Fungsi Komponen dan Cara Kerja Rem Parkir - Rem tangan atau rem parkir yakni salah satu jenis rem pada kendaraan. Fungsi rem tangan atau rem parkir yakni untuk menjalankan pengereman kendaraan pada posisi berhenti. Pada intinya, rem tangan atau rem parkir memiliki faedah untuk menahan kendaraan ketika berhenti. Selain itu dengan adanya rem tangan atau rem parkir memungkinkan kendaraan berhenti pada jalan yang tidak rata baik tanjakan maupun turunan. Rem tangan atau rem parkir juga sanggup dipakai selaku rem cadangan ketika rem utama tidak dapat dipakai atau blong.
Bisa dibayangkan apabila pada kendaraan tidak ada rem parkir atau rem tangan? Kita mesti menginjak pedal rem ketika kendaraan berhenti dalam rentang waktu yang cukup lama. Rem parkir berisikan beberapa komponen. Setiap unsur rem parkir memiliki peranan yang berbeda-beda.
Rem tangan atau rem parkir biasanya terletak pada prosedur rem pada roda belakang. Namun ada berbagai macam rem tangan atau rem parkir yang terletak di tengah. Setiap kendaraan pada lazimnya memiliki rem parkir. Baik kendaraan maupun kendaraan niaga. Yang membedakan hanyalah pada tipe rem parkir yang digunakan. Pada kendaraan niaga pada lazimnya memerlukan daya pengereman yang besar oleh alasannya itu prosedur rem parkir yang dipakai juga mesti memiliki daya pengereman yang besar.
Cara kerja rem tangan atau rem parkir biasanya dioperasikan memakai tangan. Namun ada beberapa yang telah dikelola secara elektrik sehingga cuma perlu menekan tombol saja. Meskipun begitu dalam penggunaannya, rem tangan atau rem parkir pada lazimnya masih memakai tuas yang digerakkan secara manual dengan tangan. Tuas ini dihubungkan dengan kabel atau kawat menuju prosedur rem parkir.
Oleh alasannya itu perlu dipelajari perihal rem tangan atau rem parkir. Apa saja fungsi rem tangan atau rem parkir? Apa saja komponen rem tangan atau rem parkir? Bagaimana cara kerja rem tangan atau rem parkir? Semua hal tersebut akan dibahas pada postingan berikut ini.
Fungsi Rem Parkir atau Rem Tangan
Rem parkir ialah salah satu jenis rem pada kendaraan yang memiliki beberapa fungsi. Berikut ialah fungsi rem parkir pada kendaraan.- Menahan kendaraan ketika parkir sehingga kendaraan tidak bergerak. Hal ini ialah fungsi utama dari rem tangan atau rem parkir. Dengan adanya rem parkir atau rem tangan memungkinkan kendaraan berhenti pada jalan yang tidak rata baik menanjak maupun turunan.
- Membantu kendaraan berhenti ketika macet atau tanjakan. Dengan adanya rem tangan atau rem parkir maka memungkinkan kendaraan berhenti usang tanpa mesti pengemudi menginjak pedal rem.
- Membantu pengereman ketika rem utama tidak sanggup difungsikan. Ketika rem utama tidak sanggup difungsikan atau terjadi kerusakan maka rem tangan atau rem parkir sanggup difungsikan selaku rem cadangan untuk menghentikan kendaraaan.
- Membantu dalam agresi drifting yang memerlukan manuver cepat. Manuver ekstrim dalam kecepatan tinggi ialah kunci utama dalam drifting. Oleh alasannya itu rem tangan atau rem parkir sungguh dikehendaki untuk menghasilkan selip roda belakang sehingga bisa bermanuver ekstrim.
