. Oleh alasannya merupakan itu apabila ada salah satu yang mengalami kerusakan masih ada segi lain yang sanggup bekerja. Hal ini untuk menghambat kendaraan membanting di saat rem diinjak.
4. Katup Proportional
Katup proportional merupakan bab metode rem yang mempunyai kegunaan untuk membagi tenaga hidrolis ke prosedur rem depan dan belakang. Rem depan memerlukan tenaga pengereman yang lebih besar di banding rem belakang. Hal ini dikehendaki alasannya merupakan apabila tenaga pengereman rem depan dibentuk sama dengan rem belakang akan membuat rem belakang mengunci. Apabila rem belakang mengunci maka roda belakang akan terjadi selip sehingga sukar dikontrol.
Oleh alasannya merupakan itu tenaga hidrolis yang dihasilkan oleh master silinder mesti dibagi sedemikian rupa sehingga daya hidrolis rem depan lebih besar ketimbang rem belakang. Dengan menurunkan tenaga hidrolis maka tenaga pengereman pada rem belakang akan lebih rendah ketimbang rem belakang sehingga roda tidak mengunci atau selip.
5. Flexible Hose atau Selang Fleksibel
Flexible hose atau selang fleksibel merupakan salah satu bab dari metode rem yang mempunyai kegunaan untuk menghubungkan antara rem pada bab atas dengan prosedur rem baik roda depan maupun roda belakang. Tidak semua pipa rem yang dibikin dari materi fleksibel melainkan ada beberapa yang yang dibikin dari alumunium untuk menahan tekanan hidrolis yang dihasilkan dari master silinder. Selang atau pipa rem berfungsi untuk mengalirkan tenaga hidrolis biar sanggup digunakan untuk mendorong piston rem sehingga metode rem sanggup bekerja.
6. Tuas Rem Parkir
Tuas rem parkir merupakan bab metode rem yang mempunyai kegunaan untuk mengerem atau mengunci roda belakang yang melakukan pekerjaan secara mekanis menggunakan batang atau kabel. Hal ini berniat biar kendaraan sanggup berhenti dalam kondisi parkir baik dalam jalan yang rata maupun tidak rata. Rem parkir berniat selaku bab dari keamanan kendaraan di saat kendaraan ditinggal dalam waktu yang agak usang dengan kondisi permukaan jalan naik ataupun turun sehingga kendaraan tidak bergerak dan membahayakan benda disekitar kendaraan.
7. Rem Cakram atau Rem Piringan
Rem cakram atau rem piringan merupakan bab dari metode rem yang mempunyai kegunaan untuk menampilkan daya pengereman pada roda kendaraan. Rem cakram atau rem piringan lebih banyak digunakan untuk roda depan. Prinsip rem cakram yakni sepasang pad atau kampas rem yang tidak berputar menjepit piringan yang ikut berputar oleh roda menggunakan tenaga hidrolis yang dikoversi menjadi tenaga dorong oleh piston rem. Dengan ukiran dari pad dan cakram ini maka akan terjadi gaya ukiran yang mau memperlambat laju atau putaran roda.
rem piringan atau rem cakram lebih efektif dikarenakan rem cakram sanggup mengalirkan udara yang hirau taacuh untuk mendinginkan panas respon ukiran pad dan cakram. Oleh alasannya merupakan itu gaya pengereman akan lebih optimal meskipun dalam kondisi kecepatan tinggi.
8. Rem Tromol
Rem tromol merupakan bab dari metode rem yang mempunyai kegunaan untuk menampilkan daya pengereman pada roda. Rem tromol lebih banyak digunakan pada rem belakang ataupun pada kendaraan niaga. Prinsip kerja rem tromol sebetulnya sama dengan rem cakram yakni mempergunakan gaya gesek. Perbedaannya cuma terletak pada bidang gesek yang digunakan yang mana untuk rem cakram menggunakan rem cakram sementara rem tromol menggunakan tromol.
Sepasang sepatu atau kampas rem akan terdorong oleh piston roda dengan mempergunakan tenaga hidrolis dari master silinder. Kampas rem akan bergesekan dengan tromol yang ikut berputar dengan roda. Dengan adanya ukiran ini maka akan memperlambat laju tromol sekaligus roda dikarenakan keduanya memang disusun menjadi satu.
Cara Kerja Sistem Rem
Cara kerja metode rem sebetulnya cuma mempergunakan gaya gesek yang muncul dari duaa benda. Dengan memperbesar gaya gesek maka energi kinetik sanggup diturunkan atau diperlambat. Untuk lebih lengkapnya berikut merupakan cara kerja metode rem yang digunakan pada kendaraan.
Apabila pedal rem di tekan maka tenaga dari pedal rem akan diteruskan ke piston master silinder yang digunakan untuk menampilkan tekanan pada minyak rem. Dengan kata lain gerakan pedal rem dirubah menjadi tenaga hidrolis pada master silinder. Sesuai dengan suara aturan pascal bergotong-royong semua cairan pada ruangan tertutup akan diteruskan ke segala arah. Tenaga hidrolis dari minyak rem diteruskan ke prosedur rem baik depan dan belakang lewat selang atau pipa rem.
Selain di lanjutkan ke segala arah lewat pipa rem, juga diteruskan ke segala arah ke wheel cylinder atau silinder roda. Gerakan pada silinder roda diteruskan ke brake pad atau kampas kopling yang kemudian digunakan untuk menekan dan menjepit cakram ataupun tromol untuk meminimalkan atau menghentikan energi kinetik yang terjadi.
Gaya gesek pada metode rem diperbesar dengan memperbesar bidang gesek yang terdapat pada metode rem. Selain itu materi yang digunakan untuk menciptakan kampas rem juga berfungsi untuk memperbesar gaya gesek yang terjadi. Oleh alasannya merupakan itu metode rem sanggup melakukan pekerjaan secara optimal dan maksimal.
Diatas merupakan pembahasan tentang sistem rem. Pembahasan termasuk fungsi metode rem, komponen metode rem, serta cara kerja metode rem.
Posting Komentar
Posting Komentar