Laporkan Penyalahgunaan

Widget HTML Produk

Widget HTML Jasa

Perbedaan Camshaft Dan Crankshaft (Lengkap)

Posting Komentar
Perbedaan Camshaft Dan Crankshaft - Camshaft serta crankshaft merupakan komponen utama pada satu motor bakar. Camshaft serta crankshaft sama-sama terkait dalam lakukan transisi kerja keras (pembakaran) untuk mesin. Keduanya mempunyai faedah dan fungsi yang serupa pentingnya.

Walaupun secara visual berbeda, tetapi kadang-kadang banyak yang salah penyebutan perihal kedua jenis poros baik camshaft maupun crankshaft. Oleh alasannya merupakan itu pada postingan berikut ini akan dibahas perihal perbedaan camshaft dan crankshaft. 


Perbedaan Camshaft Dan Crankshaft
 Camshaft serta crankshaft merupakan komponen utama pada satu motor bakar Perbedaan Camshaft Dan Crankshaft (Lengkap)

1. Camshaft

Camshaft atau kerap disebutkan dengan noken as merupakan segi mesin yang berputar-putar, berperan untuk mengontrol gerakan katup inlet serta outlet. Tetapi, untuk motor bakar diesel, camshaft ini berperanan selaku pengontrol cara injection pump dalam mendesak materi bakar.

Camshaft ini  memiliki benjolan (lift) untuk batangnya. Benjolan itu berperan selaku timing cara katup. Sama alasannya merupakan itu katup inlet sanggup terbuka di saat katup toko tertutup atau kebalikannya. Serta ada 1 titik di mana ke-2 katup akan tutup dengan bertepatan.

Camshaft lazimnya dibentuk dari variasi cast iron, carbon steel atau alumunium alloy yang dibentuk demikian rupa hingga berupa batangan silinder dengan panjang spesifik serta memiliki beberapa bab dengan wujud Istimewa berupa lobe serta journal. Lobe, berperan untuk mendesak klep, sedang journal berperan selaku kawasan kutub camshaft ber-rotasi.

Supaya camshaft sanggup berputar-putar, camshaft dikaitkan dengan crankshaft memakai timing belt, timing chain atau timing gear. Di sini, perputaran camshaft akan mengikut perputaran crankshaft yakni di saat crankshaft berputar-putar 2x perputaran alasannya merupakan itu camshaft akan berputar-putar 1x perputaran (untuk mesin 4 tidak). Sedang untuk mesin 2 tidak, alasannya merupakan itu 1 perputaran camshaft sama dengan 1 perputaran crankshaft.

2. Crankshaft

Crankshaft atau kutub engkol atau kruk as merupakan kutub penting yang tersambung dengan connection rod (batang piston). Peranan crankshaft ini merupakan mengubah pergerakan turun naik piston jadi perputaran mesin. Perputaran tersebutlah nanti yang kaan menggerakan beberapa bab yang lain, seumpama camshaft, balancer, pompa oli, serta roda edan.

Crankshaft memiliki nama lainnya yang lebih akrab dipakai di kalangan pebengkel seumpama kruk as atau kutub engkol. Crankshaft merupakan bab utama untuk mesin yang berperan untuk mengubah gerak turun naik piston jadi pergerakan berputar-putar.

Komponen ini terdapat pada bab bawah blok mesin persisnya di bawah silinder. Jadi, bila kita pengin memahami letak cranksahft satu mesin, alasannya merupakan itu lihatlah di bab bawah dalam silinder bloknya.

Crankshaft dengan akan pribadi tersambung dengan piston melalui connecting rod atau stang seher. Makara di saat mesin kerja serta membuahkan ledakan dalam kawasan bakar, alasannya merupakan itu tenaga yang dibentuk akan menggerakkan piston ke bawah. Pergerakan piston ke bawah ini akan menggerakkan connecting rod serta mengeser crank pin hingga crankshaft bergerak dengan arah berputar-putar.

Oleh alasannya merupakan itu, crankshaft ini akan berputar-putar jikalau untuk kawasan bakar mesin berjalan kerja keras (power). Hasil putaran berikut yang berikutnya dipakai untuk memutar camshaft, memutar transmisi, hingga ke roda.

3. Perbedaan Camshaft Serta Crankshaft

Untuk lebih jelasnya perihal perbedaan camshaft dengan crankshaft akan dibahas lebih lengkap yaitu:

  • Camshaft berputar-putar 1x sedang crankshaft berputar-putar 2x untuk 1 setiap transisi kerja pada mesin.
  • Dimensi camshaft lazimnya lebih kecil dengan diameter yang kecil pula sedang crankshaft memiliki dimensi yang lebih besar.
  • Crankshaft diposisikan cuman pada bab bawah silinder blok mesin, sedang camshaft lebih fleksibel. Ada camshaft yang terpasang pada bab silinder kepala (Silinder head) serta ada juga camshaft yang terpasang di blok mesin.
  • Camshaft berperan untuk mengendalikan gerakkan membuka tutup katup (valve) intake serta exhaust sama firing order sedang crankshaft berperan untuk mengkonversi pergerakan piston mundur-maju dalam silinder mesin jadi pergerakan berputar-putar.

Demikian postingan perihal perbedaan camshaft dan crankshaft yang banyak didapatkan pada mesin kendaraan. Semoga sanggup memperbesar pengetahuan dan ilmu pengetahuan.

Related Posts

Posting Komentar