Laporkan Penyalahgunaan

Widget HTML Produk

Widget HTML Jasa

Mengenal 4 Cara Menyetel Wiper Mobil

Cara Menyetel Wiper Mobil - Wiper kendaraan beroda empat ialah salah satu komponen yang membutuhkan perawatan dan penyetelan. Penyetelan pada wiper kendaraan beroda empat berniat mudah-mudahan wiper sanggup mencapai seluruh bab pada beling depan kendaraan beroda empat sehingga apabila ada kotoran tidak mengusik jarak pandang pengemudi. Lalu bagaimana cara menyetel wiper mobil?

Sistem wiper pada kendaraan beroda empat berfungsi selaku penyapu air atau kotoran yang terdapat pada beling kendaraan beroda empat bab depan maupun belakang. Sistem wiper ini yang dibikin dari karet dan sanggup dikelola gerakkannya dari dalam ruang kabin pengemudi. Gerakan naik turun wiper ini sanggup diubahsuaikan dengan kebutuhan.

Namun seringkali dikarenakan baut kendor atau sebagainya memicu wiper tidak sanggup mencapai seluruh beling kendaraan. Apabila hal ini dibiarkan pastinya akan memicu jarak pandang pengemudi menyusut alasannya kotoran masih menutupi. Selain itu kerusakan sanggup terjadi pada metode wiper mobil.

Oleh alasannya itu diinginkan penyetelan mudah-mudahan jarak jangkauan wiper sesuai dengan kebutuhan. Untuk lebih jelasnya mengenai cara menyetel wiper kendaraan beroda empat akan dibahas pada postingan berikut ini.

 Wiper kendaraan beroda empat ialah salah satu komponen yang membutuhkan perawatan dan penyetelan Mengenal 4 Cara Menyetel Wiper Mobil

Cara Menyetel Wiper Mobil

Sebenarnya cara menyetel wiper kendaraan beroda empat tidaklah sulit dan sanggup dijalankan sendiri dirumah. Selain itu juga tidak membutuhkan alat khusus atau sst melainkan cuma menggunakan kunci pass ring ukuran 12. Untuk lebih jelasnya berikut pembahasan mengenai cara menyetel wiper mobil.

1. Mempersiapkan Alat Dan Bahan

Langkah pertama dalam proses penyetelan wiper kendaraan beroda empat yakni merencanakan alat dan bahan. Sebenarnya alat yang diperlukan juga sungguh sederhana yakni cuma menggunakan kunci pass ukuran 12. Kunci pass ring ini yang mau digunakan untuk membuka baut pengunci wiper arm.

2. Membuka Tutup Wiper Arm

Pada bab bawah erat dengan engsel wiper arm terdapat tutup wiper arm. Tutup ini berfungsi untuk melindungi baut pengunci wiper arm dari air sehingga akan terjadi oksidasi dan berkarat. Buka tutup wiper arm ini dengan cara menawan keatas. Apabila kesusahan sanggup menggunakan obeng (-) untuk menolong mencongkel tutup tersebut.

3. Mengendorkan Baut Pengunci Wiper Arm

Apabila tutup wiper arm sudah dibuka maka akan nampak baut pengunci yang memiliki ukuran 12 Untuk menyetel wiper maka kendorkan baut pengunci ini dengan memutar ke arah kiri atau bertentangan dengan arah jarum jam. Kendorkan hingga baut pengunci terlepas.

Setelah terlepas ketok sedikit pada bab pengunci wiper arm mudah-mudahan kotoran hilang. Kemudian tarik keatas wiper arm hingga terlepas dari dudukannya. Pasang kembali dan posisikan wiper arm sesuai kebutuhan. Apabila terlalu keatas maka posisi wiper arm sedikit diturunkan. Sebaliknya apabila posisi wiper terlalu ke bawah maka posisikan wiper sedikit ke atas.

Setelah posisi tepat, maka masukkan kembali wiper arm ke dudukannya sambil ditekan secara perlahan mudah-mudahan wiper arm sanggup masuk sempurna ke dalam dudukannya. Setelah itu pasang kembali baut pengunci wiper arm dan kencangkan dengan memutar ke arah kanan atau searah jarum jam. 

Namun ada beberapa wiper yang tidak menggunakan baut pengunci melainkan menggunakan pengunci yang sanggup dilepas dengan cara di congkel menggunakan obeng.

4. Mencoba Setelan Wiper 

Untuk menangkal terjadinya kerusakan maka memaksimalkan apalagi dulu posisi wiper (jangan tempelkan ke beling apalagi dahulu). Setelah itu coba menyalakan saklar wiper, dan tetapkan wiper sanggup bergerak dengan baik serta jangkauan pergerakan tidak melampaui bidang kaca. 

Setelah wiper sanggup bergerak naik turun dengan baik kemudian matikan dan tempelkan wiper ke beling dan nyalakan kembali untuk mengukur jarak jangkauan wiper apakah sudah sesuai atau belum. Apabila sudah sesuai maka pasang kembali tutup baut pengunci wiper arm. Apabila belum sesuai maka sanggup mengulangi langkah 3 hingga didapatkan sehabis wiper kendaraan beroda empat yang benar atau sesuai kebutuhan.

Diatas ialah pembahasan mengenai cara menyetel wiper kendaraan beroda empat yang benar. Semoga sanggup memperbesar pengetahuan dan pengetahuan.

Related Posts

Posting Komentar