Laporkan Penyalahgunaan

Widget HTML Produk

Widget HTML Jasa

Fungsi Kunci Pas (Open End Spanner) Dan Cara Menggunakan

Fungsi Kunci Pas - Dalam perawatan dan perbaikan kendaraan diperlukan banyak sekali perlengkapan tangan salah satunya yakni kunci pas atau open end spanner. Kunci pas atau open end wrench ini sungguh lazim didapatkan pada bengkel otomotif. Hal ini dikarenakan fungsi kunci pas yang sungguh dikehendaki untuk proses perawatan kendaraan.

Kunci pas kebanyakan yang dibikin dari materi chrome vanadium. Setiap ujungnya membentuk rahang dengan sudut 15 derajat. Namun pada beberapa kunci khusus lazimnya sanggup membentuk sudut hingga 90 derajat. Rahang kunci pas memiliki perbedaan ukuran pada setiap ujungnya. 

Setiap ukuran pada rahang kunci pas mengambarkan ukuran dari kepala baut atau mur yang sanggup dikerjakan. Satuan ukuran pada rahang kunci pas merupakan metrik (mm) ataupun inch. Ukuran kunci pas berisikan 6 mm hingga 36 mm. Walaupun ada beberapa ukuran yang memang tidak digunakan yakni 31,33, 34, dan 35.

Penggunaan yang sungguh sering menghasilkan seorang mekanik mesti mengenali fungsi kunci pas serta cara menggunakannya. Untuk lebih jelasnya perihal kunci pas atau open end spanner baik dari fungsi kunci pas dan cara memakai kunci pas akan dibahas pada postingan berikut ini.

Fungsi Kunci Pas

Fungsi kunci pas atau open end spanner merupakan untuk meringankan atau mengencangkan baut atau mur yang memiliki momen pengencangan tidak terlampau kuat. Hal ini dikarenakan pada salah satu segi mur tidak tercover oleh segi kunci pas sehingga kemungkinan lepas lebih besar saat digunakan untuk baut yang memiliki momen tinggi. 
 
Meskipun tak punya kesanggupan untuk melepas dan mengencangkan baut atau mur dengan momen tinggi tetapi kunci pas memiliki beberapa keuntungan. Kunci pas memiliki kecepatan untuk meringankan dan mengencangkan baut atau mur. Selain itu alasannya merupakan bentuk kunci pas yang pipih sanggup digunakan untuk lokasi yang sempit atau ruang terbatas.
 
Oleh alasannya merupakan itu penggunaan kunci pas atau open end spanner mesti diadaptasi dengan fungsinya. Hal ini berencana mudah-mudahan pekerjaan sanggup berlangsung lebih efektif dan efisien.
 Dalam perawatan dan perbaikan kendaraan diperlukan banyak sekali perlengkapan tangan salah satuny Fungsi Kunci Pas (Open End Spanner) Dan Cara Menggunakan

Cara Menggunakan Kunci Pas

Cara memakai kunci pas bekerjsama nyaris sama dengan kunci lainnya. Namun terdapat beberapa mekanisme yang mesti dilakukan mudah-mudahan alat dan materi yang dijalankan selamat. Dengan begitu kunci pas sanggup digunakan dalam rentang waktu yang lama.

Untuk lebih jelasnya berikut cara memakai kunci pas yang benar atau sesuai dengan prosedur:
  1. Memastikan ukuran rahang pada kunci pas yang digunakan mesti sama dengan ukuran kepala baut atau mur yang mau dikerjakan. Misalkan ukuran kepala baut 12 mm maka kunci pas yang digunakan juga mesti berskala 12 mm. 
  2. Setelah menyeleksi ukuran rahang kunci pas yang tepat maka langkah kedua merupakan memposisikan kunci pas lurus serta benar dengan kepala baut atau mur. Jangan hingga posisi kunci pas miring. Hal ini dikarenakan sanggup memicu kunci terlepas dan sanggup menghancurkan kepala baut maupun permukaan rahang dari kunci pas.
  3. Langkah ketiga dalam memakai kunci pas atau open end spanner merupakan memposisikan kunci pas dengan rahang yang besar pada bab atas. Setelah posisi benar maka kunci pas ditarik ke bawah. Jangan memakai kunci pas dengan cara mendorongnya.
  4. Apabila tidak besar lengan berkuasa untuk meringankan kepala baut atau mur jangan memakai sambungan pipa atau lain sebagainya. Hal ini dikarenakan sanggup menghancurkan baut maupun kunci pas itu sendiri. Apabila tidak besar lengan berkuasa diusulkan memakai kunci lain yang memang memiliki kesanggupan untuk melepas baut dengan momen tinggi.

Perawatan Kunci Pas

Untuk mempertahankan fungsi dari kunci pas mudah-mudahan tetap digunakan dalam rentang waktu yang usang maka perlu dilakukan perawatan. Untuk lebih jelasnya berikut beberapa cara perawatan kunci pas.

  1. Membersihkan kunci pas setelah digunakan dari kotoran maupun abu yang menempel.
  2. Menyimpan kunci pas pada wilayah penyimpanan yang kering.
  3. Memeriksa secara terorganisir apabila terdapat keausan maka secepatnya ganti dengan yang baru.
Diatas merupakan pembahasan perihal kunci pas baik fungsi kunci pas serta cara memakai kunci pas yang benar. Semoga sanggup memperbesar pengetahuan dan pengetahuan.

Related Posts

Posting Komentar