Sistem Bahan Bakar Diesel - Pada motor atau mesin diesel terdapat beberapa tata cara penting salah satunya tata cara materi bakar. Pada biasanya sistem materi bakar diesel memiliki faedah untuk menyalurkan materi bakar. Selain itu masih banyak fungsi tata cara materi bakar diesel.
Mesin diesel ialah salah satu jenis mesin yang mempunyai karakteristik perkasa dan bertenaga dengan konsumsi materi bakar yang sedikit. Oleh sebab itu, mesin diesel banyak diaplikasikan pada kendaraan niaga seumpama truck dan lain sebagainya.
Mesin diesel ialah salah satu jenis mesin yang mempunyai karakteristik perkasa dan bertenaga dengan konsumsi materi bakar yang sedikit. Oleh sebab itu, mesin diesel banyak diaplikasikan pada kendaraan niaga seumpama truck dan lain sebagainya.
Untuk melakukan kinerjanya, maka pada tata cara materi bakar diesel terdapat aneka macam komponen. Komponen tata cara materi bakar diesel diantaranya yakni tangki, filter, priming pump, feed pump, dan aneka macam komponen lainnya. Setiap komponen tata cara materi bakar diesel mempunyai kiprah yang berbeda-beda.
Pada biasanya cara kerja tata cara materi bakar diesel dengan mesin bensin nyaris sama. Pada proses penyaluran materi bakar pada mesin diesel, prinsipnya nyaris sama dengan mesin bensin yakni mulai dari tangki materi bakar hingga dengan injector. Proses pembakaran materi bakar cuma mempergunakan temperatur ruang bakar, oleh karena itu materi bakar perlu dikabutkan apalagi dahulu.
Pada biasanya cara kerja tata cara materi bakar diesel dengan mesin bensin nyaris sama. Pada proses penyaluran materi bakar pada mesin diesel, prinsipnya nyaris sama dengan mesin bensin yakni mulai dari tangki materi bakar hingga dengan injector. Proses pembakaran materi bakar cuma mempergunakan temperatur ruang bakar, oleh karena itu materi bakar perlu dikabutkan apalagi dahulu.
Tekanan tinggi dikehendaki pada materi bakar diesel untuk memudahkan proses pembakaran. Oleh sebab itu dikehendaki pompa injeksi Oleh sebab itu tata cara materi bakar diesel sering disebut tata cara injeksi materi bakar. Untuk lebih jelasnya perihal sistem materi bakar diesel akan dibahas pada postingan berikut ini.
Fungsi Sistem Bahan Bakar Diesel
Sistem materi bakar pada mesin diesel mempunyai beberapa fungsi. Fungsi tata cara materi bakar diesel selaku berikut:
- Menyimpan materi bakar sebelum digunakan
- Menyaring materi bakar dari kotoran-kotoran
- Memberikan tekanan pada materi bakar
- Mengabutkan materi bakar ke dalam ruang bakar
- Mengatur materi bakar sesuai dengan keperluan mesin
Komponen Sistem Bahan Bakar Diesel
Pada tata cara materi bakar diesel mempunyai beberapa komponen yang mempunyai kiprah dan fungsi tersendiri. Berikut ialah komponen tata cara materi bakar diesel:
1. Tangki Bahan Bakar atau Fuel Tank
Fuel tank atau tangki materi bakar ialah salah satu komponen pada tata cara materi bakar mesin diesel yang memiliki faedah untuk memuat materi bakar sebelum disalurkan ke ruang bakar. Pada biasanya konstruksi tangki materi bakar mesin diesel sama seumpama mesin bensin. Pada biasanya tangki materi bakar berkapasitas 42-100 liter dengan konstruksi yang nyaris sama.
2. Filter dan Water Sedimenter
Filter materi bakar ialah cuilan dari tata cara materi bakar mesin diesel yang memiliki faedah untuk menyaring kotoran yang ikut terbawa pada materi bakar. Sementara water sedimenter memiliki faedah untuk memisahkan kandungan air dari materi bakar solar. Apabila kandungan air telah meraih ketinggian tertentu maka magnet pada pelampung akan menutup reed valve dan menyalakan indikator.
