Laporkan Penyalahgunaan

Widget HTML Produk

Widget HTML Jasa

Mengenal Oversize (Pengertian, Dan Cara Menghitung)

cara menggunakan bore gauge berikut ini. Setelah mendapat ukuran optimal dari keausan pada bore atau liner maka gres sanggup lanjut ke langkah yang kedua.

Sebagai pola ukuran persyaratan liner merupakan 70 mm. Namun sehabis diukur ditemukan hasil 70,30 mm untuk keausan terbesar. Maka untuk mengembalikan perfoma mesin, ukuran piston mesti dioversize 50. Selain itu ring piston dan juga ukuran liner juga mesti disesuaikan. Apabila ada baret pada liner maka mesti diubahsuaikan dengan kedalaman baret pada liner atau boring. Apabila oversize 25 sudah cukup untuk menetralisir baret maka piston dan ring sanggup diganti dengan oversize 25. Namun apabila tidak cukup maka perlu di oversize dengan ukuran yang lebih besar.

2. Menentukan Ukuran Oversize

Ukuran lazim dari oversize merupakan 25, 50, 75 dan 100. Tapi ada juga ukuran oversize hingga 125. Contoh saat ukuran oversize merupakan 25 maka piston diganti dengan ukuran yang lebih besar dari 0,25 mm persyaratan ukuran piston. Misalkan ukuran piston persyaratan 50 mm, piston 25, ukurannya merupakan 50,25mm. Kemudian saat ukuran 100, maka ukuran piston yang 51mm. Setelah menyeleksi ukuran oversizenya, lalu siapkan ukuran piston oversizenya yang sesuai.
 
Apabila hingga ukuran oversize optimal tidak cocok dengan keausan atau baret maka perlu di shock ulang atau perlu dijalankan penggantian boring atau liner. Dengan penggantian maka semua elemen yakni piston dan ring akan kembali ke persyaratan lagi sesuai dengan ukuran pada buku manual. 

3. Melakukan Kolter Pada Boring Atau Liner

Setelah siap ukuran piston oversizenya, mekanik juga mesti mengubah ring piston sesuai dengan ukuran piston. Kemudian dibawa ke bengkel bubut untuk dikorter blok mesin. Proses kolter atau korter pada boring atau liner diubahsuaikan dengan kebutuhan. Apabila membutuhkan oversize 25 maka dijalankan proses oversize 25 dan seterusnya.

Setelah final dikorter, tinggal mekanik piston perakitan dan cincin piston, serta semua perlengkapan lainnya. Piston dan ring piston yang dipasang merupakan piston gres dan cincin yang tepat dengan ukuran oversize yang dilakukan.
 
Diatas merupakan pembahasan perihal oversize baik pemahaman oversize maupun cara menjumlah oversize. Semoga sanggup memperbesar pengetahuan dan pengetahuan.

Related Posts

Posting Komentar