Komponen Rem Tangan atau Rem Parkir
Dalam prosedur rem tangan atau rem parkir memiliki beberapa komponen. Berikut ialah komponen rem tangan atau rem parkir dan fungsinya.1. Tuas Rem
Tuas rem ialah salah satu unsur pada rem tangan atau rem parkir yang memiliki faedah untuk menghubungkan tenaga dari pengemudi ke prosedur rem parkir atau rem tangan. Dalam penggunaan tuas rem bergotong-royong sungguh mudah yakni dengan ditarik untuk menjalankan pengereman. Sementara untuk melepas tuas rem perlu menawan tuas rem keatas, menekan tombol, dan memposisikan tuas rem kembali ke posisi semula.2. Lock Nut
Lock nut ialah salah satu unsur pada rem tangan atau rem parkir yang memiliki faedah selaku prosedur pengunci tuas rem. Lock nut berupa seumpama pelatuk yang mau mengunci posisi tuas rem agar tetap dalam keadaan terkunci atau tertarik.3. Locking Point
Locking point ialah salah satu unsur pada rem tangan atau rem parkir yang memiliki faedah sama seumpama lock nut yakni prosedur pengunci posisi tuas rem. Locking point berupa bergerigi selaku dudukan penahan locknut.4. Kawat Kabel
Kawat kabel ialah salah satu unsur pada rem tangan atau rem parkir yang memiliki faedah untuk menghubungkan antara tuas rem tangan dengan prosedur rem tangan atau rem parkir yang berada di roda. Mengapa mesti memakai kawat kabel? Hal ini dikarenakan posisi tuas rem dan prosedur rem tangan atau rem parkir yang terletak jauh dan posisi yang berkelok-kelok. Oleh alasannya itu kawat kabel lebih efektif.5. Park Brake Strut Spring
Park brake strut spring ialah bab dari rem tangan atau rem parkir yang memiliki faedah selaku penghubung yang menghubungkan pergerakan park brake lever dengan kampas rem leading. Hal ini menyebabkan kampas rem leading sanggup menekan brake drum atau rem tromol.6. Park Brake Lever
Park brake lever ialah salah satu komponen rem tangan atau rem parkir yang memiliki faedah selaku pengungkit yang mau merubah tenaga tarik dari kawat kabel menjadi gaya dorong pada kampas rem. Gaya dorong ini yang dimanfaatkan untuk menekan kampas rem agar menahan brake drum.7. Adjuster Screw
Adjuster screw ialah salah satu unsur pada rem tangan atau rem parkir yang memiliki faedah selaku acuan kampas rem sehingga memungkinkan kampas rem terungkit pada segi lain untuk menekan kampas rem agar bergesekan dengan brake drum atau tromol. Selain itu adjuster screw juga berfungsi selaku penyetel ketinggian dari rem tangan atau rem parkir.8. Brake Shoe
Brake shoe ialah salah satu unsur pada rem tangan atau rem parkir yang memiliki faedah selaku bidang ukiran yang menahan tromol rem agar tidak bergerak. Dengan tertahannya tromol rem ini maka kendaraan tidak sanggup bergerak dan bisa berhenti pada jalan yang menanjak, menurun, atau tidak rata.Cara Kerja Rem Tangan atau Rem Parkir
Sebenarnya cara kerja rem tangan atau rem parkir tergantung dari jenis rem tangan atau rem parkir yang digunakan. Namun pada umunya pada lazimnya rem tangan atau rem parkir memakai jenis rem tangan atau rem parkir tipe tuas dengan prosedur rem tangan tromol. Berikut ialah cara kerja rem tangan atau rem parkir.1. Saat Tuas Rem Tangan atau Rem Parkir Di Tarik
Saat tuas rem tangan atau rem parkir ditarik maka prosedur rem parkir yang ada di rem tromol akan terpesona oleh kabel kawat. Kabel kawat ini telah dihubungkan dari tuas rem parkir dengan prosedur rem tangan atau rem parkir. Selain itu pada tuas rem juga terdapat prosedur locking, sehingga apabila tuas rem dilepas maka rem parkir tetap dalam keadaan bekerja. Lock point akan mengunci lock gear pada tuas rem tangan atau rem parkir.Park brake lever seumpama ayunan yang mana apabila park brake lever tertarik, maka ujung akan mendorong adjusting screw. Adjusting screw akan mendorong kampas rem bab kanan atau trailing sehingga menekan brake drum. Apabila park brake lever terpesona terus menerus maka bab kampas rem leading atau bab kiri juga akan melekat pada brake drum. Hal ini menyebabkan kedua kampas menahan brake drum sehingga kendaraan tertahan.
2. Saat Tuas Rem Tangan atau Rem Parkir Di Lepas
Saat tuas rem tangan atau rem parkir dilepas atau direlease maka kampas rem yang semula menekan brake drum akan kembali ke posisi semula. Hal ini menyebabkan rem parkir tidak melakukan pekerjaan sehinga roda sanggup berputar dengan bebas.Pada ketika tuas rem tangan atau rem parkir ditekan maka prosedur lock nut akan mengangkat dan melepas kuncian dengan lock gear. Kondisi ini yang menyebabkan tuas rem sanggup kembali ke posisi semula. Selain itu, kabel kawat yang semula terpesona maka akan kembali kendor alasannya tuas rem tangan atau rem parkir kembali ke posisi awal.
Tuas rem parkir dan kabel kawat yang kembali ke posisi semula maka pegas pengembali akan mendorong park brake lever kembali ke posisi semula. Akibatnya kampas rem yang semula terungkit oleh park brake lever akan kembali ke posisi semula alasannya telah tidak terungkit oleh park brake lever. Adjusting screw juga akan kembali ke posisi semula alasannya tidak terdorong sehingga menyebabkan kedua kampas terbebas dan kembali ke posisi semula baik kampas leading maupun kampas trailing.
Dalam penggunaannya ada beberapa jenis, untuk yang dibahas diatas ialah jenis rem tangan atau rem parkir yang sering dipakai yakni prosedur rem tangan atau rem parkir pada rem tromol. Namun ada beberapa kendaraan yang memakai rem belakang cakram. Oleh alasannya itu prosedur rem parkir atau rem tangan pada rem cakram terang berlainan dengan rem tangan atau rem parkir pada rem tromol. Selain itu ada juga yang dikelola secara elektronik.
Diatas ialah pembahasan perihal rem tangan atau rem parkir. Pembahasan perihal fungsi rem tangan atau rem parkir, komponen rem tangan atau rem parkir dan fungsinya, serta cara kerja rem tangan atau rem parkir.
Posting Komentar
Posting Komentar