Laporkan Penyalahgunaan

Widget HTML Produk

Widget HTML Jasa

Mengenal Fungsi Kunci Momen (Torque Wrench) Dan Cara Menggunakannya

Fungsi Kunci Momen - Kunci momen atau torque wrench merupakan salah satu perlengkapan penting pada industri otomotif. Hal ini dikarenakan fungsi kunci momen atau torque wrench yang sungguh penting. Tanpa adanya kunci ini maka kendaraan tidak sanggup terangkai dengan baik.

Kunci momen sering didapatkan dalam proses perakitan kendaraan ataupun perawatan dan perbaikan kendaraan. Kunci momen memiliki faedah untuk mengencangkan baut atau mur dengan skala atau ukuran momen tertentu. Untuk lebih jelasnya perihal fungsi kunci momen dan jenis jenisnya akan dibahas lebih lengkap pada postingan berikut ini.

Pentingnya Kunci Momen

Baut / mur memiliki spesifikasi, spesifikasi ini dikehendaki tergantung pada ukuran / kekuatan. Misalnya, mengontrol mur roda jika tidak cocok dengan spesifikasi ada dua kemungkinan, yaitu: jika terlalu longgar, peluang akan terlepas, tetapi apabila terlalu ketat sanggup menyebabkan baut atau mur patah.

Untuk menangkal baut tegas / mur yang terlalu ketat atau terlalu longgar, mampu memakai suatu kunci momen. Dengan kunci momen, proses mengencangkan sekrup secara sedikit demi sedikit untuk menyingkir dari banyak sekali hal yang tidak di harapkan menyerupai patah dan lain sebagainya.

Fungsi Kunci Momen

Fungsi kunci momen atau torque wrench merupakan alat khusus yang dipakai untuk mengencangkan baut atau mur pada kendaraan dengan skala atau momen tertentu. Selain itu dengan memakai kunci momen maka sanggup dipahami seberapa besar momen puntir yang diberikan pada baut atau mur. 
 
Dari hal tersebut maka sanggup dipahami bergotong-royong dengan memakai kunci momen, kekencangan suatu baut atau mur sanggup dibatas sesuai dengan spesifikasi dari baut itu sendiri. Hal ini berencana untuk menangkal terjadinya kerusakan pada baut jawaban momen puntir yang berlebihan.
 
Kunci momen atau torque converter umumnya berupa batang yang memiliki setelan serta pada penggalan ujungnya terdapat penggalan yang di hubungkan dengan kunci shock. Dengan begitu kunci momen sanggup dipakai pada banyak sekali baut atau mur kendaraan.
 Kunci momen atau torque wrench merupakan salah satu perlengkapan penting pada industri otomotif Mengenal Fungsi Kunci Momen (Torque Wrench) Dan Cara Menggunakannya

Bagian Kunci Momen

Secara lazim kunci momen atau torque converter cuma berisikan 4 komponen utama. Komponen kunci momen tersebut adalah

1. Handle

Handel pada kunci momen memiliki faedah selaku pegangan di saat mengencangkan baut atau mur pada kendaraan. Handel pada berbagai macam kunci momen juga berfungsi selaku penyetel kekuatan puntir.

2. Skala

Skala memiliki faedah untuk mengenali seberapa besar momen puntir yang diterima oleh baut atau mur di saat mengencangkan memakai kunci momen. Pada berbagai macam kunci skala sanggup disetel secara eksklusif sebelum memakai kunci momen.

3. Lengan

Lengan merupakan penggalan dari kunci momen yang dipakai untuk menghubungkan gagang dengan kepala kunci momen. Selain itu juga dipakai untuk meneruskan momen puntir dari gagang ke kepala kunci serta menghambat sesuai dengan setelan kunci momen.

4. Kepala

Kepala kunci momen dipakai untuk menghubungkan kunci momen dengan mata shock. Hal ini berkhasiat mudah-mudahan kunci momen sanggup dipakai pada banyak sekali ukuran dan spesifikasi baut mur.

Cara Menggunakan Kunci Momen

terdapat beberapa hal yang mesti diamati di saat memakai kunci momen. Untuk lebih jelasnya berikut cara memakai kunci momen yang benar.
 Kunci momen atau torque wrench merupakan salah satu perlengkapan penting pada industri otomotif Mengenal Fungsi Kunci Momen (Torque Wrench) Dan Cara Menggunakannya

1. Mengendorkan Mur Penyetel

Langkah pertama yang mesti dijalankan di saat memakai kunci momen atau torque converter merupakan merenggangkan mur penyetel skala puntir yang terdapat pada kunci momen. Setelah itu sesuikan skala momen dengan spesifikasi pada baut. 
 
Untuk baut atau mur dengan tingkat kekencangan yang tinggi maka penyetelan skala momen dijalankan secara sedikit demi sedikit untuk menangkal terjadinya kerusakan pada baut atau mur. Selain itu pastikan penyetelan skala benar benar sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan.

2. Mengunci Mur Penyetel

Untuk menangkal skala penyetelan pada kunci momen berubah maka setelah melakukan penyetelan perlu dikunci kembali mur penyetelnya. Proses penguncian mur penyetel tergantung dari jenis kunci momen yang digunakan.

3. Mengencangkan Mur Dan Baut Dengan Kunci Biasa

Kunci momen cuma dipakai selaku alat terakhir untuk mengencangkan baut atau mur. Hal ini untuk mempertahankan penyetel momen pada kunci dol atau rusak. Oleh sebab itu sebelum memakai kunci momen maka baut atau mur perlu di kencangkan apalagi dulu memakai kunci biasa.

4. Memasang Kunci Shock Pada Kunci Momen

Untuk menghasilkan kunci momen mudah-mudahan sanggup dipakai pada banyak sekali ukuran baut mur maka pada penggalan kepala kunci momen sanggup dirubah ukurannya sesuai dengan kebutuhan. Pada penggalan kepala kunci momen sanggup dipasang kunci shock dengan banyak sekali ukuran. Sesuaikan ukuran kunci shock dengan keperluan baut mur yang mau dikencangkan dengan kunci momen. 

5. Memasang Kunci Shock Pada Baut/Mur

Setelah mendapatkan kunci shock yang cocok maka shock dipasangkan ke baut atau mur yang mau di di kencangkan. Pastikan seluruh segi mur dan baut tercover oleh kunci shock sehingga tidak melukai atau menyebabkan kerusakan pada baut atau mur.

6. Memutar Kunci Momen Sampai Berbunyi Klik

Memutar kunci momen searah jarum jam. Pastikan hingga terdengar bunyi klik pada kunci momen. Suara klik ini berfungsi selaku membuktikan bahwa baut atau mur sudah kencang sesuai dengan momen pengencengan yang dibutuhkan.
 
Diatas merupakan pembahasan perihal fungsi kunci momen (torque converter) dan jenis jenis kunci momen. Semoga sanggup memperbesar pengetahuan dan pengetahuan.

Related Posts

Posting Komentar