Fungsi dan Konstruksi Ban - Ban adalah salah satu komponen pada kendaraan yang mempunyai fungsi dan konstruksi untuk menahan dan meneruskan tenaga putar dari mesin. Fungsi ban sungguh penting pada kendaraan dan disokong dengan konstruksi ban yang sedemikian rupa. Hal ini diinginkan mudah-mudahan perfoma kendaraan sanggup maksimal.
Sebenarnya fungsi ban tidak hanya menopang dan meneruskan putaran dari mesin. Masih terdapat banyak sekali fungsi ban yang lain. Oleh alasannya merupakan itu, ban merupakan salah satu komponen kendaraan yang sungguh perlu diperhatikan. Selain itu ban juga membutuhkan banyak sekali perawatan mudah-mudahan perfoma ban tidak menurun dan menghambat terjadinya kerusakan.
Konstruksi ban disusun sedemikian rupa sehingga bisa mengerjakan banyak sekali fungsi ban. Walaupun terlihat sederhana dengan bentuk bulat dan yang dibikin dari materi karet, bekerjsama ban memiliki konstruksi yang cukup rumit. Pernahkan anda berfikir bagaimana ban bisa menahan beban kendaraan yang memiliki berat berton-ton? Tentunya konstruksi ban memiliki banyak sekali bab yang disusun sedemikian rupa sehingga bisa mengerjakan fungsi ban sebagaimana mestinya.
Ban merupaka bab dari roda kendaraan. Roda disusun dari velg dan ban yang ditengah-tengahnya diisi udara atau angin. Dengan susunan ini maka kendaraan bisa berlangsung stabil dan tenteram dikala berlangsung dalam kondisi jalan yang tidak rata atau bergelombang. Mengingat pentingnya ban pada kendaraan maka perlu dikenali perihal fungsi ban. Selain itu perlu juga dipelajari perihal konstruksi ban. Kedua hal tersebut akan dibahas pada postingan berikut ini.
Fungsi Ban
Fungsi ban bekerjsama sebagain besar telah disebutkan pada pembahasan diatas. Namun untuk lebih jelasnya berikut merupakan fungsi ban pada kendaraan:
1. Sebagai Penopang Beban Kendaraan
Sebagai Penopang Beban Kendaraan, merupakan fungsi pertama dari ban kendaraan. Ban menahan seluruh beban kendaraan baik dari mesin, bodi, bahkan beban penumpang. Bagian ban yang paling utama bermitra dengan penopang beban kendaraan ini merupakan tekanan angin.Oleh alasannya merupakan itu sungguh perlu untuk memeriksan tekanan angin pada ban kendaraan.
2. Sebagai Peredam
Sebagai Peredam, merupakan fungsi kedua dari ban kendaraan. Sebenarnya pada kendaraan telah terdapat komponen yang berjulukan suspensi untuk meredam getaran atau kejutan yang diterima oleh kendaraan. Namun sebelum diredam oleh suspensi, pertama-tama kejutan akan diserap oleh ban kendaraan.
3. Meneruskan Tenaga dari Mesin
Meneruskan Tenaga dari Mesin, merupakan fungsi ketiga dari ban kendaraan. Ban akan meneruskan tenaga putar dari mesin, gaya gerak, serta pengereman dengan permukaan jalan. Hal ini berhubungan dengan kesanggupan traksi ban serta daya pengereman. Oleh alasannya merupakan itu pada ban kendaraan terdapat motif atau pattern tertentu mudah-mudahan bisa mengerjakan fungsi ban yang satu ini.
4. Menentukan Kontrol Kemudi
Menentukan Kontrol Kemudi, merupakan fungsi keempat dari ban kendaraan. Ban mempunyai fungsi untuk menyeleksi kontrol arah laju kendaraan. Fungsi ban yang satu ini berhubungan dengan manuver dan kestabilan kendaraan dalam kendaraan.
