Mekanisme Katup - Pada engine atau mesin terdapat prosedur yang berfungsi untuk menggerakkan baik untuk membuka dan menutup katup. Mekanisme tersebut sering disebut dengan mekanisme katup. Dengan kata lain pengertian prosedur katup adalah prosedur yang menertibkan pergerakkan katup baik ketika membuka atau menutup biar sesuai dengan keperluan mesin.
Kita pahami sesungguhnya katup itu mempunyai kegunaan selaku keran untuk membuka dan menutup susukan masuk dan susukan buang. Saluran masuk yang lebih dipahami dengan katup masuk (intake) dan susukan buang yang lebih dipahami dengan katup buang (ekhaust). Katup masuk atau intake berfungsi untuk membuka dan menutup susukan masuk materi bakar ke ruang bakar. Dan susukan buang untuk membuka dan menutup susukan buang untuk mengeluarkan gas sisa pembakaran.
Kita pahami sesungguhnya katup itu mempunyai kegunaan selaku keran untuk membuka dan menutup susukan masuk dan susukan buang. Saluran masuk yang lebih dipahami dengan katup masuk (intake) dan susukan buang yang lebih dipahami dengan katup buang (ekhaust). Katup masuk atau intake berfungsi untuk membuka dan menutup susukan masuk materi bakar ke ruang bakar. Dan susukan buang untuk membuka dan menutup susukan buang untuk mengeluarkan gas sisa pembakaran.
Mekanisme katup berisikan beberapa unsur yang memiliki peranan yang berbeda-beda. Komponen prosedur katup tergantung dari teknologi yang digunakan. Namun umumnya, unsur prosedur katup berisikan rocker arm, valve lifter, camshaft, valve, timing chain, dan banyak sekali unsur lainnya.
Oleh alasannya itu prosedur katup mempunyai kegunaan dan peranan yang sungguh penting. Tanpa adanya prosedur katup, maka valve tidak akan melakukan pekerjaan sesuai dengan keperluan mesin. Hal tersebut sanggup membuat banyak sekali permasalahan. Lalu apa sebetulnya pemahaman prosedur katup? Apa saja unsur prosedur katup? Semua hal tersebut akan dibahas pada postingan berikut ini/
Fungsi Mekanisme Katup
Pengertian prosedur katup yakni sebuah prosedur pengaturan yang berfungsi untuk mengontrol proses pembukaan dan penutupan katup sesuai dengan keperluan mesin. Pada dasarnya prosedur katup berfungsi untuk menggerakkan katup biar sanggup terbuka dan tertutup sesuai dengan waktunya. Katub masuk atau intake akan terbuka pada ketika langkah hisap dimana materi bakar/udara masuk ke ruang bakar. Sementara katup buang akan terbuka disaat langkah buang dimana gas sisa pembakaran akan didorong keluar ke knalpot.
Mekanisme katup melakukan pekerjaan dengan meneruskan putaran dari poros engkol ke poros camshaft. Putaran ini yang kemudian diteruskan untuk menggerakkan katup biar sanggup bekerja. Proses kerja katup mesti sesuai timing atau keadaan langkah kerja yang ada di setiap silinder mesin. Oleh alasannya itu prosedur katup tidak cuma menggerakkan melainkan juga menertibkan timing kerja katup.
Mekanisme katup melakukan pekerjaan dengan meneruskan putaran dari poros engkol ke poros camshaft. Putaran ini yang kemudian diteruskan untuk menggerakkan katup biar sanggup bekerja. Proses kerja katup mesti sesuai timing atau keadaan langkah kerja yang ada di setiap silinder mesin. Oleh alasannya itu prosedur katup tidak cuma menggerakkan melainkan juga menertibkan timing kerja katup.
Komponen Mekanisme Katup
Pada prosedur katup terdapat banyak sekali unsur yang memiliki kiprah atau fungsi yang berbeda-beda. Berikut ialah pembahasan tentang komponen prosedur katup.
1. Pengangkat Katup atau Valve Lifter
Pengangkat katup atau valve lifter yakni salah satu unsur prosedur katu yang berfungsi untuk meneruskan gerakan camshaft ke push rod untuk prosedur katup tipe OHV. Komponen tersebut yakni pengangkat katup atau valve lifter. Valve lifter ini terhubung dengan katup lewat batang penekan atau push rod. Valve lifter ini akan bergerak naik turun akhir nok yang terdapat pada poros camshaft yang berputar.
Namun untuk prosedur ini mesti dilaksanakan penyetelan katup untuk mengembalikan kinerja dari valve lifter untuk membuka dan menutup katup. Namun ada beberapa juga yang tidak membutuhkan penyetelan dikarenakan telah menggunakan hidraulic lifter atau selad lifter dan last adjuster.
2. Batang Penekan atau Push Rod
Batang penekan atau push rod yakni salah satu unsur prosedur katup yang berfungsi untuk meneruskan gerakan naik turun dari valve lifter ke rocker arm. Komponen tersebut yakni batang penekan atau yang lebih dipahami dengan push rod. Namun push rod cuma dipakai untuk prosedur katup tipe overhead valve, sementara untuk overhead camshaft tidak menggunakan batang penekan.3. Rocker Arm Dan Shaft
Rocker arm yakni salah satu unsur prosedur katup yang berfungsi selaku pengungkit yang memiliki kegunaan untuk mengungkit katup biar sanggup terbuka dan tertutup. Saat katup terbuka, hal tersebut dikarenakan rocker arm terdorong leh pushrod sehingga menekan katup dan mengalahkan pegas katup sehingga katup sanggup membuka. Namun ketika rocker arm tidak depresi oleh push rod maka pegas katup akan mengembalikan katup ke posisi semula atau menutup rapat biar tidak terjadi kebocoran.Pada rocker arm terdapat lock nut yang dipakai untuk penyetelan katup. Namun beberapa prosedur tidak dilengkapi lock nut alasannya sanggup menyetela dengan sendirinya semisal katup hidraulis. Rocker arm terpasang pada rocker arm shaft yang berfungsi selaku dudukan dari rocker arm.
Posting Komentar
Posting Komentar