Laporkan Penyalahgunaan

Widget HTML Produk

Widget HTML Jasa

Fungsi Kunci Shock, Bagian, Dan Cara Menggunakan (Socket Wrench)

Fungsi Kunci Shock - Kunci shock atau kunci socket (socket wrench) yakni salah satu alat tangan yang biasa dipakai pada bengkel. Kunci shock yakni alat tangan yang dipakai untuk membuka dan mengencangkan baut atau mur dengan momen kekencangan yang kuat.

Kunci shock atau kunci socket biasanya memiliki bentuk tabung dan berongga pada potongan tengahnya. Pada salah satu ujungnya membentuk hexagonal atau double hexagonal selaku kawasan mur atau baut. Sementara itu pada sisi lain berupa sisi empat selaku kawasan peralatan kunci shock. 

Kunci shock atau kunci socket sungguh lazim didapatkan pada bengkel. Oleh sebab itu perlu dipahami banyak sekali hal tentang kunci shock. Untuk lebih jelasnya tentang fungsi kunci shock atau kunci socket, bagian, dan cara menggunakannya akan dibahas lebih lanjut pada postingan berikut ini.


Fungsi Kunci Shock (Socket Wrench)

Fungsi kunci shock atau kunci socket yakni untuk meringankan dan mengencangkan baut atau mur. Sebenarnya jikalau dilihat dari fungsinya sama saja menyerupai kunci pass ataupun ring. Kunci shock atau kunci socket banyak dipakai sebab bisa dipakai untuk melepas baut atau mur dengan momen tinggi.

 yakni salah satu alat tangan yang biasa dipakai pada bengkel Fungsi Kunci Shock, Bagian, Dan Cara Menggunakan (Socket Wrench)

Walaupun mempunyai faedah yang serupa dengan kunci lainnya. Kunci shock banyak dipakai sebab memiliki beberapa kelebihan di banding kunci ring dan pass. Beberapa kelebihan kunci shock atau socket dibanding dengan kunci yang lain yaitu:

  1. Dengan konsep yang berupa tabung yang memiliki lubang hexagonal maka kunci shock atau socket sanggup mencengkeram semua sisi pada baut atau mur. Oleh sebab itu kunci tidak gampang tergelincir dan membuat kerusakan baik pada alat maupun mur. 
  2. Daya cengkeram yang bagus membuat kunci shock atau socket sanggup dipakai untuk baut yang memerlukan momen tinggi.
  3. Kunci shock atau socket dilengkapi dengan banyak sekali peralatan menyerupai T sliding bar, rachet, extension bar, dan lain sebagainya sehingga memudahkan dalam proses pelepasan dan pengencangan baut atau mur.
  4. Selain lebih mudah, dengan adanya banyak sekali peralatan komplemen tersebut, kunci shock sanggup dipakai untuk melepas baut atau mur yang letaknya didalam atau sukar dijangkau dengan kunci lainnya.

Bagian Kunci Shock (Socket Wrench)

Kunci shock atau socket wrench berisikan beberapa bagian. Untuk lebih jelasnya tentang potongan kunci shock akan dibahas pada postingan berikut ini.

1. Size

Size ialah potongan dari kunci shock yang cocok dengan ukuran kepala baut atau mur. Size akan menjelaskan ukuran dari kunci shock. Sebagai pola apabila size shocket 12 mm maka ukuran kunci socket yakni 12 mm.

2. Drive Hole

Drive hole ialah potongan ujung satunya dari kunci shock. Drive hole ialah lubang berupa kotak yang dipakai selaku lubang penggerak. Drive hole inilah yang menyatukan kunci socket dengan banyak sekali perlengkapannya menyerupai T sliding bar, rachet, extension bar, dan lain sebagainya.

3. Length

Length ialah panjang dari kunci shock. Terdapat tiga jenis panjang dari kunci socket yakni standard, semi deep (sedang), dan deep (panjang). Hal ini diubahsuaikan dengan keperluan dari pengguna. Apabila untuk mencapai pada lubang yang cukup dalam menyerupai busi maka sanggup memakai kunci shock yang panjang, dan lain sebagainya.

Cara Menggunakan Kunci Shock (Socket Wrench)

Cara memakai kunci shock (socket) sesungguhnya sama menyerupai kunci lainnya. Yang membedakan yakni pada kunci socket terdapat beberapa peralatan yang sanggup diganti ganti sesuai dengan kebutuhan. Perlengkapan tersebut yakni rachet, T sliding bar, extension bar, universal bar, dan lain sebagainya. 

Berbagai peralatan diatas dipasangkan pada potongan drive hole. Drive hole ini yakni lubang berupa kotak yang memiliki ukuran sama dengan banyak sekali peralatan kunci shock. Untuk memasang peralatan tinggal memasukkan ke dalam lubang drive hole dan sedikit menekannya mudah-mudahan sanggup masuk secara keseluruhan. Sebagai keselamatan biasanya disertakan pengunci berubah bola pejal yang memiliki pegas.

Setelah menegaskan peralatan yang mau digunakan, maka kunci shock siap untuk digunakan. Untuk melakukan pengencangan ataupun pelepasan, maka kunci shock potongan size di masukkan ke dalam kepala baut atau mur. Setelah itu putar peralatan yang sudah dipasang ke kanan untuk mengencangkan mur dan baut. Sebaliknya untuk meringankan maka peralatan diputar ke arah kiri.

 yakni salah satu alat tangan yang biasa dipakai pada bengkel Fungsi Kunci Shock, Bagian, Dan Cara Menggunakan (Socket Wrench)

Namun untuk menyanggupi K3, terdapat beberapa mekanisme yang mesti dilaksanakan saat memakai kunci shock (socket) yaitu:

  1. Selalu memakai ukuran kunci shock yang cocok dengan diameter baut. Ukuran yang cocok bermakna potongan sisi kunci socket saling bersinggungan dengan sisi kepala baut atau mur dengan rapat.
  2. Memasukkan kunci shock ke kepala baut atau mur secara keseluruhan. Jangan hingga ada potongan kepala baut atau mur yang tidak terkena kunci shock. Dengan kata lain posisi shock mesti tegak lurus dengan posisi kepala baut atau mur.
  3. Menggunakan peralatan kunci shock yang cocok dengan kebutuhan. Jangan memakai rachet untuk mengencangkan baut dengan momen tinggi, rachet cuma dipakai untuk mempercepat proses pengencangan. Untuk pengencangan yang tinggi gunakan T sliding kafetaria atau batang yang rigid.
  4. Menggunakan kunci shock sesuai dengan kebutuhan. Untuk baut atau mur yang memerlukan momen tinggi maka gunakan kunci shock jenis standard.

Diatas ialah pembahasan tentang fungsi kunci shock (kunci socket), bagian, dan cara menggunakannya. Semoga sanggup memperbesar pengetahuan dan pengetahuan.

Related Posts

Posting Komentar