Konstruksi Ban
Dalam konstruksi ban terdapat banyak sekali bab atau komponen yang mempunyai fungsi dan kiprah tersendiri. Berikut merupakan konstruksi ban kendaraan:
1. Tread
Tread merupakan lapisan paling luar dari ban yang bersinggungan eksklusif dengan permukaan jalan. Tread merupakan bab dari ban kendaraan yang mau meneruskan tenaga dari mesin kendaraan baik tenaga putar maupun daya pengereman. Selain itu tread juga memperbesar traksi atau daya cengkeram ban kepada permukaan jalan sehingga tidak terjadi selip. Tread juga melindungi carcass dari adanya kerusakan. Pada permukaan tread lazimnya dibentuk referensi atau pattern tertentu. Hal ini berniat untuk memperbesar kesanggupan ban untuk meneruskan tenaga dan daya cengkeram ban kepada jalan.2. Shoulder
Shoulder merupakan bab pada ban kendaraan. Shoulder merupakan titik temu antara tread dan sidewall. Selain itu shoulder juga mempunyai fungsi untuk melindungi carcass dari kerusakan. Berbeda dengan tread, pada shoulder dibentuk kosong tanpa adanya motif atau pattern. Hal ini berniat untuk melepas panas yang dihasilkan oleh ukiran ban dan permukaan jalan. Shoulder digunakan pada jenis ban bias.3. Sidewall
Sidewall merupakan bab dari ban kendaraan. Sidewall yang dibikin dari karet tebal yang digunakan untuk menutupi area samping ban dan melindungi carcass dari kerusakan. Sidewall merupakan bab yang menahan beban selama kendaraan bergerak dengan melenturkan secara terus menerus. Oleh alasannya merupakan itu sidewall merupakan bab yang paling fleksible atau sering disebut flex area atau area terjadinya defleksi. Selain itu pada sidewall juga tertulis kode, merk, dan informasi-informasi lain berhubungan dengan ban. Pada sidewal berisikan beberapa bagian. Berikut merupakan bab dari sidewall:- Cap plies merupakan sabuk benang antara karet telapak dan sabuk baja.
- Steel belts merupakan bab sidewall berupa sabuk baja yang mempunyai fungsi untuk mudah-mudahan kontak dengan permukaan jalan rata.
- Radial plies merupakan susunan benang nylon yang disusun dengan arah radial dan mempunyai fungsi selaku tulang dari sidewall.
4. Bead
Bead merupakan salah satu bab dari ban kendaraan yang bersinggungan dan menghubungkan ban dengan velg. Bead ini yang dibikin dari kawat baja yang berada pada bab segi bebas dan bab samping ply. Selain itu bead juga mempunyai fungsi untuk menghambat terjadinya sobekan ban kepada rim akhir banyak sekali gaya yang terjadi pada ban. Bead sanggup menempel pada velg akhir tekanan angin yang ada didalam ban sehingga bead terdorong keluar pada rim atau velg dan tertahan kuat. Pada bead terdapat beberapa bab yang lain yang memiliki kiprah untuk menunjang fungsi dari bead. Berikut merupakan bab dari bead:- Bead chaffers merupakan bab dari bead yang yang dibikin dari material karet khusus mudah-mudahan bab bead besar lengan berkuasa dan menjepit bead wires.
- Bead wires merupakan bab dari bead yang yang dibikin dari kumpulan kawat yang disatukan dengan memakai karet yang besar lengan berkuasa yang berfungsi mudah-mudahan ban sanggup menempel besar lengan berkuasa pada velg.
5. Breaker
Breaker merupakan bab dari ban kendaraan yang terletak diantara tread dan carcass ban. Fungsi breaker merupakan untuk memperbesar daya rekat antara tread dan carcass serta untuk meredam kejutan akhir permukaan jalan yang terjadi pada carcass. Bagian ban ini lazimnya digunakan pada ban bias. Breaker sendiri yang dibikin materi nylon yang banyak digunakan pada kendaraan niaga serta polyester yang banyak digunakan pada kendaraan beroda empat penumpang.6. Belt atau Rigid Breaker
Belt atau yang dimengerti dengan rigid breaker merupakan jenis breaker yang digunakan untuk jenis ban radial. Belt berbentu menyerupai sarung yang ditaruh menyerupai sarung mengelilingi carcass. Belt sendiri berfungsi untuk menahan carcass dengan kuat. Belt yang dibikin dari kawat baja, rayon, serta polyester.7. Carcass
Carcass merupakan bab dari ban kendaraan yang berfungsi selaku casing. Carcass merupakan rangka dari ban kendaraan yang besar lengan berkuasa dan keras sehingga bisa menahan beban serta tekanan angin yang sungguh tinggi. Namun selain kuat, carcass juga mesti tetap elastis sehingga bisa menolong peredaman kejutan dari ban akhir permukaan jalan. Pada carcass ban terdapat beberapa bab menyerupai ply atau lembaran yang disusun secara paralel dengan materi yang cukup besar lengan berkuasa dan direkatkan menjadi suatu karet yang kuat.8. Inner Liner dan Inner Tube
Inner liner merupakan bab dari ban tubeless atau jenis ban yang tidak memakai ban dalam. Inner liner yang dibikin dari materi compound yang berfungsi selaku pengganti tube atau ban dalam yang mempertahankan udara atau tekanan angin tidak keluar. Sementara inner tube merupakan ban dalam yang digunakan pada ban jenis bias yang mempunyai fungsi untuk menahan beban dan tekanan angin.Diatas merupakan pembahasan perihal ban kendaraan baik dari fungsi ban serta konstruksi ban yang banyak digunakan pada banyak sekali kendaraan didunia.
Posting Komentar
Posting Komentar