Laporkan Penyalahgunaan

Widget HTML Produk

Widget HTML Jasa

Mengenal Jenis Jenis Kunci Momen

Jenis Jenis Kunci Momen - Dalam penggunaannya terpadat berbagai jenis kunci momen. Jenis jenis kunci momen diadaptasi dengan keperluan dan penggunaan masing-masing. Lalu apa saja jenis jenis kunci momen.

Seperti yang telah diterangkan sebelumnya terkait fungsi dan cara menggunakan kunci momen, sebetulnya kunci momen yaitu alat khusus yang dipakai untuk mengencangkan baut atau mur dengan skala tertentu. Dengan begitu kekencangan pada setiap baut akan sama dan terhindar dari banyak sekali kerusakan akhir momen puntir yang berbeda-beda.

Sifat kunci momen cuma dipakai untuk proses pengencangan selesai untuk menentukan skala momen yang diterima oleh baut atau mur sama rata sesuai dengan spesifikasi. Untuk lebih jelasnya perihal jenis jenis kunci momen akan dibahas lebih lengkap pada postingan berikut ini.

Jenis Jenis Kunci Momen

1. Kunci Momen Beanding Beam

Kunci momen beanding beam yaitu salah satu jenis kunci momen yang memiliki jarum penanda skala atau pointer jarum. Pada kunci momen beanding beam menggunakan satuan Nm atau Foot pouns. Selain itu kunci momen ini paling sederhana dan mudah digunakan. 

Setiap alat memerlukan kalibrasi biar ukuran tetap akurat. Kunci momen beanding beam juga perlu dikalibrasi dengan cara menertibkan posisi jarum menggunakan tangan atau tang lurus dengan posisi nol.

Namun selain fasilitas dalam penggunaannya, kunci momen beanding beam memerlukan perhatian biar nilai skala momen yanng dipakai sama. Posisi pembacaan skala momen mesti tegak lurus dengan posisi jarum.

Untuk mengenali seberapa besar skala momen maka perlu diamati pergerakan jarum penunjuk. Pastikan jangan hingga nilai skala yang ditunjukan tidak melampaui spesifikasi baut dan mur. 
 
Cara Menggunakan Kunci Momen Beanding Beam
  • Memasang kunci shock dan pasangkan pada baut atau mur yang hendak dikencangkan.
  • Mengencangkan baut dan mur sambil menyaksikan pergerakan jarum penunjuk
  • Pastikan angka yang ditunjukan sesuai dengan tolok ukur atau spesifikasi baut mur.
     Dalam penggunaannya terpadat berbagai jenis kunci momen Mengenal Jenis Jenis Kunci Momen

2. Kunci Momen Mikrometer Kliker

Berbeda dengan jenis kunci momen sebelumnya, pada kunci momen mikrometer kliker tidak perlu menyaksikan jarum penanda melainkan cuma perlu mendengar bunyi klik dari kunci. Pada kunci momen mikrometer kliker sanggup menertibkan momen pengencangan sesuai dengan cita-cita atau kebutuhan.

Untuk menggunakan kunci momen tipe mikrometer kliker maka skala momen perlu dijalankan penyetelan apalagi dahulu. Perhatikan tolok ukur atau spesifikasi baut dan mur pada buku manual. Apabila 5 Nm maka kunci momen perlu di setel 5 Nm sehingga apabila dipakai dan meraih 5 Nm kunci momen akan berbunyi klik. 
 
Kunci momen jenis ini umumnya akurat, oleh alasannya itu banyak dipakai pada bengkel bengkel resmi. Namun perlu dijalankan perawatan menyerupai kembalikan ke posisi 0 Nm sehabis selesai menggunakan dan perlu dikalibrasi secara berkala.
 
Cara menggunakan kunci momen mirkometer kliker
  • Menyetel skala momen sesuai dengan spesifikasi baut mur
  • Memasang kunci shock dan pasangkan pada baut mur yang hendak dikencangkan
  • Gerakkan kunci momen searah jarum jam hingga berbunyi klik
     Dalam penggunaannya terpadat berbagai jenis kunci momen Mengenal Jenis Jenis Kunci Momen

3. Kunci Momen Dial Indikator

Salah satu jenis kunci momen yang ketiga yaitu kunci momen dial indikator. Kunci momen ini menggunakan dial indikator untuk menandakan seberapa besar skala momen pengencangan baut mur. Sebenarnya nyaris sama dengan versi beanding beam. Perbedaannya cuma penunjukan skala momen pengencangan yang menggunakan dial indikator sehingga kecermatan lebih besar.  

4. Kunci Momen Digital

Kunci momen digital ialah salah satu jenis kunci momen. Kunci momen ini akan menampilkan skala momen pengencangan secara otomatis tergantung seberapa besar momen yang kita berikan pada kunci. Semakin besar momen pengencangan maka angka yang timbul pada layar digital juga akan makin besar, begitu pula sebaliknya.
 Dalam penggunaannya terpadat berbagai jenis kunci momen Mengenal Jenis Jenis Kunci Momen

5. Kunci Momen Pneumatik

Untuk membuat lebih mudah dalam proses pengolahan maka dibuatlah kunci momen dengan tenaga pneumatik. Kunci momen pneumatik yaitu salah satu jenis kunci momen yang mana tenaga pengencangannya menggunakan metode pneumatik atau udara bertekanan sehingga menolong operator dalam mengencangkan baut atau mur.
 
Untuk menertibkan kerja dari kunci momen pneumatik yaitu dengan menertibkan tekanan udara yang mengalir ke dalam kunci momen. Semakin besar tekanan udara maka skala momen pengencangan juga akan makin besar. Sebaliknya makin kecil tekanan udara maka skala momen pengencangan juga akan makin kecil.
 
Secara visual kunci momen pneumatik nampak menyerupai kunci impact. Namun dalam kerjanya terdapat perbedaan yang mana pada kunci momen pneumatik tekanan udara akan mendorong gear secara terus menerus. Hal ini yang mengakibatkan kunci momen pneumatik lebih halus.
 
Selain itu, kunci moomen pneumatik sanggup didapatkan dalam banyak sekali proses perbaikan alat berat yang memerlukan momen pengencangan tinggi. Jenis kunci momen pneumatik memiliki skala momen pengencangan mulai dari 118 Nm hingga 47600 Nm.
 Dalam penggunaannya terpadat berbagai jenis kunci momen Mengenal Jenis Jenis Kunci Momen

6. Kunci Momen Hidrolik

Kunci momen hidrolik nyaris sama dengan kunci momen pneumatik. Perbedaannya, pada jenis kunci momen hidrolik menggunakan tenaga hidrolik. Alat ini memiliki bentuk yang compact sehingga ringan untuk dibawa. Selain itu tenaga atau momen pengencangan yang dihaslkan juga tinggi sehingga membuat lebih mudah dalam proses pengencangan.

Diatas ialah pembahasan perihal jenis jenis kunci momen yang sering didapatkan pada workshop otomotif. Semoga sanggup memperbesar pengetahuan dan pengetahuan.

Related Posts

Posting Komentar