Laporkan Penyalahgunaan

Widget HTML Produk

Widget HTML Jasa

Mengenal Jenis Dan Cara Kerja Pompa Materi Bakar (Fuel Pump)

Cara Kerja Pompa Bahan Bakar - Pompa materi bakar ialah salah satu komponen penting dalam metode materi bakar utamanya kendaraan roda empat. Lalu apa sih sebenarnya fungsi pompa materi bakar? Apa saja jenis pompa materi bakar? Bagaimana cara kerja pompa materi bakar?

Fungsi pompa materi bakar atau yang lebih dimengerti dengan fuel pump yakni untuk mengalirkan materi bakar agar hingga ke karburator/injektor. Mengapa demikian? Posisi tangki materi bakar yang dibawah dan karburator atau injektor yang ada diatas ialah salah satu penyebab dikehendaki pompa materi bakar ini. Selain itu pada metode EFI memang membutuhkan materi bakar bertekanan untuk proses pembakaran.

Perkembangan teknologi yang makin pesat menimbulkan banyak sekali jenis pompa materi bakar. Pompa materi bakar dikembangkan agar efisiensi pada metode materi bakar makin baik. Pada lazimnya jenis pompa materi bakar terbagi menjadi dua yakni pompa materi bakar mekanik dan pompa materi bakar elektrik.

Cara kerja pompa materi bakar tergantung jenis yang digunakan. Pada pompa materi bakar mekanik masih mempergunakan putaran mesin untuk menggerakkan pompa materi bakar. Sementara itu untuk pompa elektrik telah mempergunakan energi listrik yang ada pada kendaraan.

Oleh lantaran itu pompa materi bakar tidak sanggup terlepas dari mobil, utamanya kendaraan yang telah menerapkan metode injeksi. Untuk lebih jelasnya mengenai fungsi, jenis, dan cara kerja pompa materi bakar akan dibahas pada postingan berikut ini.

Fungsi Pompa Bahan Bakar

Fungsi pompa materi bakar yakni untuk menghisap materi bakar dari tangki kemudian menekan materi bakar tersebut agar sanggup mengalir hingga ke karburator atau injektor. Selain itu, pompa materi bakar juga untuk memamerkan tekanan pada materi bakar (khusus EFI). Tanpa adanya pompa materi bakar maka materi bakar tidak sanggup mengalir hingga ke karburator atau injektor yang letaknya ada didepan.

Jenis Pompa Bahan Bakar

Pompa materi bakar terdapat beberapa macam. Berikut ialah jenis pompa materi bakar yang banyak dipakai pada kendaraan.

1. Pompa Bahan Bakar Mekanis

Pompa materi bakar mekanik ialah salah satu jenis pompa materi bakar yang mana masih menggunakan gerakan mekanis mempergunakan putaran mesin. Pompa materi bakar mekanis mempergunakan diafragma yang terletak di tengah-tengah pompa. Kemudian didalamnya terdapat dua katup yakni katup masuk dan katup buang. Cara kerja kedua katup ini saling bertentangan untuk menertibkan pemikiran materi bakar. Untuk menggerakkan diafragma terdapat pull rod yang terhubung dengan rocker arm. Rocker arm ini akan dihubungkan dengan camshaft. Dengan hal ini maka putaran mesin lewat camshaft akan dihubungkan ke diafragma lewat rocker arm dan pull rod. Pompa materi bakar mekanis banyak dipakai di metode materi bakar konvensional. 

a. Kelebihan pompa materi bakar mekanis

  • Tidak membutuhkan baterai atau listrik
  • Perawatan lebih mudah

b. Kekurangan pompa materi bakar mekanis

  • Berisik
  • Getaran lebih besar
     ialah salah satu komponen penting dalam metode materi bakar utamanya kendaraan roda em Mengenal Jenis dan Cara Kerja Pompa Bahan Bakar (Fuel Pump)

2. Pompa Bahan Bakar Elektrik

Pompa materi bakar elektrik ialah salah satu jenis pompa materi bakar yang mempergunakan energi listrik dari baterai yang mana kinerja pompa dikelola oleh energi listrik ini. Pompa materi bakar jenis ini banyak dipakai pada kendaraan di saat ini yang telah menggunakan teknologi EFI. Pompa materi bakar elektrik sanggup menciptakan tekanan lebih besar dibanding pompa materi bakar mekanis yakni 2 Kg/cm2 atau lebih. 

