Laporkan Penyalahgunaan

Widget HTML Produk

Widget HTML Jasa

Mengenal 7 Langkah Mudah Cara Menyetel Karburator

Cara Menyetel Karburator - Karburator memerlukan banyak sekali perawatan dan penyetelan biar sanggup berfungsi dengan baik. Terdapat beberapa cara untuk menyetel karburator. Bagaimana cara menyetel karburator?

Karburator ialah serpihan dari motor atau kendaraan beroda empat yang masih menggunakan metode materi bakar konvensional. Karburator ini berfungsi untuk menertibkan dan mengabutkan materi bakar biar sesuai dengan keperluan mesin. Tanpa karburator yang melakukan pekerjaan dengan baik maka diperlukan perawatan dan penyetelan biar karburator tetap tersadar dalam perfoma terbaik.

Terdapat beberapa cara yang dijalankan untuk menyetel karburator dengan benar. Cara menyetel karburator sesungguhnya sungguh mudah dan sanggup dijalankan sendiri tanpa perlu ke bengkel. Selain itu tidak memerlukan alat khusus cukup menggunakan obeng dan tang saja. 

Untuk lebih jelasnya mengenai cara menyetel karburator akan dibahas lebih lanjut pada postingan berikut ini.

Ciri Ciri Karburator Perlu Dilakukan Penyetelan

Namun sebelum menyetel karburator perlu dipahami mengenai ciri ciri karburator yang perlu disetel apalagi dahulu. Ada beberapa ciri yang sanggup dinikmati maupun dilihat secara visual apabila karburator perlu dijalankan penyetelan yaitu:

1. Mesin Brebet

Mesin brebet lazimnya sungguh tergantung dari setelan karburator. Hasilnya air fuel ratio tidak cocok dengan keperluan sehingga membuat kerja mesin tidak maksimal. Mesin brebet lazimnya dikarenakan setelan angin yang tidak sempurna baik berlebihan atau kurang.

2. Mesin Susah Di Hidupkan

Mesin sulit di hidupkan atau dinyalakan juga sanggup berasal dari setelan karburator yang tidak tepat. Apabila jumlah materi bakar yang dialirkan terlalu sedikit pastinya akan membuat mesin sulit dinyalakan atau bahkan tidak menyala.

3. Busi Motor Basah

Busi motor berair lazimnya disebabkan oleh karburator yang banjir. Karburator banjir ini disebabkan oleh setelan yang tidak tepat. Hal ini membuat materi bakar yang dialirkan keruang bakar menjadi banyak dan sebagian tidak terbakar. Bahan bakar yang tidak terbakar inilah yang membuat busi menjadi basah.

4. Tenaga Mesin Berkurang

Tenaga mesin menyusut ialah ciri terakhir apabila karburator perlu dijalankan penyetelan. Hal ini lazimnya terjadi akhir suplai udara yang kurang sehingga membuat kinerja mesin tidak maksimal. Biasanya karburator tersumbat sehingga suplai udara berkurang.

Cara Menyetel Karburator 

Karburator memiliki peranan penting. Oleh lantaran itu perlu sekali dijalankan penyetelan karburator. Untuk lebih jelasnya berikut pembahasan mengenai cara menyetel karburator.

Karburator memerlukan banyak sekali perawatan dan penyetelan biar sanggup berfungsi dengan baik Mengenal 7 Langkah Praktis Cara Menyetel Karburator

1. Mempersiapkan Alat Dan Bahan

Langkah pertama yang mesti dijalankan di saat mengerjakan penyetelan karburator yakni merencanakan alat dan materi yang dibutuhkan. Sebenarnya dalam mengerjakan penyetelan karburator cuma memerlukan satu alat saja yakni obeng plus dan minus ukuran sedang. 

Obeng ini digunakan untuk memutar skrup penyetel yang ada di karburator. Terdapat dua jenis sekrup pada karburator. Yang pertama yakni skrup penyetel udara dan yang kedua yakni skrup penyetel gas.

2. Menghidupkan Mesin

Setelah merencanakan alat yang digunakan maka cara kedua yang mesti dijalankan dalam mengerjakan penyetelan karburator yakni menggugah mesin. Hal ini penting dijalankan untuk mengenali bagaimana kondisi mesin apakah brebet atau tidak. Selain itu tujuan lain dari menyalakan mesin di saat mengerjakan penyetelan karburator yakni untuk mendapat setelan yang pas.

3. Memutar Skrup Penyetel Gas

Apabila gas dalam kondisi brebet, maka perlu dijalankan penambahan setelan gas pada karburator. Caranya yakni untuk memutar skrup penyetel gas ke arah kanan atau searah jarum jam dengan menggunakan obeng. Hal ini berencana untuk memperbesar RPM mesin kian meninggi sehingga mesin tidak akan mati di saat dijalankan penyetelan. 

Memutar skrup penyetel gas dijalankan secara perlahan. Selain itu jangan terlampau banyak memutar skrup penyetel gas. Cukup dijalankan 1-2 kali putaran saja sehingga putaran mesin akan meningkat. Usahakan rpm mesin diatas 1500 rpm.

4. Menutup Skrup Penyetel Udara

Langkah berikutnya yang sanggup dijalankan untuk menyetel karburator yakni menutup skrup penyetel udara.  Pada di saat mesin sudah berputar atau memiliki RPM tinggi atau lebih dari 1500 rpm maka sanggup dijalankan penutupan skrup penyetel udara. 

Pada di saat dijalankan penyetelan skrup penyetel udara pada karburator maka usang kelamaan rpm mesin akan kian turun. Semakin diputar maka mesin akan kian brebet lantaran pasokan udara untuk mesin berkurang. 

Proses penutupan skrup penyetel udara dijalankan terus hingga mentok. Apabila sebelum tertutup sarat mesin sudah mati maka hentikan proses penutupan skrup penyetel udara. Tunggu hingga rpm mesin yang dihasilkan paling rendah.

5. Membuka Skrup Penyetel Udara Sampai RPM Tinggi

Setelah ditemukan setelan skrup penyetel gas yang sudah pas atau berada diatas putaran rpm mesin paling rendah yang sanggup diraih oleh mesin. Setelah itu putar kembali bertentangan arah jarum jam atau memutar ke arah kiri.

Dalam hal ini maka feeling mesti benar benar diutamakan untuk menyeleksi setelan mana yang sanggup menciptakan rpm mesin tertinggi.

6. Menurunkan Setelan Gas

Setelah mendapat setelan skrup penyetel udara yang pas maka langkah berikutnya yakni menurunkan setelan gas. Hal ini memiliki faedah untuk menertibkan idle rpm mesin biar sesuai dengan keperluan mesin dan sesuai dengan tolok ukur spesifikasi.

Caranya yakni dengan memutar skrup penyetel gas ke arah kiri atau bertentangan arah jarum jam. Pemutaran dijalankan secara perlahan hingga idle rpm meraih 900-1000 rpm yang ialah tolok ukur dari mesin motor.

7. Mengetes Setelan Karburator

Langkah terakhir dalam menyetel karburator yakni mengetes setelan karburator apakah sudah sesuai atau belum. Hal ini sanggup dijalankan dengan memutar gas secara berulang dan pastikan tidak terdengar suarah absurd dari mesin. Selain itu gas yang diputar juga mesti ringan.

Diatas ialah pembahasan mengenai cara menyetel karburator. Namun harrus dipahami apalagi dulu mengenai ciri ciri karburator yang perlu disetel. Semoga memperbesar pengetahuan dan pengetahuan.

Related Posts

Posting Komentar