Laporkan Penyalahgunaan

Widget HTML Produk

Widget HTML Jasa

Cara Mudah Mengerjakan Proses Pengisian Dan Pengosongan Freon Ac Kendaraan

Posting Komentar
Sistem AC merupakan salah satu metode yang ada di kendaraan yang mempunyai aneka macam peranan penting. Sistem AC berkhasiat untuk memperbesar ketentraman di saat berkendara selain fungsi keselamatan yang lain. Didalam AC terdapat zat yang sering disebut freon atau refrigerant. Freon ini yang dibikin dari aneka macam materi yang mempunyai karateristik sesuai dengan metode pendingin ruangan. 

Namun ada kehabisan pada freon atau refrigerant merupakan mempunyai titik bosan atau kebosanan sehingga meminimalkan pengaruh pendinginan pada metode AC. Selain titik jenuh, sistem AC juga rentan kepada kebocoran sehingga freon yang sebaiknya bersirkulasi dalam metode malah bersirkulasi keluar metode sehingga pendinginan tidak maksimal.

Karena aneka macam hal tersebut, maka metode AC diperlukan pengosongan dan pengisian freon sehingga metode AC akan melakukan pekerjaan maksimal. Proses pengisian dan pengosongan freon metode AC pada kendaraan merupakan proses mencampakkan freon yang ada pada metode AC dan mengubah dengan mengisi freon baru. Proses ini membutuhkan beberapa tahapan dimulai dari tahapan pengecekan, proses pengosongan, proses pemvakuman, proses pengisian oli, proses pengisian freon, pengujian.

Berikut Proses Pengisian Dan Pengosongan Freon Sistem AC

Persiapan

Sebelum melakukan proses pengisian dan pengosongan freon perlu mempesiapkan aneka macam perlengkapan dan materi yang diperlukan yaitu
  1. Manometer/Manifold Gauge 
  2. Freon/Refrigerant 
  3. Oli Kompresor 
  4. Thermometer 
  5. Vacuum Pump 
  6. Leak Detektor 

Pengecekan Jumlah Refrigerant

  • Tutup katup tekanan rendah dan katup tekanan tinggi manifold gauge.
  • Pasang selang warna biru pada service katup tekanan rendah (Katup Suction) dan selang warna merah pada service katup tekanan tinggi (Katup Discharge). Keraskan mur selang dengan tangan.

  • Hidupkan mesin hingga putaran 1500-2000 RPM. AC dalam keadaan On dan blower putaran H. Kemudian periksa tekanan yang ditunjukan pada manometer: Spesifikasi tekanan rendah : 0,15 – 0,25 MPa (1.5 – 2.5 Kgf/cm2 atau 21-36 Psi) Spesifikasi tekanan tinggi : 1,37 – 1,57 MPa (14-16 Kgf/cm2 atau 199-228 Psi)
  • Periksa refrigerant dengan mengamati fatwa refrigerant pada sight glass receiver dryer. Keterangan: A= sedikit gelembung (tepat), B= banyak gelembung (kurang), C= tanpa gelembung (kosong/berlebihan). 
  • Matikan AC dan matikan mesin/motor
  • Lanjutkan langkah kedua

Pengosongan Freon

  • Pasang selang warna kuning (tengah) pada inlet pompa vakum.
  • Buka katup tekanan rendah dan katup tekanan tinggi manifold gauge.
  • Hidupkan pompa vakum selama 10 menit hingga tekanan pada manometer tekanan rendah menjelaskan 750 mmHg (99,98 KPa/-30 Psi)
  • Tutup katup tekanan rendah dan katup tekanan tinggi manifold gauge.
  • Matikan pompa vakum.
  • Tunggu 5 menit hingga ditentukan tidak ada kebocoran pada system AC dengan ditandai manometer tekanan tidak berubah.
  • Lepas selang kuning (tengah) dari pompa vakum.
  • Lanjut ke langkah ke tiga.

Pengisian Oli

  • Siapkan oli seperlunya pada wadah 
  • Masukkan selang kuning pada wadah
  • Buka katup tekanan rendah hingga semua oli dalam wadah habis lalu tutup kembali.
  • Lanjut langkah ke empat.

Pengisian Refrigerant

  • Pasang selang kuning(tengah) pada tabung refrigerant 
  • Buka kran tabung refrigerant
  • Buka katup tekanan rendah
  • Hidupkan mesin pada putaran fast idle dan AC On.
  • Tunggu hingga tekanan pada katup tekanan tinggi dan katup tekanan rendah sesuai spesifikasi dengan mengendalikan katup tekanan rendah. Apabila telah sesuai spesifikasi, tutup katup tekanan rendah. (Spesifikasi tekanan rendah : 0,15 – 0,25 MPa (1.5 – 2.5 Kgf/cm2 atau 21-36 Psi) dan Spesifikasi tekanan tinggi : 1,37 – 1,57 MPa (14-16 Kgf/cm2 atau 199-228 Psi)
  • Amati jumlah refrigerant pada sight glass receiver dryer.
  • Tutup kran tabung refrigerant
  • Lepas selang kuning dari tabung refrigerant
  • Lanjutkan ke langkah kelima.


Pengujian Kinerja AC

  • Tempatkan thermometer pada outlet udara hambar evaporator.  
  • Baca dan catat suhu yang ditunjukan pada thermometer.
  • Matikan AC dan matikan mesin.
  • Dengan menggunakan kain lap/majun lepas selang manifold gauge dari katup service secara cepat.
Diatas merupakan proses pengisian dan pengosongan freon metode AC pada kendaraan atau cara melakukan pengisian dan pengosongan freon metode AC. Pengisian dan pengosongan freon metode AC ini mempunyai mekanisme dan urutan yang tepat biar pada hasilnya proses ini sanggup berlangsung dengan baik dan metode AC kendaraan kembali melakukan pekerjaan dengan masimal.

Related Posts

Posting Komentar