3. Priming Pump
Priming pum ialah salah satu cuilan dari tata cara materi bakar mesin diesel yang memiliki faedah untuk memompa materi bakar dari tangki secara manual. Pompa ini diperlukan untuk proses perbaikan apabila tata cara materi bakar pada mesin diesel mengalami masuk angin. Kondisi masuk angin yakni udara masuk kedalam tata cara materi bakar sehingga menghalangi pedoman materi bakar. Priming pump perlu ditekan secara manual dengan tangan. Priming pump pada tata cara materi bakar tipe rotary biasanya menjadi satu dengan filter dan water sedimenter sementara untuk tata cara materi bakar tipe in line menjadi satu dengan feed pump pada pompa injeksi.
4. Feed Pump
Feed pump ialah cuilan pada tata cara materi mesin diesel yang memiliki faedah untuk menghisap materi bakar dari tangki materi bakar untuk diteruskan ke pompa injeksi. Feed pump cuma dipakai untuk tata cara materi bakar tipe inline. Feed pump digerakkan oleh camshaft.
5. Pompa Injeksi
Pompa injeksi ialah salah satu komponen pada tata cara materi bakar mesin diesel yang memiliki faedah untuk menyediakan tekanan pada materi bakar sehingga materi bakar sanggup disemprotkan. Pompa injeksi secara lazim mempunyai beberapa fungsi diantaranya yaitu
- Memperbesar tekanan pada materi bakar
- Mendistribusikan materi bakar sesuai dengan keperluan atau timing mesin
- Menahan materi bakar bertekanan yang telah masuk ke jalan masuk yang menuju injector
- Mengatur putaran mesin
Pompa injeksi berisikan dua jenis yakni pompa injeksi tipe in line dan tipe distributor. Keduanya memiliki faedah yang sama. Yang membedakan keduanya yakni dari konstruksi pompa. Masing-masing mempunyai keistimewaan dan kelemahan tersendiri. Pada pompa injeksi tipe rotary mempunyai 1 plunger yang bergerak naik turun sambil berputar. Sementara untuk pompa injeksi tipe inline mempunyai plunger dan cam sejumlah silinder pada mesin.
6. Injector
Injector ialah cuilan pada tata cara materi bakar mesin diesel yang memiliki faedah untuk mengeluarkan solar bertekanan tinggi serta mengabutkan materi bakar biar sanggup terbakar secara sempurna. Semakin mempunyai dampak tekanan pada materi bakar maka pembukaan noozle akan makin kuat. Cara kerja injector secara sederhana yakni materi bertekanan akan mendorong needle valve dan mengalahkan spring, sehingga materi bakar akan terinjeksi lewat noozle jet.
Cara Kerja Sistem Bahan Bakar Diesel
Cara kerja tata cara materi bakar diesel yakni selaku berikut: di saat mesin di starter maka poros engkol akan berputar. Putaran poros engkol ini akan diteruskan ke nok atau cam lewat timing chain. Putaran cam akan memutar feed pump (pompa injeksi tipe inline) sehingga plunger bergerak naik turun.
Gerakan naik turun plunger ini akan menghisap materi bakar dari tangki biar masuk ke dalam pompa injeksi. Sebelum masuk ke dalam pompa injeksi materi bakar akan disaring apalagi baik dari kotoran maupun kadungan air oleh filter dan water sedimenter.
Kemudian materi bakar akan diteruskan menuju ke pompa injeksi. Selain menekan feed pump, cam juga akan menekan plunger pada pompa injeksi. Bahan bakar yang telah masuk ke pompa injeksi akan terdorong oleh plunger melalui delivery valve dan masuk ke jalan masuk menuju injektor.
Didalam delivery valve, materi bakar bertekanan ditahan biar tidak kembali ke pompa injeksi. Bahan bakar solar bertekanan ini akan menekan needle valve sehingga jalan masuk injektor akan terbuka. Akibatnya materi bakar akan terinjeksi ke ruang bakar.
Didalam delivery valve, materi bakar bertekanan ditahan biar tidak kembali ke pompa injeksi. Bahan bakar solar bertekanan ini akan menekan needle valve sehingga jalan masuk injektor akan terbuka. Akibatnya materi bakar akan terinjeksi ke ruang bakar.
Diatas ialah pembahasan perihal sistem materi bakar diesel. Pembahasan perihal fungsi tata cara materi bakar mesin diesel, komponen tata cara materi bakar mesin diesel dan fungsinya, cara kerja tata cara materi mesin diesel.
Posting Komentar
Posting Komentar