a. Kelebihan Pompa Bahan Bakar Elektrik

  • Getaran yang lebih kecil, 
  • Bisa dipasang pada cuilan mana saja tidak perlu terhubung dengan mesin langsung, 
  • Dapat melakukan pekerjaan meskipun mesin dalam keadaan mati.  

b. Kekurangan Pompa Bahan Bakar Elektrik

  • Harus menggunakan listrik/baterai, 
  • Serta perawatan yang sedikit lebih rumit.
Didalam pompa elektrik terdapat beberapa komponen menyerupai rotor yang ialah komponen berputar yang berfungsi untuk menghisap dan menekan materi bakar. Selain itu terdapat magnet dan armature yang hendak menciptakan pompa melakukan pekerjaan memutar. Prinsip kerjanya sama menyerupai motor starter bedanya cuma pada pemanfaatan putaran yang dihasilkan oleh motor.
 ialah salah satu komponen penting dalam metode materi bakar utamanya kendaraan roda em Mengenal Jenis dan Cara Kerja Pompa Bahan Bakar (Fuel Pump)

Cara Kerja Pompa Bahan Bakar

Cara kerja pompa materi bakar baik mekanis maupun elektrik sebenarnya sungguh sederhana. Untuk lebih jelasnya berikut ialah cara kerja pompa materi bakar.

1. Cara Kerja Pompa Bahan Bakar Tipe Mekanis

Saat rocker arm frustasi oleh camshaft maka difragma akan kesengsem kebawah oleh pull rod. Akibat gerakan difragma ini maka ruang cuilan atas diafragama menjadi vakum. Selain itu katup masuk akan terbuka sehingga materi bakar terhisap masuk keruang pompa. Sementara itu, katup keluar akan tetap tertutup lantaran tertahan oleh pegas, disamping itu lantaran arah pembukaan juga bertentangan dengan katup masuk.

Saar rocker arm tidak frustasi nok, maka rocker arm akan kembali ke posisi semula. Akibat hal ini pullrod dan difragma akan kembali ke posisi semula akhir tekanan pegas. Bahan bakar yang semula terjebak diruang pompa akan ditekan akhir gerakan difragma keatas lewat katup keluar yang terbuka. Tekanan materi bakar untuk pompa mekanis cuma berkisar antara 0.2-0.3 kg/cm2. 

Jika materi bakar didalam ruang pelampung telah penuh, maka materi bakar tidak akan ditekan menuju karburator. Hal ini disebabkan lantaran materi bakar diruang pompa dengan tekanan materi bakar yang ada dikarburator lebih besar yang dikarburator karenanya katup keluar tidak sanggup terbuka. Dengan hal ini maka rocker arm tidak melakukan pekerjaan meski nok memutar rocker arm.
 ialah salah satu komponen penting dalam metode materi bakar utamanya kendaraan roda em Mengenal Jenis dan Cara Kerja Pompa Bahan Bakar (Fuel Pump)

2. Cara Kerja Pompa Bahan Bakar Tipe Elektrik

Cara kerja pompa materi bakar tipe elektrik (tipe rotor) mempergunakan energi listrik dari baterai atau aki pada kendaraan. Energi listrik ini akan diubah menjadi gerakan putar pada rotor. Rotor ini dihubungkan dengan roller yang terhubung dengan pump spacer yang hendak menciptakan kevakuman pada ruang didalam pompa.

Kevakuman ini yang hendak menghisap materi bakar dari tangki kedalam pompa lewat akses inlet. Aliran materi bakar ini akan ditekan oleh roller menuju akses keluar atau outlet lewat katup satu arah (check valve). Bahan bakar yang telah di akses outlet atau discharge berikutnya akan ditekan oleh membran agar sanggup mengalir menuju injektor/karburator.
 ialah salah satu komponen penting dalam metode materi bakar utamanya kendaraan roda em Mengenal Jenis dan Cara Kerja Pompa Bahan Bakar (Fuel Pump)
Diatas ialah pembahasan mengenai pompa materi bakar yang dipakai pada kendaraan. Pembahasan mulai dari fungsi pompa materi bakar, jenis pompa materi bakar, serta cara kerja pompa materi bakar

Related Posts

Posting Komentar